Petani Lega, Harga TBS Sawit Membaik


Rabu, 20 Januari 2016 - 03:58:37 WIB
Petani Lega, Harga TBS Sawit Membaik Truk pengangkut TBS (Tandan Buah Segar) Sawit sedang menunggu antrian di PT Incasi Raya di Pancung Soal. Di pabrik pengolahan CPO ini, TBS sawit tampak menumpuk, dan ditengarai salah satu penyebab harga TBS anjlok di tingkat petani. (HARIDMAN)

PAINAN, HALUAN — Para petani sawit pantas  merasa lega. Harga  Tandan Buah Segar sawit (TBS) di Pesisir Selatan mulai membaik. Harga TBS dipatok pe­da­gang ke petani Rp750 pe­r­kilo­gram. Namun  harga TBS sangat tergantung pada mutu sawit.

Novendra (42) warga Kecamatan Sutera  Selasa (20/1) menyebutkan, harga TBS saat ini memang mulai membaik namun masih be­lum sepadan dengan biaya pengolahan lahan dan tun­tutan kebutuhan harian. Ha­r­ga ideal sawit adalah Rp 1500.  Namun harga saat ini sudah lumayan membaik dibanding sebelumnya  yang bahkan  sempat anjlok hing­ga Rp500/kg.

Senada dengan itu,  Jhon (55), pedagang sawit di Ka­m­bang mengatakan, harga sawit tergantung mutu dan kualitas sawit. Selin per­tim­bangan mutu, harga sawit dari pedagang ke petani juga terkait dengan biaya angkut.

Sementara itu,  terkait dengan harga TBS  sawit  tersebut Pj  Bupati Pesisir Selatan Alwis menyebutkan, petani sawit harus bergabung dengan koperasi. Di se­ju­m­lah kecamatan sudah ada koperasi petani sawit, de­ng­an bergabung di koperasi petani sawit akan memiliki kekuatan dihadapan pe­ru­sahaan. 

“Sejak lama kami menyarankan agar para pe­tani sawit bergabung dengan koperasi. Lalu pengurus koperasipun harus kreatif membangun komunikasi dan kerjasama dengan peru­sahaan pengolah CPO. Lalu kemudian akan ada posisi tawar petani sawit dengan perusahaan,” katanya.

Sedangkan  dari sisi tek­nis,  harga sawit yang cen­derung rendah ditengarai juga pengaruh mutu bibit yang rendah. Kualitas TBS yang hasil kebun petani Pes­sel umumnya tergolong pada kelas batu dan banci.

Terkait dengan bibit sa­wit yang ditanam warga di Pessel,  Kepala Dinas Per­tanian Tanaman Pangan, Hortikultura Peternakan dan Perkebunan Pessel Afri­zon Nazar menyebutkan, sulit memang memantau asal-usul bibit sawit yang ditanam petani daerah itu. “Bibit yang ditanam bahkan juga ada yang berasal dari buah yang jatuh lalu tumbuh. Tanaman sepertiini banyak yang dirawat petani. Jika ini yang terjadi maka dipastikan mutu TBS-nya kurang ba­ngus,” kata Afrizon.

Disebutkannya, untuk menghasilkan TBS super atau kualitas dura, maka asal-usul bibit yang ditanam harus dari pengelola bibit yang terakreditasi. Dan tentu untuk mendapatkannya per­lu prosedur yang harus di­ikuti petani. “Jadi agar petani tidak merugi,kami men­ya­rankan tanamlah sawit dari bibit yang jelas dan telah melalui proses pembibitan sesuai dengan aturan,” ha­rap­nya. (h/har)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 26 Juli 2020 - 08:27:30 WIB

    Permintaan Tebu Lawang Turun Drastis Karena Covid-19, Petani Menangis

    Permintaan Tebu Lawang Turun Drastis Karena Covid-19, Petani Menangis HARIANHALUAN.COM - Bicara soal Covid-19, semua tentu terkena dampak. Namun karena ini menyeluruh, semua harus ikhlas menerima." Kami setuju dengan pemerintah, kesehatan harus diutamakan," ungkap salah seorang petani tebu di N.
  • Ahad, 19 Juli 2020 - 19:47:59 WIB

    Realisasikan Aspirasi, Petani Sampaikan Terima Kepada Mulyadi

    Realisasikan Aspirasi, Petani Sampaikan Terima Kepada Mulyadi HARIANHALUAN.COM - Mulyadi dikenal sebagai legislator yang bekerja nyata bagi masyarakat. Tidak hanya berjanji, program aspirasi masyarakat yang diperjuangkan Mulyadi sudah banyak terealisasi. .
  • Ahad, 19 Juli 2020 - 18:39:18 WIB

    Program Irigasi Batang Anai II Mulyadi Buat Petani Lancar Panen Padi

    Program Irigasi Batang Anai II Mulyadi Buat Petani Lancar Panen Padi HARIANHALUAN.COM - Calon Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mulyadi berkontribusi nyata untuk pembangunan Irigasi Batang Anai II di Padang Pariaman. Program tersebut diperjuangkan Mulyadi agar para petani dapat lancar menanam p.
  • Sabtu, 11 Juli 2020 - 22:15:47 WIB

    Petani Sumbar Kompak Dukung Mulyadi Jadi Gubernur

    Petani Sumbar Kompak Dukung Mulyadi Jadi Gubernur HARIANHALUAN.COM - Anggota DPR RI dapil Sumatra Barat (Sumbar) II Mulyadi terus menuai dukungan dari masyarakat Ranah Minang untuk mengikuti Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) bulan Desember mendatang. Kali ini, dukungan datan.
  • Senin, 15 Juni 2020 - 13:27:32 WIB

    Petani Padang Pariaman Dukung Mulyadi Jadi Gubernur Sumbar

    Petani Padang Pariaman Dukung Mulyadi Jadi Gubernur Sumbar HARIANHALUAN.COM - Anggota DPR RI dapil Sumatra Barat (Sumbar) II Mulyadi terus menuai dukungan dari masyarakat Ranah Minang untuk mengikuti Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) bulan Desember mendatang. Kali ini dukungan datang.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]