Pemko Didesak Terbitkan Perda Rumah Kos


Rabu, 20 Januari 2016 - 03:56:22 WIB

PADANG PANJANG, HALUAN—Para ketua Rukun Tetangga ( RT ) di kelurahan  Guguk Malintang,  mendesak  Pemerintah Kota( Pemko) Padang Panjang agar se­cepatnya memiliki dan menerbitkan Pera­turan Daerah (Perda) pengaturan  tentang “rumah kos “. Sebab, penyewaan rumah milik pribadi populasinya semakin me­ning­kat untuk  tempat kos para mahasiswa, pelajar dari luar daerah yang sekolah pada berbagai per­guruan tinggi, SMA, SMK sederajat atau  lainnya di Padang Panjang.

Sementara  Perda belum ada, jadi sebagai RT,  yang mengamati keberadaan  isi rumah kos, pemilik kesulitan dalam pengawasan  bertindak,  jika terjadi  kega­duhan yang meresahkan  pada rumah kos yang dipersewakan menjadi ajang ekonomi masyarakat.

“Jadi, Perda  rumah kos mendesak untuk diterbitkan,” ujar ketua RT.9 Fathoni dan berkembang pada silaturrahmi dan pengu­kuhan 22 ketua RT  Guguk Malin­tang Padang Panjang oleh lurah Irma Syafrita di kantor lurah setempat, Selasa (19/1).

Disebut, di Guguk Malintang khususnya di Kampung Jambak  penyewaan rumah kos semakin menjamur  menjadi lahan peng­hasilan bagi pemilikinya, dimana terdapat perguruan tinggi  ISI, sekolah lainnya, yang perlu ditertibkan.

Lurah Irma Syafrita mendukung perda rumah Kos, dan berjanji menyampaikan pada SKPD terkait, agar  Ssecepatnya diterbitkan,  Guguk Malintang khususnya daerah Kampung Jambak  RT lainnya,  sudah banyak tumbuh rumah hak milik disulap menjadi tempat kos, sewaan ma­ha­siswa, pelajar.

Perda rumah kos sangat mendesak, sebab kita tidak ingin Padang Panjang kota Serambi Mekah, tujuan pendidikan, ter­kenal sekolah agamanya, rusak   dari yang tidak diinginkan, meski pihak terkait  patroli keamanan siang malam, namun belum didukung aturan yang kuat,”  ujar Irma dibenarkan M. Dt.Sinaro Bareno, Delfian, Ananda Utama. (h/yan)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]