Lima Pencaker Lolos ke Jepang


Rabu, 20 Januari 2016 - 03:43:30 WIB

PARIAMAN, HALUAN — Lima orang pencari kerja asal Kota Pariaman, dipas­tikan lolos untuk berangkat ke Jepang.

“Lima pencari kerja tersebut akan menjalani masa pembekalan dahulu se­belum diberangkatkan ke Jepang,” kata Kepala Bidang Tenaga Kerja, Dinas Sosial dan Tenaga Kerja setempat, Anilta di Pariaman, Selasa (19/1).

Ia mengatakan ke limapencari ker­ja tersebut dijadwalkan menjalani pem­bekalan dan pelatihan sekitar Februari 2016 di Bekasi selama dua bulan. “Se­telah men­jalani masa pelatihan ini mereka baru diberangkatkanke Jepang sekitar April 2016,” katanya.

Nantinya para pencaker akan diikat kontrak selama dua tahun oleh berbagai perusahaan asing di Jepang, dan diper­panjang selama satu tahun bagi yang memenuhi persyaratan.

“Untuk tahap awal dikontrak dulu dua tahun, jika perusahaan masih mem­butuhkan kontrak bisa diperpanjang minimal satu tahun,” jelasnya.

Sebelumnya Pemkot Pariaman me­ngirim sembilan calon tenaga kerja ke tingkat provinsi untuk menjalani pra latihan magang ke Jepang.

Namun dari sembilan orang tersebut empat orang dinyatakan gagal, karena dinilai tidak memenuhi persyaratan seperti kurangnya nilai akademik Ma­tematika, dan tes kesehatan lanjutan.

Pemerintah sendiri berencana kem­bali membuka kesempatan magang dan bekerja ke Jepang pada 2016. Untuk tahap awal akan dibuka penerimaan sebanyak 10 pelamar.

“Kita melihat setiap tahunnya animo masyarakat untuk mencari kerja dan bekerja di Jepang cukup tinggi, namun karena kuota yang terbatas pengiriman tenaga kerja pun dibatasi,” ujarnya.

Proses penerimaan sudah mulai dila­kukan, terhitung awal Januari 2016, namun untuk tahap awal baru dibutuhkan 10 calon pelamar saja.

Terhitung sejak 2014 hingga 2015 ter­catat sudah sembilan tenaga kerja asal Kota Pariaman yang lolos dan dikirim ke berbagai perusahaan di Jepang. (h/ans)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 17 Oktober 2019 - 14:50:10 WIB

    Tahun Depan Kawasan Selatan Limapuluh Kota Bakal Ada Jembatan Baru

    Tahun Depan Kawasan Selatan Limapuluh Kota Bakal Ada Jembatan Baru Kabar gembira bagi masyarakat di kawasan selatan Limapuluh Kota, terutama di Kecamatan Lareh Sago Halaban..
  • Sabtu, 22 Juni 2019 - 20:09:55 WIB

    APBD-P 2018 Tak Terlaksana, Pemkab Limapuluh Kota Dinilai Lalai

    APBD-P 2018 Tak Terlaksana, Pemkab Limapuluh Kota Dinilai Lalai SARILAMAK,HARIANHALUAN.COM-Tidak terlaksananya Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) 2018 oleh Pemkab Limapuluh Kota disorot beberapa fraksi dalam rapat paripurna DPRD Kabupaten Limapuluh Kota..
  • Jumat, 12 April 2019 - 20:49:11 WIB

    Kampung Jokowi di Limapuluh Kota Diresmikan, Warga Terharu

    Kampung Jokowi di Limapuluh Kota Diresmikan, Warga Terharu LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM—Sumatera Barat resmi mempunyai Kampung Jokowi, terletak di Jorong Bancah, Nagari Batu Balang, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota. Kampung ini diresmikan langsung oleh keluarga besar J.
  • Rabu, 30 Januari 2019 - 12:25:16 WIB

    Lima Proyek 2018 di Limapuluh Kota Tak Tuntas

    Lima Proyek 2018 di Limapuluh Kota Tak Tuntas LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM – Lima kegiatan fisik yang bersumber dari APBD Kabupaten Limapuluh Kota tahun 2018, tak tuntas dikerjakan oleh pihak ketiga. Kelima proyek itu, berada  Dinas PUPR, Dinas Pariwisata Pemuda d.
  • Selasa, 15 Januari 2019 - 10:54:53 WIB

    Kunjungan Wisatawan di Limapuluh Kota Terus Meningkat

    Kunjungan Wisatawan di Limapuluh Kota Terus Meningkat LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM- Kunjungan ke Objek Wisata Lembah Harau, Kabupaen Limapuluh Kota setiap tahun terus meningkat. Buktinya, tahun 2018 kunjungan wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara ke Lembah Harau m.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM