Dikunjungi Komisi III DPRD Sumbar

Syafrizal Ucok Curahkan Parasaian Pengurus KUD


Rabu, 20 Januari 2016 - 03:57:12 WIB

DHARMASRAYA, HALUAN — Komisi III DPRD Provinsi Sumatera Barat, menggelar per­temuan dengan para pengurus KUD se Kabupaten Dharmasraya, di rumah dinas bupati, KM 5 Pulau Punjung, Jum’at pekan lalu. Pertemuan yangg difasilitasi Bupati Dharmasraya, H. Syafrizal itu, menjadi ajang untuk mencurahkan parasaian para pengu­rus KUD se Dharmasraya.

Hadir dalam pertemuan tersebut empat orang ang­gota Komisi III DPRD Pro­vinsi Sumatera Barat, yaitu Ketua Komisi Drs. Iswardi Latif, MM. Murdani, Taufiq Hidayat dan Liswandi. Pim­pinan SKPD di lingkungan Pemkab Dharmasraya, para Asisten Sekda, para Kepala Bagian dan Kepala Bidang. Bupati Syafrizal berkenan memimpin langsung per­temuan tersebut yang berl­ang­sung penuh ke­ke­luar­gaan itu.

Mengawali pertemuan, Syafrizal atau yang lebih akrab disapa Ucok itu, me­maparkan gambaran umum sektor perkoperasian di Dharmasraya. Sebagai ka­bu­paten yang memperoleh penghargaan di bidang ko­perasi, Dharmasraya me­mang memiliki banyak ko­perasi. Lebih 160 jumlah koperasi di daerah ini, na­mun hanya sekitar 70 per­sen yang masih hidup dan yang berhasil tidak lebih dari 30 persen. Persoalan pengelolaan dan masalah permodalan menjadi ken­dala utama penyebab ter­seoknya perjalanan sektor yang disebut-sebut sokoguru ekonomi nasional itu.

Oleh karena itu, di­ha­da­pan Komisi III, Ucok men­desak agar Komisi III DP­RD Sumbar sedikit mem­beri perhatian kepada dua persoalan klasik itu. Di luar itu,  Ucok menitipkan ke­pada wakil rakyat dari pro­vinsi itu ikut mem­per­ju­angkan per­modalan bagi anggota koperasi yang akan melaksanakan replanting (tanaman baru) kelapa sawit yang usianya memasuki ma­sa minapause. “Sumber per­modalan ini penting me­ngingat 27 ribu hektar lebih kebun sawit di Dhar­masraya akan segera me­masuki masa minapause,” ungkapnya.

Dari kalangan pelaku koperasi, mereka minta agar Pemprov Sumbar me­m­berikan porsi lebih besar kepada koperasi di Dhar­masraya untuk dapat me­ngi­kuti pendidikan per­ko­pe­rasi­an yang diadakan oleh SKPD provinsi. “Jika ada latihan perkoperasian, mo­hon Dharmasraya di­ikut­serta­kan. Kami sangat bu­tuh pengetahuan dan ke­te­rampilan perkoperasian,” sebut Anshari, pengurus koperasi dari Kecamatan Sitiung.

Selain mengungkapkan minimnya pengetahuan dan keterampilan per­ko­pe­rasi­an, para pengurus koperasi juga menyoal masalah per­pajakan. Seperti dike­mu­kakan Tukijo dari Koperasi LPN Pulau Mainan, bahwa koperasi yang ia pimpin tidak dilayani dengan baik saat membayar pajak peng­hasilan koperasi. “Kami sudah menyiapkan dana Rp38 juta untuk bayar pajak dan sudah kami bawa ke kantor pelayanan, ternyata tidak mau menerima karena kami tidak bisa mengisi blangko administrasinya,” kata Tukijo.

Lain lagi yang di­ke­luh­kan Mahyudin, pengurus KUD Koto Salak. Ia me­ngaku, rekening KUD ter­paksa diblokir kantor pajak lantaran belum melunasi pajak penghasilan yang to­tal­nya mencapai Rp 300 juta lebih. Keluhan Mahyudin bertolak belakang dengan keluhan Tukijo. Namun pa­da intinya, kedua pengurus koperasi itu tidak paham soal perpajakan.

Menanggapi berbagai keluhan itu, Komisi III tu­rut prihatin. Mereka minta agar Dinas Koperasi Sumbar memberikan porsi yang cukup kepada Dhar­mas­raya. Sementara soal per­pajakan, Bupati Syafrizal memberi solusi, agar di­undang kantor pelayanan pajak untuk melakukan so­sia­­lisasi kepada koperasi. Ketika koperasi sudah men­yadari tentang perpajakan, maka mereka diharapkan menjadi penyumbang pajak yang potensial.(h/mdi)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 01 Agustus 2020 - 13:36:27 WIB

    Syiarkan Islam, Buya Syafrizal Tembus Belantara Jorong Galugua

    Syiarkan Islam, Buya Syafrizal Tembus Belantara Jorong Galugua HARIANHALUAN.COM - Dai kondang yang juga Ketua Umum Dai dan Da'iyah serta Sekretaris Umum BKMT Sumatera Barat, Buya Haji Syafrizal Sf, SIQ, S. Ag, M. Pd, ikhlas bertarung nyali demi menebar syiar Islam hingga ke pelosok salah.
  • Jumat, 24 Juli 2020 - 06:04:06 WIB

    Syafrizal Desak Kabupaten dan Kota Lahirkan Perda Nagari

    Syafrizal Desak Kabupaten dan Kota Lahirkan Perda Nagari HARIANHALUAN.COM - Hingga kini, belum satu pun kabupaten dan kota yang melahirkan Perda Nagari Adat sebagai legalitas pembentukan Nagari Adat di daerahnya. Padahal, Perda Nomor 7 tahun 2018 yang dilahirkan Pemprov Sumbar seba.
  • Selasa, 21 Juli 2020 - 10:48:06 WIB

    Syafrizal: Pembangunan Muara Kesejahteraan Masyarakat di Nagari

    Syafrizal: Pembangunan Muara Kesejahteraan Masyarakat di Nagari HARIANHALUAN.COM - Tentara Manunggal Membangun Nagari (TMMN) dapat mempercepat pembangunan daerah, yang berujung pada kesejahteraan. Bentuk kongkritnya adalah berupa pembangunan infrastruktur yang membuka akses daerah dan pem.
  • Jumat, 26 Juni 2020 - 05:59:31 WIB

    Syafrizal: KKN Tematik Dorong Gagasan Kreatif di Nagari

    Syafrizal: KKN Tematik Dorong Gagasan Kreatif di Nagari HARIANHALUAN.COM - Dalam rangka penguatan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik 2020 “Bakti untuk Nagari” di Sumbar. Unand yang setiap tahun mengadakan KKN, menyiapkan diri dengan menggelar Focus Group Discussion (FGD).
  • Sabtu, 30 Mei 2020 - 12:02:19 WIB

    Syafrizal: ASN Tak Boleh Apatis, Harus Aktif Cegah Covid-19

    Syafrizal: ASN Tak Boleh Apatis, Harus Aktif Cegah Covid-19 HARIANHALUAN.COM -- Meski pun dalam pandemi Covid-19, aparat Dinas PMD (Pemberdayaan Masyarakat Desa) Sumbar tidak boleh kurang kinerjanya. Justru harus terus bersemangat, karena program BLT Dana Desa dan pemberdayaan serta P.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]