Empat Rumah Keluarga Miskin Dibedah


Kamis, 21 Januari 2016 - 03:26:16 WIB

SOLSEL,HALUAN — Nagari Lubuk Ga­dang Selatan, Kecamatan Sangir, Solok Selatan (Solsel),  mendapatkan program bedah rumah terhadap empat orang kepala keluarga (KK). Hal tersebut dapat di­wujud­kan melalui program Kementerian Desa dan program Kementerian Sosial dan Transmigrasi.

Walinagari Lubuk Gadang Selatan, Ari Hendratno melalui Sekretaris Nagari, Nofrianto membenarkan jika empat KK memperoleh bantuan bedah rumah. Di­mana, tiga rumah melalui Kementerian Desa dan satu unit rumah melalui Ke­men­terian Sosial dan Transmigrasi, Rabu (20/1). “Masing-masing Jorong menyampaikan kondisi rumah warganya tidak layak huni, sehingga kita ajukan proposal pada Kemen­terian, ”dikatakan Nofrianto ditemui Haluan.

Dilanjutkan, tiga unit rumah yang mendapatkan program bedah rumah dari Kementerian Desa adalah di Jorong Sungai Lambai, Liki dan Jorong Karang Putih, dengan jumlah bantuan Rp.15 juta dengan tiga kali pencairan sehingga jumlah total Rp.45 juta per unit.

Sedangkan, satu unit rumah lagi terdapat di Jorong Liki Atas dengan jumlah bantuan Rp.10 juta.”Namun bantuan hanya berupa materil bahan bangunan tidak termasuk lahan atau tanah,”tambahnya.

Kepala Jorong Karang Putih, Dartono menyatakan jika satu orang warganya yang dilakukan program bedah rumah me­ru­pakan warga kurang mampu. Ia katakan, jika kondisi rumah sebelum dibedah anggota keluarga berjumlah sembilan orang, tujuh anak dan dua merupakan orangtuannya. “Tapi sekarang dua orang anaknya sudah nikah, dan dapat dibayangkan dengan ukuran rumah empat kali enam meter persegi mereka tinggal dirumah kayu yang sudah reot, hal itulah yang menjadi prioritas kami bersama masyarakat,”kata Dartono.

Pengerjaan bedah rumah tersebut dilakukan dengan tenaga swadaya masya­rakat.”Alhamdulilah masyarakat Karang Putih sangat tinggi rasa kekeluagaannya . Sekarang dalam tahap pengerjaan dengan ukuran enam kali enam meter persegi dengan dua kamar,”  ulasnya.

Sementara  itu  Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan Sangir, Algomar menga­takan jika untuk Kecamatan Sangir program bantuan bedah rumah dari Kementerian Desa mendapatkan sebanyak 13 unit rumah dan tiga rumah ada di Nagari Lubuk Gadang Selatan. (h/jef)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]