Kawasan Konservasi Penyu Jadi Destinasi Wisata


Rabu, 20 Januari 2016 - 03:45:50 WIB
Kawasan Konservasi Penyu Jadi Destinasi Wisata Sekelompok anak sekolah bersama guru sedang mengamati telur penyu di ruang inkubasi, Kawasan Konservasi Penyu Kota Pariaman. Kedatangan anak sekolah itu berwisata sambil belajar.

PARIAMAN, HALUAN — Kawasan Konservasi Penyu Kota Pariaman selain dikenal sebagai tempat pelestarian penyu, juga sebagai lokasi eko wisata, sekarang sudah menjadi salah satu destinasi wisata di Kota Tabuik tersebut.

Menuju pusat konservasi ini tidak sulit, terletak di jalan Syeh Abdul Arif, Desa Apar, Kecamatan Pariaman Utara, dari Pusat Kota Pariaman hanya memerlukan waktu lebih kurang 10 menit untuk sampai ke lokasi tersebut.

Disini dipusat konservasi ini, ada  beberapa jenis penyu dan tukik yang dapat kita lihat dengan jelas,  pengunjung bisa  memasuki ruang pemelihara­an berupa bak-bak pemeliha­raan berisi penyu secara jelas.

Ada tiga jenis penyu yang dilestarikan disini, yaitu jenis  penyu hijau, lekang dan penyu sisik. Penangkaran konservasi ini sejak tahun 2009. Dan sebagai tempat eko wisata, pengunjung bisa melepas anak penyu ke laut.

Konservasi ini dilengkapi dengan sejumlah fasilitas penunjang, seperti ruang in­kubasi penyu, hacthery, dan ruang karantina, semua bisa dimanfaatkan pengunjung untuk mengetahui penyu se­cara lebih detil. Karena disini ada petugasnya yang me­n­dapingi dan memberikan in­formasi tentang hewan laut tersebut.

Menurut Kepala UPTD Konsoervasi Penyu Kota pa­riaman, Citra Aditur Bachri kepada Haluan, Senin (18/1),  sudah belasan ribu telur penyu yang diinkubasi dan sebagian besar sudah dilepas ke laut.

Upaya pelestarian penyu dilindungi dalam UU No 5 Tahun 1990 tentang Konser­vasi Sumber Daya Alam Ha­yati dan Ekosistemnya. Penyu masuk kedalam hewan purba yang langka.

Agar penyu tidak punah, kita perlu memberikan pema­haman terkait pentingnya untuk melestarikan hewan tersebut, makanya KKP se­bagai destinasi kunjungan wisata suatu langkah yang tepat untuk memberikan in­formasi dan pemahaman ter­hadap kelestarian hewan laut tersebut kepada masyarakat. Tujuan awal pendirian UPT Konservasi Penyu, untuk me­lindungi penyu dan me­lestari­kannya.

KKP sebagai eko wisata, dengan pungutan retribusi, dimulai sejak Agustus 2015. Total PAD yang diperoleh mencapai Rp71.020,000,- sam­pai Desember 2015, sejak diberlakukan retribusi pu­ngutan berdasarkan pada Agustus 2015.

Kunjungan Wisatawan  ta­hun 2015 cukup banyak, lokal lebih kurang 15 ribu pengun­jung dan manca negara men­capai 50 orang dari 20 negara.

Tingkat kunjungan itu bila dibanding tahun 2014, kun­jungan wisatawan  tahun 2015 meningkat.  Kunjungan wisata tahun 2014, wisatawan lokal, 14 ribu orang, termasuk dida­lamnya wisatawan dari manca negara .

KKP sebagai ekowisata dan tempat study banding juga dimanfaatkan oleh rombo­ngan-rombongan yang datang dari berbagai daerah di Indo­nesia, termasuk mahasiswa, siswa atau pelajar.

Jika pemandangan tiap hari secara lokal saja,dari umum hingga anak-anak dari PAUD dan TK, berwisata kesini,  melihat penyu dan proses penetasanya. Mereka datang berombongan dipandu guru pembimbing.

Tahun 2016, direncanakan melengkapi KKP dengan alat permainan anak-anak, se­hingga kondisinya sebagai tempat wisata dan wisata keluarga bertambah lengkap, pengujung betah, baru dari sini kita berikan edukasi ten­tang pentingnya menjaga ke­les­tarian penyu untuk kehi­dupan.

Menurut Citra, KKP seca­ra fungsinya, kita pikir sudah berjalan baik, namun untuk optimalisasi, terkadang se­ring tersandung, sebab diha­dapkan dengan kekuarangan tenaga.

Sampai kini, KKP punya 5 orang tenaga, bila berbanding luas kawasan yang dikelola, kita butuh minimal 8 orang.

 Terhadap kekurangan te­na­ga ini sudah beberapa kali diajukan ke Pemerintah Kota, namun sampai sekarang ma­sih belum ada tanggapan. Dan agar kerja dan pelayanan ke masyarakat tetap lancar, tena­ga yang ada ini dioptimalkan saja, dengan membagi-bagi tugas. (h/tri)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]