Manfaat Anggaran Dana Desa

Nagari Buluh Kasok kian Menggeliat


Rabu, 20 Januari 2016 - 03:54:36 WIB

SIJUNJUNG,HALUAN— Pembangunan dengan pemanfaatan   ADD (Anggaran Dana Desa) di Kenagarian Buluh Kasok,  Kecamatan Lubuk Tarok, Sijunjung,  sudah mencapai 90 persen .

Diantaranya,  perehaban kantor Kepala Jorong yang kondisinya sudah tidak la­yak huni. Kemudian, rigit beton jalan dan  pemba­ngunan   drainase serta jalan usaha tani di Mudik Mana­rang. Kemudian, penge­coran jalan Pematang Balai.

Dengan alokasi dana desa yang berjumlah kurang lebih Rp600 juta ditambah ADN (Alokasi Dana Na­gari) kurang lebih Rp900 juta, pembangunan difokus­kan ke fisik terutama untuk jalan akses warga dan  per­tanian,  sehingga bisa mem­perlancar akses bagi warga yang ingin menjual hasil pertanian ke luar. Peman­faatan dana tersebut  dengan rincian pengalokasian  yaitu untuk fisik 50 persen, kese­hatan 30 persen dan 20 persen untuk peningkatan lainnya termasuk pening­katan kualitas perangkat Nagari sehingga bisa mem­berikan pelayanan yang bisa memuaskan semua pihak. “Melalui fasilitasi dana itu, pembangunan di Nagari Buluh Kasok akan lebih menggeliat. Sebab, sebagian besar dana tersebut lebih diintesifkan untuk mem­bangun infrastuktur yang manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat kita, terlebih Lokasi yang kita bangun saat ini meru­pakan  jalan Pematang Balai dan jalan usaha tani Mudik Manarang.  Warga yang biasanya menjual hasil per­tanian dengan berjalan kaki, sekarang warga bisa me­ngangkut dengan menggu­nakan sepeda motor, se­hingga mempercepat proses pengangkutan untuk di jual ke luar.  Kita berharap da­lam waktu dekat semua pem­bangunan bisa ram­pung,” kata Wali Nagari Bu­luh Kasok Janwarizel kepa­da haluan, Selasa (19/1).

Menurut pria yang saat ini tengah merampungkan tesisnya di Universitas An­dalas tersebut, dengan diba­ngunnya infrastukur ter­sebut dapat dipastikan per­tumbuhan ekonomi masya­rakat akan tumbuh dengan pesat. Selain itu, dengan adanya program ini, masya­rakat di pelosok Nagari kian percaya diri sebagai subyek pembangunan. Pem­nag dapat menyusun peren­canaan pembangunan sesuai dengan kewenangannya de­ngan mengacu pada peren­canaan pembangunan kabu­paten Sijunjung. “ Dengan bantuan ADD tersebut sa­ngat membantu dari segi pembangunan kemajuan Nagari Buluh Kasok yang mana selama ini belum ter­sentuh pembangunan dan kini sudah tercapai sehingga masyarakat kenagarian Bu­luh Kasok merasa senang dan terbantu dengan alokasi penggunaan ADD tersebut serta dapat berkerja dan membantu perekonomian warga dan melalui program ADD ini karena peker­ja­annya langsung dikerjakan oleh masyarakat itu sendiri sehingga hasil pem­ba­ngu­nan lebih bagus dan tahan lama serta tidak asal-asalan dan sesuai dalam program,” ujarnya.

Selain itu, Janwarizel juga  berharap kepada mas­ya­rakat Buluh Kasok untuk dapat memelihara pemba­ngunan yang sudah siap. “Kita minta kepada warga untuk menjaga dan merawat apa yang sudah dibangun melalui program ADD ini. Jangan setelah di bangun dibiarkan begitu saja. Dan saya yakin dan percaya warga kita  bisa merawat pembangunan tersebut,  hal itu dapat dilihat semangat kekompakan dan gotong royong warga di Nagari Buluh Kasok ini,” paparnya.

Wali Nagari termuda ini  menambahkan,  bahwa seca­ra bertahap setiap Jorong yang ada di wilayah Kena­garian Buluh Kasok Keca­matan Lubuk Tarok akan dibangun melalui ADD ini,  dan untuk itu perlunya du­kungan dari masyarakat agar program ini bisa berja­lan sukses. “Tanpa ada du­ku­ngan dari masyarakat pembangunan tidak berjalan mulus.  Untuk itu, mari sama-sama  kita dukung  pembangunan  Nagari, “ ujarnya. (h/ogi)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]