Arwana Aquarium

Raup Rp150 Juta Sebulan Jual Ikan Hias


Rabu, 20 Januari 2016 - 03:50:14 WIB
Raup Rp150 Juta Sebulan Jual Ikan Hias PENGELOLA Arwana Aquarium menunggu pelanggan di lokasi toko tersebut di Jalan Dr. Wahidin-Petak Petak 15 (Pertokoan Korem) Padang, Selasa (19/1). (YANSEN WAPITA ANWAR)

PADANG, HALUAN — Baru be­be­rapa hari di rumah, ikan hias di aquarium  Anda sudah mati? Atau An­da sering tertipu dengan harga saat membeli hiasan aqurium? Ar­wana Aquarium yang berada di Ja­­lan Dr. Wahidin-Petak Petak 15 (Per­­tokoan Korem) Padang, ba­rang­­­kali bisa menjadikan referensi ba­­gi Anda yang akan membeli ikan hias.

Selain harga yang ber­saing, di sini Anda juga akan diberikan pengetahuan leng­kap tentang jenis dan cara perawatan ikan hias oleh penjualnya. 

“Sejauh ini, bisnis ikan hias sering terkendala dengan minimmnya pengetahuan ca­lon pembeli tentang jenis ikan hias serta perawatannya. Kebanyakan calon pembeli hanya tahu jika ikan hias hanya untuk hiasan tanpa mengetahui detail perawatan ikan tersebut. Padahal, tiap-tiap ikan hias berbeda pula perwatannya,” tutur Muslim (32), pengelola Arwana Aquarium kepada Haluan, Selasa (19/1).

Ia menjelaskan, untuk terus menjaga animo masya­rakat terhadap ikan hias, Arwana Aquarium selalu mem­berikan penge­tahunan terlebih dahulu kepada para calon pembeli sebelum mela­yani pembelian. “Jika mereka tidak bertanya, kami yang akan menanyai mereka,” ujarnya.

Di  Arwana Aquarium, kata Muslim, ter­sedia berbagai macam ikan hias, mulai dari ko­ki, koi, komet, aligator, ikan-ikan jenis Tetra maupun ragam ikan mas, dan sebagai­nya. Ia menyarankan, untuk pemula sebaik­nya mencoba ikan mas koki dulu, sebab selain har­ganya murah, perawatannya juga tidak ru­mit.

Ia mengungkapkan, selain menjual ikan hias yang di­datangkan dari berbagai wilayah di Indonesia, Arwana Aquarium juga menye­diakan berbagai ragam hiasan untuk aqua­rium, “Selama ini kami selalu memakai produk impor untuk hiasan aquarium. Sekarang hiasan-hiasan itu sudah bisa kami produksi sendiri,” sebutnya.

Salah satu karya terbaik hiasan aquarium yang dibuat oleh Arwana Aquarium ada­lah ornamen air terjun pasir. Mengenai harganya hiasan aquarium itu, tergantung dari ukuran­nya.  Untuk ukuran 30 cm itu kami tawarkan Rp150.000, sedangkan untuk ukuran 50 cm kami julal seharga Rp300.000,” ucapnya.

Dengan produk-produk unggulan buatan sendiri, tidak heran jika Arwana Aquarium memiliki banyak pelanggan, baik dari daerah Sumbar maupun dari provinsi lain seperti Jambi, Pekanbaru, hingga Bengkulu.

Pesatnya perkembangan dan banyaknya pelanggan, omzet Arwana Aquarium dalam sebulan rata-rata mencapai Rp150 juta.

“Kami berharap mampu melakukan budi da­­­ya jenis-jenis ikan yang kami datangkan da­ri Medan maupun dari Jawa. Sejauh ini, pem­bi­­naan yang kami lakukan kepada beberapa pe­­langgan sudah bisa dibilang berhasil. Buk­ti­­nya, mereka sukses mengem­bangkan jenis ikan yang mereka beli dari sini, serta men­jualnya lagi ke sini atau ke tempat lain. Hal ini cukup bagus untuk meningkat­kan pereko­no­­mian,” tutur Da­yat, pemilik Arwana Aqua­ri­um.

Dayat menjelaskan, cukup bayak komu­ni­tas ikan hias di Kota Padang. Hanya saja, me­reka belum terlalu mendapat perhatian dari pihak-pihak terkait. Ia sangat menya­yang­kan hal itu. Pihaknya bersedia menjadi ba­pak angkat untuk komunitas ikan hias di Pa­dang. Jika komunitas ikan hias semakin ba­nyak di Padang, ia yakin Padang mampu me­ng­­adakan iven ikan hias inter­national dengan mengundang beberapa negara tetangga.

“Ikan hias tidak hanya hiasan untuk meng­hilangkan stres saja, tapi juga bisa di­jadikan terapi guna mengangkat sel-sel kulit ma­ti. Beberapa ikan hias yang memiliki ke­mam­puan terapi tersebut di antaranya koki, le­mon dan lainnya,” pungkas Dayat. (h/mg-ysn)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 11 Februari 2020 - 07:09:21 WIB

    Makin Mantap.. ! Erick Thohir Targetkan Holding BUMN Rumah Sakit Raup Rp10 T

    Makin Mantap.. ! Erick Thohir Targetkan Holding BUMN Rumah Sakit Raup Rp10 T JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menargetkan pembentukan perusahaan induk (holding) rumah sakit (RS) pelat merah dapat meningkatkan pendapatan ke kisaran Rp8 triliun hingga.
  • Sabtu, 08 Februari 2020 - 12:15:28 WIB

    Menggiurkan..! Youtube Raup Rp205,7 Triliun dari Iklan

    Menggiurkan..! Youtube Raup Rp205,7 Triliun dari Iklan JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Perusahaan induk YouTube, Google Alphabet mengumumkan YouTube memperoleh pendapatan dari iklan sebesar US$15 miliar atau sekitar Rp205,7 triliun pada 2019. Pengumuman ini menandakan berakhirnya keb.
  • Selasa, 27 November 2018 - 11:43:34 WIB

    KUD Mina Sinar Laut, Raup Omset Ratusan Juta dari Es Batu

    KUD Mina Sinar Laut,  Raup Omset Ratusan Juta dari Es Batu PADANG, PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM--Koperasi Unit Desa (KUD) Mina Sinar Laut yang bergerak di bidang pabrik es batu di Kecamatan Sungai Limau, Kabupaten Padang Pariaman setiap bulannya mampu meraup omset Rp150 Juta sampai Rp2.
  • Kamis, 15 November 2018 - 09:53:24 WIB

    Usaha Percetakan Digital, Bigbang Raup Rp30 Juta per Bulan

    Usaha Percetakan Digital, Bigbang Raup Rp30 Juta per Bulan PADANG, HARIANHALUAN.COM – Jasa dan industri percetakan hingga saat ini masih sangat dibutuhkan, baik oleh perkantoran, sekolah, ataupun perusahaan. Usaha percetakan digital dinilai cukup menjanjikan pada saat sekarang ini..
  • Kamis, 21 Desember 2017 - 10:37:09 WIB

    Dari Jasa Cuci Gosok Lampu Mobil, Firdaus Raup Penghasilan Hingga Ro7 Juta per Bulan

    Dari Jasa Cuci Gosok Lampu Mobil, Firdaus Raup Penghasilan Hingga Ro7 Juta per Bulan PADANG, HARIANHALUAN.COM—Firdaus, pria 40 tahun yang bekerja seharai-hari sebagai jasa cuci gosok lampu mobil di Jl. Diponegoro, tepatnya di Depan Taman Budaya Padang,  tengah sibuk menggosok lampu mobil pelanggannya, Rabu.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]