Pusat Rental Tenda Camping

Dari Hobi Dahulu, Jadi Bisnis Kemudian


Kamis, 21 Januari 2016 - 03:24:49 WIB
Dari Hobi Dahulu, Jadi Bisnis Kemudian Pancu, pemilik Rental Tenda Camping, mengobrol bersama seorang pelanggannya di toko tersebut,di Jorong Jambak, Nagari Sianok, Kecamatan IV Koto, Agam, Rabu (20/1). Rental Tenda Camping menyewakan tenda kepada pendaki gunung yang pemula. (HASWANDI)

Jika melintas di kawasan Ngarai Sianok, perbatasan Kota Bukittinggi dengan Kabupaten Agam, Anda akan melihat sebuah kedai kecil semi permanen di Jorong Jambak, Nagari Sianok, Kecamatan IV Koto, Agam. Jika dari arah Kota Bukittinggi, kedai itu berada di sebelah kiri badan jalan.

Di atas kedai itu tepampang tulisan “Rental Tenda Camping”. Memang, selain menjual makanan dan minuman ringan, kedai itu juga merupakan pusat rental tenda kemping yang boleh dikatakan terlengkap di Sumatera Barat. Mulai dari tenda Pramuka, tenda dom berkapasitas dua hingga 20 orang, ada di sana.

Mungkin tempat rental tenda ini sama seperti di tempat lainnya. Hanya saja, ada pelayanan khusus di tempat ini. Jika Anda tidak mengetahui medan yang menjadi tempat kemping Anda, di sini Anda bisa mendapatkan informasi ter­sebut secara gratis.

Misalnya, jika Anda belum pernah mendaki Gunung Marapi dan berencana kemping di sana, informasi awal tentang itu bisa Anda dapatkan di sini. Informasi tersebut, misalnya ketinggian gunung, jalur pendakian, medan pendakian, hingga peralatan dan perlengkapan yang harus dibawa.

Ini merupakan strategi khusus dari penawar jasa rental, agar pelanggan bisa mendapatkan pengetahuan dan informasi umum tentang daerah yang ditujunya.  Bagi Hendri Mahyudin Pancu (51), pemilik  Rental Tenda Camping, pelayanan kepada pelanggan merupakan prioritas yang harus dikedepankan.

Pelayanan informasi umum itu, menu­rut Pancu, sengaja diberikan kepada pelanggan karena banyak pelanggan yang belum mengenal daerah tujuan atau medan tujuan yang akan ditempuh. Pancu mence­ritakan, menjalankan bisnis rental tenda ini beranjak dari hobi berpetualang yang dilakoninya sejak kecil. Waktu itu, belum banyak jasa rental tenda kemping sesuai standar keamanan selama berada di lokasi kemping. Hal itulah yang menjadi dasar Pancu membuka usaha tersebut.

Pada tahun 1993, ia membuka bisnis tersebut bermodal lima tenda pramuka. Maklum, waktu itu, tenda dom masih langka dan sangat mahal harganya. Lima tahun setelah itu, bisnisnya masih sulit merangkak naik karena para petualang belum sebanyak seperti saat ini.

Mendekati tahun 2000, barulah bisnis rental tenda kemping ini mulai dilirik banyak orang. Jika awalnya hanya lima tenda pramuka, kini Pancu telah memiliki 210 tenda, dan telah memiliki cabang di Kota Padang.

“Yang banyak disewa itu tenda dom, ka­rena gengsi pelanggan rata-rata cukup ting­gi. Tenda kemping ini bisa disewa oleh orang pribadi, kelompok, maupun lem­ba­ga atau institusi yang akan mela­kukan ke­gia­tan di alam terbuka. Tarifnya relatif, mu­lai yang termurah Rp40 ribu perhari, hing­ga Rp175 ribu perhari,” jelas Pancu saat ditemui Haluan di tokonya, Rabu (19/1).

Pancu menyebutkan, selama ini para pelanggannya berasal dari berbagai kala­ngan masyarakat, mulai dari siswa, ma­hasiswa, pegawai negeri dan swasta hingga wisatawan asing. Selain berasal dari berbagai daerah di Sumbar, pelanggannya juga ada dari berbagai daerah lainnya di Indonesia, terutama dari Pulau Jawa.

“Saat ini prospeknya sangat bagus. Biasanya, yang banyak menyewa itu pada Jumat hingga Minggu. Apalagi jika saat tahun baru, 17 Agustus atau hari besar lainnya, cukup banyak peminat tenda kemping,” pungkasnya. ***

 

Laporan:
HASWANDI
 

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]