Dari 13.762 Sekolah

SMK 2 Padang Nyatakan Siap Hadapi UN BK


Rabu, 20 Januari 2016 - 04:19:54 WIB

PADANG, HALUAN — Dari 45 sekolah yang melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer  (UN BK) di Sumbar, di Padang hanya satu sekolah yang dinyatakan benar-benar siap untuk menyelenggarakan UN BK tersebut yakni Sekolah Menengak Kejuruan (SMK) 2 Padang.

Kepala Bidang Pen­di­dikan Menengah Dinas Pe­n­didikan Kota Padang Barlius mengatakan, dari ke­se­lu­ru­han jumlah sekolah se­tara SMA yang ada di Padang yakni 13.762 sekolah, hanya SMK 2 yang memiliki pe­rangkat komputer yang baik dan siap digunakan.

“Sebenarnya di Padang banyak sekolah yang bisa melaksanakan UN BK ini, namun kalau dipaksakan ta­kutnya di tengah jalan ber­masalah dengan komputernya yang tidak siap, kemudian bermasalah dengan wifinya,” ungkap mantan Kepala Se­kolah SMAN 1 Padang ini saat ditemui di ruangannya, Senin (18/1).

Menurutnya, untuk pelak­sanaan Computer Best Test (CBT) atau UN BK ini baru tahap uji coba, dan tidak ada paksaan untuk kabupaten kota harus melaksanakannya ka­rena semuanya harus me­menuhi syarat. Dan kalau memang sudah memenuhi syarat maka dapat diajukan serta dilakukan verifikasi apakah sekolah tersebut bisa atau tidak untuk me­lak­sa­nakan UN BK. Per­siapan terus dilakukan termasuk sarana dan prasarana.

“Sekarang sudah mulai dibantu peralatan seperti di SMK 2 dan SMA 3  masih be­lum maksimal jumlah ke­butuhannya. Hal ini tentunya bertahap, mungkin setelah SMA kembali ke provinsi 2017 nanti mungkin sudah dilengkapi,” ulas Barlius.

Namun demikian, tahun berikutnya ia berharap akan ada sekolah lain yang me­nyusul melaksanakan UN BK ini setingkat SMA, begitu juga dengan tingkat SMP seperti SMP 1, SMP 7, atau SMP 2.

“Sekarang melalui ban­tuan sosial (Bansos) sudah dimulai untuk melengkapi kebutuhan ini, kalau hanya diandalkan ke usaha sekolah untuk memenuhi kebutuhan ini tentunya susah, karena di Padang sendiri pendidikan gratis dan dari APBD sendiri masih terbatas.

Terpisah, Kepala SMK 2 Padang Abdullah, S.Pd MM menyatakan untuk kesiapan komputer yang ada di SMK 2 sudah melebihi dari yang ditargetkan yakni sepertiga dari jumlah peserta UN BK.

“Jumlah peserta UN kita ada 404 siswa, dan komputer yang kami miliki ada sekitar 150, begitu juga dengan ke­lengkapan handsetnya, dan yang paling penting adalah ke­sia­pan jaringan untuk pelak­sanaan UN BK,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, se­benarnya pelaksanaan UNBK ini tidak terlalu menjadi be­ban atau menjadi masalah karena pada dasarnya para siswa juga sudah dibekali dalam pelaja­rannya simulasi komputer, dan termasuk juga para guru yang sudah diper­siapkan.

“Kelebihannya UN BK ini, para siswa dapat bekerja dan mempunyai persiapan dengan matang karena tidak dapat melirik kiri dan kanan. Kom­puter secara otomatis akan mengacak soal-soal yang ada, jadi masing-masing siswa tidak akan sama soalnya,” ujarnya.

Pada pelaksanaan UN BK ini tenaga pengawas tidak akan dikurangi atau ditambah, bah­kan akan ada nanti pengawas sekaligus tenaga teknisi yang akan didatangkan dari Dinas Pen­didikan untuk membantu ja­lann­ya proses UN BK ini. (h/rin)   

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 15 November 2016 - 23:50:18 WIB

    LPP Medan Beri Pelatihan Guru SMK Pertanian

    LPP Medan Beri Pelatihan Guru SMK Pertanian Padang, Haluan — Lem­baga Pendidikan Perkebunan (LPP) Kampus Medan be­kerjasama dengan BPDP dan Dinas Pendidkan Sumbar mem­berikan pelatihan teknologi dan managemen perkebunan kelapa sawit bagi guru SMK Pertanian dan per.
  • Jumat, 04 November 2016 - 01:20:44 WIB
    OLIMPIADE AKUNTANSI SE-SUMATERA PNP

    SMA dan SMK Sumbar Pemuncak

    SMA dan SMK Sumbar Pemuncak PADANG, HALUAN — Dua sekolah asal Sumbar, yakni SMA 3 Batusangkar dan SMK 2 Bukittinggi tampil sebagai pemuncak lomba olimpiade akuntansi se-sumatera tingkat SMA/MA dan SMK yang dilak­sanakan jurusan Akuntansi Po­li­tek.
  • Kamis, 13 Oktober 2016 - 01:56:25 WIB
    JOB MATCHING DI SMKN 1 PADANG

    Lulusan SMK Harus Bisa Bahasa Inggris

    Lulusan SMK Harus Bisa Bahasa Inggris PADANG, HALUAN — Saat sekarang ini lulusan Sekolah Menengah Kejuaraan (SMK) tidak semuanya bisa langsung diterima be­kerja. Hal ini, karena kurikulum di SMK yang tidak sesuai dengan kebutuhan industri dan bahasa Inggris ta.
  • Jumat, 02 September 2016 - 03:55:09 WIB

    Gara-Gara Salah Pasang Jilbab, Siswi SMK 10 Dihajar Senior

    Gara-Gara Salah Pasang Jilbab, Siswi SMK 10 Dihajar Senior PADANG, HALUAN — Kasus kekerasan terha­dap pelajar dengan dalih senioritas kembali terulang di Kota Padang. Kali ini, siswi kelas 2 SMK 10 Padang, MF (16) babak belur dihajar oleh seniornya, YN (17) yang duduk di kelas 3. .
  • Kamis, 18 Agustus 2016 - 13:07:50 WIB
    HUT RI KE-71

    SMK Taruna Berbaur dengan Warga

    PADANG, HALUAN — Menyambut ke­meriahan Dirgahayu Kemerdekaan Re­publik Indonesia yang ke-71 tahun, Rabu (17/8), Sekolah Menengah Kejuruan (Ta­runa) Padang menggelar beraneka ragam lomba yang juga diikuti oleh masyarakat .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]