PMT Hamka Terima 150 Santri Baru


Rabu, 20 Januari 2016 - 03:40:12 WIB

PADANG PARIAMAN, HALUAN —  Untuk saat ini hanya 150 orang santri baru untuk Sekolah Tingkat Per­tama (SMP) dan 100 orang santri baru untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) yang diterima Pesantren Modern Terpadu Prof DR Hamka, Pasar Usang, Kecamatan Batang Anai. Hal itu dise­babkan kurang fasilitas ru­angan untuk belajar mengajar serta asrama, karena ruangan yang ada banyak yang rusak akibat gempa bumi pada tahun 2009 yang lalu, bahkan belum semua ruangan ter­sebut yang diperbaiki.

Pimpinan Pesantren Mo­dern Terpadu Prof DR Ham­ka, Al Ustadz Najimuddin kepada Haluan, Se­lasa (19/1) me­nye­butkan, memang se­karang ini kita membatasi untuk penerimaan santri/santriwati, ka­rena ruangan untuk belajar mengajar sa­ngat minim. “Dulu memang ba­nyak ru­­a­­ngan untuk belajar di pesantren ini, tapi ruangan tersebut sudah banyak rusak akibat gempa bumi ta­hun 2009 yang lalu. Dan ru­angan tersebut sudah ada di­per­baiki dari ban­tuan donatur, ta­pi untuk seka­rang belum juga ruangan untuk belajar me­nga­jar,” ujar Ustadz Najimud­din.

Dia men­je­las­kan, untuk se­ka­rang ini pesantren me­miliki 250 orang santri/san­triwati, se­men­tara fasilitas yang ada 10 ruangan untuk SMP dan 7 ruangan lokal untuk SMA. “Jadi, pesantren ini masih membutuhkan 5 lokal untuk SMP dan 4 lokal lagi untuk tingkat SMA. Ka­lau ruangan ini sudah ada penambahan, maka tidak ada pembatasan untuk menerima santri baru,” te­rangnya.

Untuk sekarang ini kata­nya, hanya Dinas Pendidikan Pa­dang Pariaman yang ba­nyak memberikan perhatian, semen­tara dari kementrian agama belum ada sama sekali. “Buk­tinya, ada bantuan lokal yng diberikan oleh dinas pen­didi­kan. Sementara, pe­santren ini mengutamakan mutu pen­didi­kan agama. Un­tuk itu, sebagai pimpinan dipesantren tentu meng­harap­kan ada semacam perhatian dalam memajukan pesantren ini,” katanya.

Dia menambahkan, pada awal bulan Februari nanti Pesantren Modern Terpadu Prof DR Hamka ini akan mengadakan open house, pada acara itu ada beberapa per­tandingan yang dilom­bakan, diantaranya lomba da’i cilik, tahfidz, karnaval, cer­pen, na­syid, standing story, futsal. “Acara open house ini akan dimulai pada tanggal 6 Feb­ruari sampai 8 Fenruari yang akan diikuti oleh SD, SMP, SMA yang ada di Sumatera Barat,” tambahnya. (h/bus)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 10 Agustus 2016 - 04:12:38 WIB

    Diberikan PMT Kondisi Penyandang Gizi Buruk Mulai Membaik

    PARIAMAN, HALUAN — Tujuh balita penyandang gizi buruk di Kota Pariaman sudah mendapat Program Makanan Tambahan (PMT) dari pe­me­rintah setempat, dan kondisinya sudah membaik..
  • Jumat, 15 April 2016 - 02:55:18 WIB

    Wakil Walikota Canangkan PMTAS

    Wakil Walikota Canangkan PMTAS SOLOK, HALUAN — Wakil Walikota Solok Reinier me­nga­takan, untuk melahirkan generasi yang cerdas dan terampil, bisa diawali dari menkonsumsi makanan yang bergizi dan berimbang sejak dari balita sampai remaja. Karena denga.
  • Jumat, 04 Maret 2016 - 02:18:06 WIB

    Santri PMT Hamka Studi Banding ke Jakarta

    PADANG PARIAMAN, HALUAN — Se­banyak 20 orang santri Pesantren Modern Terpadu (PMT) Prof. DR. Hamka, Pasa Usang, Kecamatan Batang Anai, Ka­bupaten Padang Pariaman melakukan studi banding ke Pondok Pesantren Darunnajah, Ja.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]