Warga Serasan Beli Beras ke Malaysia


Kamis, 21 Januari 2016 - 03:16:38 WIB

RANAI, HALUAN — Pe­merintah Kabupaten Na­tuna membenarkan jika war­ga Serasan, Natuna sejak beberapa bulan ini membeli beras ke Sematan, Negara Bagian Serawak, Malaysia. Itu dilakukan karena beras dalam negeri yang dipasok dari Tanjungpinang tidak kunjung sampai ke Serasan.

“Ya betul, warga Serasan hanya bisa beli beras dari Sematan, karena wilayah itu yang paling dekat dengan tempat tinggal mereka,” kata Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdaga­ngan Kabupaten Natuna, Wan Enriko, ke­marin.

Eko menjelaskan, tidak kunjung datangnya beras dari Tanjungpinang, akibat tidak ada kapal yang ber­layar ke Serasan.

“Penyebabnya cuma sa­tu, pengusaha tidak bisa membawa beras ke Serasan karena kapalnya tidak ada,” terangnya.

Sebelumnya, para distri­butor beras dapat membawa beras ke Serasan dan pulau-pulau yang ada di wilayah Kepulauan Natuna, karena kapal subsidi masih rutin berlayar mengitari kepu­lauan Natuna.

Namun, setelah kapal subsidi pemerintah tersebut tidak lagi berlayar, pengu­saha beras tak lagi mampu mendatangkan beras ke pu­lau-pulau yang jauh, teru­tama sekali Serasan.

“Bukan masalah kapal adanya kapal konvensional atau kapal subsidi, tapi kapal yang dipergunakan meng­ang­kut beras itu yang tidak ada,” tegas Eko.

Hanya saja, berdasarkan koordinasi yang telah dilak­sanakan dengan instansi terkait seperti Di­shub­ko­min­fo dan Bagian Ekonomi Pemerintah Kabupaten Na­tuna, kapal yang disubsidi pemerintah akan segera berlayar ke Natuna.

“Kami terus melakukan koordinasi dengan pihak terkait, dalam waktu dekat ini kapal segera berlayar sehingga masyarakat bisa membeli beras dalam ne­geri,” ujar Eko tanpa me­nye­butkan kapan persisnya kapal dimaksud berlayar ke Kepulauan Natuna. (fat)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]