25 Januari Tol Laut Masuk Anambas


Kamis, 21 Januari 2016 - 03:17:25 WIB

ANAMBAS, HALUAN — Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperidagkop dan UKM) KKA,  Dra Linda Maryati mengatakan,  Program Tol Laut Jokowi akan masuk ke Anambas pada 25 Januari 2016.

“Alhamdulillah program tol laut tahun 2016 masuk ke Anambas sebelumnya tahun 2015 hanya masuk ke Ka­bupaten Natuna saja,” kata Linda, kemarin.

Tol Laut  ungkap Linda,  diharapkan menjadi solusi dalam menekan harga sem­bako yang tinggi di Anambas akibat mahalnya transportasi ke daerah itu. Untuk saat ini Linda tak menampik ma­hal­nya harga sembako di Anam­bas akibat mahalnya ongkos angkut barang.”Selain barang yang memang masuk dari luar, dengan lokasi yang jauh ong­kos angkut kapal untuk meng­angkut barang menjadi penye­bab utama tinggi nya harga di Anambas,” paparnya.

Program ini sebenarnya telah dimulai sejak tahun 2015 silam, lanjut Linda namun akibat keterbatasan pela­buhan yang ada di Anambas dan barang yang diakut itu menggunakan kontainer ma­ka program tol laut tidak bisa dilaksanakan.

Tapi sepertinya tambah Linda,  Kementerian Perda­gangan saat ini sudah tidak memperdulikan hal itu lagi sehingga tol Laut tetap masuk pada tahun 2016 ini.

“Memang untuk tahun 2015 lalu di Natuna program Tol Laut ini lebih mahal, namun untuk tahun 2016 kita sudah hitung lebih murah barang dari harga kalau diang­kut dengan kapal yang ada saat ini. Bisa jadi subsidi Kapal Tol Laut sudah dilaksanakan di pemerintah pusat sehingga harga lebih murah,” tukasnya.

Ia lebih lanjut menga­takan,  mudah-mudahan saja masuknya Tol Laut ini dapat menekan harga barang yang ada di Anambas.

Tol laut ini Sambung Lin­da, merupakan program na­sio­nal Presiden Republik In­do­nesia, Joko Widodo (Joko­wi) yang ditatarbelakangi karena adanya disparitas har­ga yang cukup tinggi antara wilayah barat dan timur. Kon­sep tol laut adalah menghu­bungkan pelabuhan-pelabu­han di In­donesia dengan ka­pal.

Pertumbuhan ekonomi yang terpusat di Pulau Jawa mengakibatkan transportasi laut di Indonesia tidak efisien dan mahal karena tidak ada­nya muatan balik dari wilayah-wilayah yang pertumbuhan ekonominya rendah, khu­susnya di Kawasan Timur Indonesia.

“Program tol laut itu tidak hanya pelabuhan, tapi yang lebih penting program ang­kutan melalui jalur laut, kita selama ini bahwa indikator ekonomi sering disebutkan nasional, padahal disparitas antar daerah besar,” pungkasnya. (hkp)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 04 Juli 2019 - 23:47:52 WIB

    Persembahan untuk Guru, Hotel Mersi Bukittinggi Beri Diskon 25 Persen

    Persembahan untuk Guru, Hotel Mersi Bukittinggi Beri Diskon 25 Persen BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM - Sebagai bentuk penghargaan terhadap profesi guru, Hotel Mersi Bukittinggi memberikan diskon tarif kamar sebesar 25 persen kepada para pahlawan tanpa tanda jasa itu..
  • Senin, 07 Desember 2015 - 02:21:06 WIB
    Temukan Praktik Money Politic

    Panwas Diganjar Bonus Rp25 juta

    PASIRPENGARAIAN, HALUAN — Bupati Rokan Hu­lu(Ro­hul) Drs. H. Ach­mad Msi berjan­ji akan memberikan bonus sebesar Rp25 juta, bagi Panwas yang menemukan terjadi money Politic pada Pilkada 2015 ini. Hal itu disampaikannya .
  • Senin, 23 November 2015 - 19:56:42 WIB

    Gubernur Kepri Tetapkan UMK Karimun Rp2.418.254

    Karimun, (HK) - Penjabat Gubernur Kepulauan Riau  Agung Mulyana menetapkan Upah Minimum Kabupaten Karimun 2016 sebesar Rp2.418.254.

    “Untuk UMK Karimun tidak ada ma­salah, sudah ditetapkan gubernur se­suai bata.

  • Senin, 04 Mei 2015 - 19:15:58 WIB

    250 Konflik Lahan Terjadi di Riau

    PEKANBARU, HALUAN — Konflik lahan yang terjadi di Riau, sudah lama menjadi perhatian Lembaga Adat Melayu Riau. Pasalnya, hal tersebut kerap terjadi dan berulang setiap tahun.

    Kerugian yang timbul akibat masa­lah.

  • Jumat, 30 Januari 2015 - 19:10:55 WIB

    25 Persen Karyawan Terancam Dirumahkan

    TINGKAT HUNIAN HOTEL MENURUN

    PEKANBARU, HALUAN — Ketua Perhimpunan Hotel dan Restaurant Indonesia (PHRI) Riau, Ondi Sukmara mengatakan, tingkat okupansi (hunian) hotel di Kota Pekanbaru sepanjang.


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]