Lomba KB-Kes se-Sumatera Barat

Kelurahan Pakan Sinayan Maju ke Tingkat Nasional


Rabu, 20 Januari 2016 - 03:53:32 WIB

PAYAKUMBUH, HALUAN — Kader PKK Kelurahan Pakan Sinayan, Kecamatan Paya­kum­buh Barat maju ke tingkat nasional dalam lomba KB-Kes Sumatera Barat, akhir 2015 lalu. 

Kelurahan berpenduduk 2.300 jiwa itu, tampil sebagai pemenang untuk bidang PH­BS. Selanjutnya, PKK Pakan Sinayan berhak mewakili Sumatera Barat ke lomba yang sama tingkat nasional di tahun 2016 ini.

Ketua TP-PKK Paya­kum­buh, Ny. Dr. Henny Riza Falepi bersama Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMP-KB), Drs. Yummardius, yang  dihu­bungi Haluan Selasa (19/1) me­ngatakan, bidang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PH­BS) di Pakan Sinayan cukup menonjol. Dalam Lomba Ge­rakan Sumbar Bersih, Pakan Sinayan sukses merebut gelar juara. Di kelurahan ini, bu­daya hidup bersih sudah ber­jalan lebih baik dibanding kelurahan lainnya.

“Tak ada lagi rumah tang­ga yang tak memiliki jamban. Pakan Sinayan salah satu kelurahan bebas buang air besar pada sembarangan tem­pat di Payakumbuh. PKK kelurahan pun ikut mem­produksi bowel leher angsa (toilet jongkok). Ketika Men­kes RI Nila Moelok berkun­jung ke Payakumbuh, April 2015, kegiatan PKK mem­produksi bowel sangat dipuji­kan Menkes,” ulasnya.

Dikatakannya, lomba PK­K­ KB-Kes meliputi empat bidang. Masing-masing PKK-KB, Posyandu Terintegrasi, PHBS dan Kesehatan Ling­kungan. Dari 19 kabupaten/kota di Sumatera Barat, Pakan Sinayan cukup menonjol da­lam  bidang PHBS. Namun, untuk tiga bidang lainnya, Payakumbuh masih harus meningkatkan kinerja agar tahun-tahun berikutnya, lebih baik lagi.

Sekaitan dengan Lomba PKK KB-Kes Bidang PHBS tersebut, Lurah Pakan Sina­yan Zailendra mengaku siap untuk ikut serta dalam lomba dimaksud. Malahan Lurah yang mantan sespri Walikota Payakumbuh ini, punya ob­sesi tinggi untuk mengan­tarkan kelurahan yang dipim­pinnya merebut gelar juara nasional

Ketua TP-PKK Pa­kan Si­na­yan, Ny. Henny Zailendra menyebut, kegiatan PKK KB-Kes di daerahnya, sudah ber­jalan lebih maju. Kegiatan posyandu dan dasawisma ber­kembang dengan baik. Sosia­lisasi PHBS terus dilakukan pada saat ibu-ibu berkumpul dalam kelompok tersebut.

“Oleh sebab itu, di Pa­kan Sinayan saat ini sudah memiliki sebanyak 19 dasa­wisma yang semuanya ber­pacu melakukan sosialisasi PHBS dan KB-Kes. Lagi pula di Pakan Sinayan ini, ke­sadaran warga untuk ber­tanam tanaman dapur dan obat-obatan dengan polybag juga sangat tinggi,” pung­kasnya. (h/zkf)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]haluan.com