Antisipasi Teror

DPRD: Waspadai Pendatang


Rabu, 20 Januari 2016 - 04:25:17 WIB

PADANG, HALUAN — Peristiwa bom Sarinah di Jalan MH Thamrin Jakarta pada Kamis (14/1) lalu adalah tindakan teror yang sangat merugikan banyak orang.

Ketua DPRD Kota Pa­dang  Erisman,  Selasa (19/1) mengatakan setiap warga perlu membangun karakter agar tidak takut melawan teror dan tindak kejahatan lainnya.

“Salah satu cara,  dalam membangun karakter masya­rakat agar tidak takut mela­wan teror ialah,  dengan terus waspada dan melihat gerak-gerik orang-orang sekitar termasuk pendatang baru.

Jika ada aksi atau tindakan yang mencurigakan, diminta masyarakat untuk mela­por­kan pada  keamanan agar Kota Padang dipastikan aman,” katanya.

Dikatakannya, masyarakat harus berani, mengin­formasi­kan hal yang mencurigakan kepada aparat keamanan.

Hal itu sebagai antisipasi dan menjadi tolak ukur bagi pihak berwenang untuk be­rtindak cepat, menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan termasuk teror dan aksi kriminal lainnya.

“Kami,  tentu mengap­resiasi kinerja aparat kea­manan termasuk kepolisian yang telah melakukan patroli dan penyisiran tempat kera­maian di Kota Padang sejak Kamis (14/1) sore pascabom itu. Diharapkan antisipasi tersebut tetap diper­tahan­kan,” ujarnya.

MUI Padang: Warga Harus Sensitif

Sementara itu,  Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Padang Duski Samad mengatakan,  terkait pentingnya karakter setiap individu untuk tidak takut melawan teror, masyarakat perlu semakin sensitif dalam melihat kondisi sekitar.

“Segera melapor pada apa­rat keamanan jika terjadi hal mencurigakan,” ujarnya.

Sedangkan untuk aparat keamanan,  tetap waspada atas segala kemungkinan yang dapat terjadi, apalagi kondisi tersebut menyangkut kepen­tingan orang banyak.

“Tidak ada satupun aga­ma,  yang mendorong pelak­sanaan aksi teror dan tindak kriminal lainnya.

Untuk itu diharapkan,  masyarakat  tetap waspada dan tidak terpengaruh atas kejadian di Jalan MH Tham­rin, Jakarta pada Kamis (14/1) lalu.

Masyarakat Sumbar, khu­susnya Kota Padang memiliki kearifan lokalnya sendiri, sehingga dinilai mampu mem­bangun karakter tidak takut melawan teror secara mandiri,”tutupnya.(h/ade)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 15 Juni 2020 - 15:52:40 WIB

    Pembagian BLT di Padang Tak Merata, DPRD: Kita akan Panggil Tim Gugus

    Pembagian BLT di Padang Tak Merata, DPRD: Kita akan Panggil Tim Gugus HARIANHALUAN.COM - Tidak mendapat respon dari Walikota Padang, aksi demo kemudian berlanjut ke Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Padang oleh belasan perwakilan nelayan, Senin (15/6/2020)..
  • Sabtu, 11 April 2020 - 13:04:10 WIB

    BUMN/D Diingatkan Bantu Warga, DPRD: Semen Padang Kemana..?

    BUMN/D Diingatkan Bantu Warga, DPRD: Semen Padang Kemana..? PADANG, HARIANHALUAN.COM - DPRD Kota Padang minta Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang beroperasi di Kota Padang untuk bantu warga terdampak Covid-19, seperti PT Semen Padang, PDAM, Pelindo.
  • Senin, 26 Agustus 2019 - 19:13:27 WIB

    Apresiasi Satpol PP Padang, DPRD: Sikat Terus Kafe Mesum

    Apresiasi Satpol PP Padang, DPRD: Sikat Terus Kafe Mesum PADANG,HARIANHALUAN.COM--DPRD Kota Padang mengapresiasi upaya Satpol PP Kota Padang yang melakukan penertiban terhadap kafe yang diduga sebagai tempat maksiat..
  • Jumat, 23 Agustus 2019 - 21:23:11 WIB

    DPRD: Pemko Padang Agar Buru Sumber Pajak Pariwisata

    DPRD: Pemko Padang Agar Buru Sumber Pajak Pariwisata PADANG, HALUANHALUAN.COM-Pemerintah Kota Padang agar  terus mencari sumber baru penerimaan untuk menggenjot Pendapatan Asli Daerah (PAD). Salah satu sektor yang harus  dilirik adalah, pariwisata yang mulai berkembang dalam .
  • Jumat, 09 Desember 2016 - 01:38:58 WIB
    SOAL MINANG MART BUKAN PROGRAM GUBERNUR

    DPRD: Pernyataan Direktur Grafika Keliru

    PADANG, HALUAN — Sejumlah anggota DPRD Sumbar menilai, pernyataan Direktur PT Grafika, Dasril yang menyebut Minang Mart tak ada hubungannya dengan program gubernur serta tidak menggunakan dana APBD adalah suatu hal yang tak.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]