Potensi Penerimaan Pajak Dimaksimalkan


Kamis, 21 Januari 2016 - 03:27:20 WIB

PADANG PARIAMAN, HALUAN — Pejabat (Pj) Bupati Padang Pariaman Rosnini Savitri akan mengupayakan optimalisasi pendapatan daerah dan menggali sumber-sumber keuangan melalui potensi penerimaan pajak.

Alasannya, karena pajak merupakan sumber pemasukan utama yang di­pertimbangkan dalam setiap penyu­sunan Anggaran Pendapatan dan Belan­ja Daerah (APBD) yang digunakan untuk belanja pengeluaran daerah, baik pengeluaran rutin maupun pengeluaran pembangunan. Potensi tersebut adalah penerimaan pajak daerah, antara lain Pajak hotel, pajak restoran, pajak hiburan, pajak reklame, pajak pe­nerangan jalan dan pajak parkir.

“Namun sebelumnya, potensi terse­but kurang digali secara optimal karena kurangnya kebijakan dan peraturan yang mendukung karena masih ren­dahnya profesionalisme aparat dan masyarakat wajib Pajak,” kata Rosnini yang didampingi Kabag Humas Hendra Aswara, di Parit Malintang, Selasa (20/1).

Dia menjelaskan, secara geografis Kabupaten Padang Pariaman berada dekat dengan Ibukota Propinsi yaitu Kota Padang yang telah berkembang pesat dan menjadi sentra pereko­nomian di wilayah Sumatera. Ia optimis daerah yang dijuluki Kabu­paten Kakao ini bisa melaju pesat perekonomiannya dan berdaya saing walaupun tidak memiliki Sumber Daya Alam (SDA) yang me­madai seperti halnya daerah lainnya.

Katanya, faktor yang mendukung untuk peningkatan pendapatan daerah karena Padang Pariaman juga menjadi pusat per­hubungan transportasi darat, laut maupun udara dengan keberadaan yaitu Bandara Minangkabau Inter­nasional (BIM) dan Stasiun Kereta Api Duku-BIM serta dimu­lainya pem­bangunan Pelabuhan Tiram. Oleh karena itu Padang Pariaman dapat dikem­bangkan sebagai pusat perda­gangan dan trans­portasi. Apalagi Padang Pariaman telah dite­tapkan sebagai kota metropolitan dalam RPJMN 2014-2019 sehingga dijadikan pusat mega proyek nasional di Sumatera Ba­rat dengan dana Tril­yunan rupiah. h/bus)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]