Lima Fraksi Sampaikan Pandangan Umum


Rabu, 20 Januari 2016 - 03:45:10 WIB
Lima Fraksi Sampaikan Pandangan Umum KETUA DPRD Kota Pariaman, Mardison Mayuddin menyerahkan pandangan umum farksi kepada Wakil Walikota Pariaman, Genius Umar.

PARIAMAN, HALUAN — Lima fraksi di DPRD Kota Pariaman menyampaikan pan­dangan umum terhadap 3 (tiga) rancangan peraturan daerah (ranpeda) yang disam­paikan Walikota Pariaman dalam rapat paripurna DPRD di Ruangan Rapat Utama, Gedung DPRD Kota Pa­ria­man, Jum’at (15/1).

Tiga Ranperda yang diaju­kan Pemko Pariaman itu ada­lah Ranperda tentang Peru­bahan atas Perda Nomor 6 Tahun 2008 tentang Pokok-Pokok Pengeloaan Keuangan Daerah, Ranperda tentang Rencana Pembangunan Ins­dustri Daerah 2015-2035, dan Ranperda tentang Perubahan atas Perda Nomor 9 tahun 2010 tentang Retribusi Pe­ngendalian Menara Tele­ko­munikasi

Lima juru bicara masing-masing fraksi DPRD me­nyampaikan pemandangan umumnya terhadap tiga ran­perda tersebut yang hampir seluruhnya menyetujui rancangan peraturan daerah tersebut dan mengharapkan segera diproses untuk menjadi Perda.

Fraksi Golkar yang tampil perdana melalui juru bi­cara­nya Ali Bakri me­nyampaikan mengenai Ranperda tentang Perubahan atas Perda Nomor 6 Tahun 2008 tentang Pokok-Pokok Pengeloaan Keuangan Daerah memang sudah wajar dilakukan perubahan. Perda yang lahir sejak tahun 2008 ini, dari segi usia memang sudah sepatutnya untuk dila­kukan perubahan, me­nye­suaikan dengan peraturan-peraturan yang lebih tinggi yang juga sudah beberapa kali mengalami perubahan.

“Kami menyarankan ter­hadap Ranperda ini betul-betul sesuai dengan ke­butu­han dan kondisi Kota Pari­aman, jangan hanya berpe­doman dan mencontoh keda­erah lain yang sesungguhnya berbeda dengan daerah kita”, ujar Ali Bakri yang juga meru­pakan Wakil Ketua Fraksi Golkar.

Fraksi Gerindra yang di­sampaikan oleh Ketua Frak­sinya Fitri Nora mengatakan terkait dengan Ranperda ten­tang Rencana Pembangunan Insdustri Daerah meminta Pemko Pariaman memper­hatikan kepastian hukum bagi investor yang akan berin­vestasi dan menciptakan iklim investasi yang kondusif di Kota Pariaman. Ia juga me­minta Pemko Pariaman mem­perhatikan wilayah yang akan ditetapkan menjadi kawasan industri.

Sementara itu Fraksi Nas­dem yang disampaikan oleh M. Taufik, terkait Ranperda tentang Perubahan atas Per­da Nomor 9 tahun 2010 ten­tang Retribusi Pengendalian Me­nara Telekomunikasi me­nga­takan, walaupun yang dirubah hanya mengenai ret­ribusi, namun Pemko Pa­riaman juga harus mem­per­hatikan keber­adaan menara telekomunikasi yang ada. Aspek tata ruang, kea­manan dan keselamatan serta keindahan juga harus jadi perhatian pemerintah.

Senada dengan hal terse­but, Fraksi Nurani Pem­bangu­nan mengenai Ranperda ten­tang Perubahan atas Perda Nomor 9 tahun 2010 tentang Retribusi Pengendalian Me­nara Telekomunikasi melalui juru bicaranya Marwan me­ngatakan perubahan ranperda ini hendaknya juga mem­perbaiki hal-hal yang kurang sempurna dalam perda se­belumnya.

Dan perda yang akan di­terbitkan hendaknya me­nga­komodir kepentingan seluruh pihak, tuturnya.

Selanjutnya  Fraksi Bulan Bintang Amanat melalui juru bicaranya Arizal sepakat dan menyambut baik Ranperda tentang Rencana Pem­ba­ngu­nan Insdustri Daerah 2015-2035 ini dilahirkan. Menu­rutnya Industri kecil dan me­nengah akan  menjadi per­hatian secara yuridis dan diharapakan dapat menjadi salah satu langkah strategis untuk mendorong per­tum­buhan ekonomi kreatif di Kota Paraiaman. Dan juga dengan adanya Perda ini nan­tinya, dapat memayungi in­dustri-industri yang selama ini sudah berkembang di Kota Pariaman dan industry yang baru berjalan.

Rapat paripurna anggota dewan tersebut dipimpin Ke­tua DPRD Kota Pariaman M­ardison Mahyuddin di­dam­pingi Wakil Ketua John Edwar dan sejumlah anggota dewan serta Wakil Walikota Genius Umar, Sekda Kota Pariaman Armen, Asisten I dan II Khai­dir dan Sukardi, Kepala SK­PD dan sejumlah undangan  lainnya.(h/tri)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 03 Agustus 2020 - 20:52:36 WIB

    Ikut Bantu Warga Terdampak Covid-19, Kemenag Agam Sembelih Lima Ekor Sapi

    Ikut Bantu Warga Terdampak Covid-19, Kemenag Agam Sembelih Lima Ekor Sapi HARIANHALUAN.COM - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Agam menyembelih lima ekor sapi dan satu ekor kambing pada Idul Adha 1441 hijriah di halaman Kantor Kemenag Agam, Senin (3/8/2020)..
  • Jumat, 26 Juni 2020 - 12:38:22 WIB

    Dharmasraya Raih Opini WTP untuk Kelima Kalinya

    Dharmasraya Raih Opini WTP untuk Kelima Kalinya HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, kembali mencatatkan raihan prestasi untuk kelima kalinya dalam penilaian Laporan Kinerja Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2019 dengan opini Wajar Tanpa Pengec.
  • Kamis, 25 Juni 2020 - 09:29:45 WIB

    Satu Warga Nagari Pilubang Sungai Limau Terima Bantuan RTLH

    Satu Warga Nagari Pilubang Sungai Limau Terima Bantuan RTLH HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman kembali menggelontorkan Rumah Tak Layak Huni (RTLH) bagi warga tak mampu di kabupaten ini, Kamis (25/6) di Nagari Pilubang, Kecamatan Sungai Limau. Bantuan tersebut dian.
  • Ahad, 21 Juni 2020 - 15:12:32 WIB

    Masyarakat Nagari Limau Purut Minta Aktivitas Tambang Galian C Ditutup

    Masyarakat Nagari Limau Purut Minta Aktivitas Tambang Galian C Ditutup HARIANHALUAN.COM - Puluhan masyarakat di Nagari Limau Purut Tapan, Kecamatan Ranah Ampek Hulu Tapan, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) kembali menyampaikan tuntutannya terkait keberadaan aktivitas tambang galian C yang berop.
  • Kamis, 18 Juni 2020 - 19:18:54 WIB

    Satgas Agam Dirikan Lima Posko Covid-19 di Pasar Inpres Padang Baru

    Satgas Agam Dirikan Lima Posko Covid-19 di Pasar Inpres Padang Baru HARIANHALUAN.COM - Satuan Tugas Tatanan Baru Produktif dan Aman Covid-19 mendirikan posko jaga di beberapa titik di kawasan Pasar Inpres Padang Baru, Lubuk Basung, Kabupaten Agam. Salah satu anggota satgas, Sri Mahyuni mengat.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]