SMAN 1 Gelar Donor Darah


Kamis, 21 Januari 2016 - 03:35:24 WIB

PASAMAN BARAT, HALUAN — SMAN I Pasaman Pasaman Barat (Pasbar) kembali menggelar kegiatan Donor Darah yang bekerja sama dengan PMI dan RSUD Pasbar sebagai Wujud Cinta Kasih terhadap Sesama. Pada Sabtu (20/1), yang bertempat di ruangan labor biologi sekolah setempat.

Sebanyak 70 kantong darah berhasil dikumpulkan dalam kegiatan donor darah SMAN I Pasaman. Selain itu kegiatan tersebut juga dimeriahkan bazar buku dari toko Arief Budiman dan penerbit buku erlangga cabang Pasbar.

Kepala SMAN I Pasaman, Drs. Mas­tudiar saat ditemui haluan disela-sela acara mengatakan, acara tersebut merupakan salah satu wujud untuk menanamkan nilai-nilai sosial dan cinta kasih terhadap sesama kepada siswa, yang diselenggarakan oleh OSIS SMAN I Pasaman setiap tahunnya.

“Ini adalah kegiatan rutin yang diadakan oleh Osis SMAN I Pasaman yang diadakan sekali dalam satu tahun. Kegiatan ini melibatkan siswa yang telah berumur 17 tahun ke-atas, dan telah kita mulai dari tahun 2010 yang lalu,”sebutnya.

Semoga untuk kedepannya kegiatan ini akan tetap terlaksana dengan baik, kalau bisa akan kita laksanak satu kali enam bulan, karena selain untuk memperbanyak perse­diaan darah di PMI, tentunya juga kegiatan ini akan meringankan beban saudara-saudara kita yang membutuh­kan,” tam­bahnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Asman selaku pembina Osis dan Paskibra SMAN I Pasaman, ia berharap agar kegi­atan ini dapat dilaksanakan secara berke­sinam­bungan, sekaligus meningkatkan kesadaran siswa/i untuk peduli antar sesama, serta diharapkan dapat menjadi motivasi terha­dap sekolah lainnya untuk dapat melak­sanakan kegiatan yang sa­ma,”harapnya.

Ditempat terpisah, Dr. Budi Sujono dari RSUD Pasbar yang hadir pada acara tersebut mengatakan, sebelum melakukan donor, peserta harus melakukan peme­riksaan terlebih dahulu. Yang dimulai dari pemeriksaan berat badan dan tekanan darah bagi pendonor yang telah berumur 17 tahun ke atas.

Saat ditanya haluan tentang mamfaat dari donor darah tersebut, Budi menga­takan, disamping menyangkut dengan sosial dan kemanusiaan juga bermamfaat bagi kesehatan seperti, menjaga kesehatan jantung, meningkatkan produksi sel darah merah, menurunkan berat badan, kesehatan fisikologis dan dapat mendeteksi penyakit serius yang ada dalam tubuh.

Hingga akhir acara baik guru maupun siswa/i SMAN I Pasaman nampak berse­mangat dan antusias mengikuti acar sosial dengan tema” cinta kasih terhadap sesama” tersebut.(h/fdl)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]