Soal Gafatar

Mahasiswa Jangan Mudah Terpancing


Rabu, 20 Januari 2016 - 04:43:27 WIB

PADANG, HALUAN — Ge­rakan Fajar Nu­san­tara (Ga­fatar) ditenggarai menyasar anak-anak muda di usia produktif. Ka­renanya, kam­pus diperkirakan jadi sa­sa­ran. Ka­renanya, mahasiswa  diminta untuk tidak mu­d­ah terpancing dengan ajakan dan ra­yuan dari pihak asing.

Wakil Rektor (WR) III Universitas Negeri Padang (UNP) Syahrial Bakhtiar dihubungi Haluan Selasa (19/1) di Padang me­nu­turkan, seiring dengan me­rebaknya isu terkait aliran ra­dikalisme dan yang ter­baru Gafatar pihak kampus telah melakukan sosial agar tidak mudah terpengaruh dengan ajakan dan rayuan yang menyesatkan. Karena aja­kan ini bisa saja men­jerumuskan ke arah yang tidak baik.

“Waspada dengan se­suatu yang asing dan terasa aneh. Apalagi telah me­nyimpang,” ujarnya.

Dikatakannya, sebagai kaum intelektual maha­siswa juga diminta lebih kritis dalam menerima in­for­masi dan rayuan yang dirasa akan merugikan diri, ke­luarga dan masyakat ba­nyak, seperti radikalisme dan aliran lainnya.

“Jangan sampai in­te­lek­tual muda malah terlibat sesuatu yang merusak diri dan tidak bermanfaat,” pa­parnya.

Sejauh ini kata WR III, semua civitas akademika telah diberikan pemahaman melalui seminar, pelatihan dan juga informasi di dalam perkuliahan tentang dam­pak dan bahaya aliran me­nyesatkan ini, seperti Gafa­tar salah satunya.

“Kita sudah kumpulkan semua Pembantu Dekan III dari tujuh fakultas yang ada di UNP agar bisa me­nyam­paikan ini kepada ma­ha­siswa. Jangan sampai ada juga dari UNP yang ikut aliran ini, nantinya akan merusak nama almamater,” pungkasnya.

Setali tiga uang dengan Syahrial, Rektor Institut Tek­nologi Padang (ITP) Hen­dri Nofrianto me­nga­ta­kan, ma­hasiswa yang masuk ITP sebelumnya telah dite­kan­kan bahwa masuk kam­pus ha­nya untuk kuliah. Ka­lau pun ingin masuk orga­ni­sasi pilihlah organisasi yang jelas.

“Kalau hanya akan mem­­buat perkuliahan ter­beng­kalai tidak udah ma­suk. Baiknya lanjutkan ku­liah, jangan kece­wakan orang tua di kampung,” ka­tanya kep­a­da Haluan Se­lasa (19/1) siang di Padang.

Hendri meminta agar mahasiswa tetap fokus un­tuk aktivitas perkuliahan di­ban­ding dengan me­ngi­kuti orga­nisasi dan kegiatan yang hanya akan membuang wak­tu.

“Intinya tetap waspada ja­ngan mudah terbujuk ra­yuan dan penawaran yang aneh se­per­ti Gafatar,” tut­upnya. (h/isr)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 23 Februari 2020 - 17:45:32 WIB

    Disambut Antusias Mahasiswa, Hendri Septa Resmikan Rumah Pintar di Pauh

    Disambut Antusias Mahasiswa, Hendri Septa Resmikan Rumah Pintar di Pauh PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Wakil Walikota Padang, Hendri Septa meresmikan Rumah Pintar Peduli Anak Nagari di Perumahan Cimpago Permai, Kelurahan Limau Manis, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Provinsi Sumbar, Minggu (23/2/2020). .
  • Kamis, 14 November 2019 - 18:52:09 WIB

    Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unand Gelar Iven "Kota Tua Bacarito"

    Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unand Gelar Iven PADANG, HARIANHALUAN.COM -  Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Andalas menyelenggarakan iven "Kota Tua Bacarito" di kawasan Kota Tua Padang, Jalan Batang Arau, tepatnya di Padangsche Spaarbank, Kamis (14/10). .
  • Kamis, 22 Agustus 2019 - 15:04:46 WIB

    Mahyeldi Ansharullah Motivasi 2.945 Mahasiswa Baru UIN Imam Banjol

    Mahyeldi Ansharullah Motivasi 2.945 Mahasiswa Baru UIN Imam Banjol PADANG,HARIANHALUAN.COM-Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah berikan materi pada mahasiswa baru (MABA) Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang dalam rangka Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK), di Ged.
  • Selasa, 31 Juli 2018 - 10:14:25 WIB

    Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa, UBH Kerja Sama dengan BLK Padang

    Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa, UBH Kerja Sama dengan BLK Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Universitas Bung Hatta (UBH) Padang jalin kerjasama bidang autocad dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Padang untuk peningkatan kompetensi mahasiswa..
  • Senin, 05 Februari 2018 - 01:48:34 WIB
    LOKAKARYA PROGRAM KKN-PPM

    Dihadiri 1.400 Mahasiswa UBH

    Dihadiri 1.400 Mahasiswa UBH PADANG, HALUAN--Pengelola Kuliah Kerja Nyata Pemberdayaan Pembelajaran Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Bung Hatta mengelenggarkan Workshop Rancangan Program KKN-PPM oleh Dosen Pembimbing Lapangan Tahun 2018. Kegiatan ini ber.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]