TMSBK Bukittinggi Tunggu Penghuni Baru


Kamis, 21 Januari 2016 - 03:29:43 WIB

BUKITTINGGI, HALUAN — Setelah kelahiran dua bayi Harimau Sumatera, kini pe­ngelola Taman Marga Satwa Budaya Kinantan (TMSBK) atau Kebun Binatang Bukit­tinggi kembali menantikan kelahiran Zebra yang saat ini terdeteksi sedang hamil.

“Kami memperkirakan, usia kehamilan Zebra betina di TMSBK ini telah mencapai enam atau tujuh bulan. Bia­sanya, usia kehamilan Zebra mencapai 11 bulan. Ini berarti, Zebra itu akan melahirkan sekitar bulan April atau Mei 2016 mendatang,” ujar Kabid TMSBK Bukittinggi, Ikbal, Rabu (20/1).

Menurut Ikbal, kehamilan Zebra ini menjadi perhatian khusus bagi dokter hewan di TMSBK, karena hingga saat ini, koleksi Zebra di TMSBK Bukittinggi baru sepasang. Ia berharap Zebra itu tidak me­ngalami masalah kesehatan dan bisa melahirkan secara normal dan lancar, sehingga bisa menambah jumlah satwa di TMSBK Bukittinggi.

Seperti berita sebelumnya, sepasang Zebra itu menghuni kandang TMSBK Bukittinggi semenjak 30 Mei 2015 lalu. Sepasang Zebra itu didapatkan setelah TMSBK Bukittinggi mengadakan kerjasama pertu­karan satwa dengan Batu Sec­ret Zoo atau Kebun Binatang Batu, Jawa Timur Park, yang berlokasi di Kota Batu, Ma­lang.

Waktu tiba di Bukittinggi, sepasang Zebra dengan nama Mercy dan Obama saat itu masih berusia enam tahun, Dari Malang, Zebra itu dikirim ke TMSBK Bukittinggi dengan menggunakan truk, selama empat hari perjalanan darat.

“Waktu itu, untuk menda­patkan sepasang Zebra ditam­bah sepasang Kaswari, TMSBK menggantinya dengan tiga ekor Tapir, dua betina dan satu ekor jantan, yang dibarter ke Secret Zoo atau Kebun Binatang Batu, Jawa Timur Park,” ujar Ikbal.

Kelahiran Zebra ini nan­tinya akan menambah jumlah satwa yang melahirkan di TM­SBK selama tahun 2016. Pada Kamis 14 Januari 2015 lalu, dua bayi Harimau Suma­tera lahir di TMSBK. Kedua bayi Harimau Sumatera itu lahir normal sekitar pukul 12.30 WIB de­ngan jenis kelamin jantan dan merupakan kela­hiran bayi Ha­rimau Sumatera kedua semen­jak tahun 1960 lalu.

Dari identifikasi petugas TMSBK Bukittinggi, masing-masing bayi Harimau Sumatera itu berbobot sekitar dua kilog­ram dengan penjang sekitar 50 sentimeter. Untuk menjaga kesehatan, kedua bayi harimau itu ditempatkan di ruang isolasi dan dipisahkan dari induk jantan. Kedua bayi harimau itu lahir secara normal, yang meru­pakan hasil perkawinan Harimau Sumatera bernama Bancah dan Sean.  (h/wan)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 16 November 2016 - 23:47:22 WIB

    TMSBK Bukittinggi Kerja Sama dengan Jawa Timur Park

    TMSBK Bukittinggi Kerja Sama dengan Jawa Timur Park BUKITTINGGI, HALUAN — Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan (TMSBK) Kota Bukitinggi bekerja sama dengan Lembaga Konservasi Jawa Timur Park (PT.Bunga Wangsa Sedjati) di Kota Wisata Batu, Jawa Timur, Senin (14/11)..
  • Kamis, 14 April 2016 - 02:56:54 WIB

    Penghuni TMSBK Bertambah Lagi

    BUKITTINGI, HALUAN — Seekor Zebra betina me­la­hirkan di Taman Marga Satwa Budaya Ki­nantan (TMSBK) Bu­kittingi. Kela­hiran anak Zebra betina ini sekaligus menambah ko­leksi satwa baru di TMSBK..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]