Pasbar Benahi Fasilitas Puskesmas


Kamis, 21 Januari 2016 - 03:35:59 WIB

PASBAR, HALUAN — Dalam rangka peningkatan pe­laya­nan dan kualitas kesehatan masyarakat, Pemerintah Dae­rah Kabupaten Pasaman Ba­rat terus melakukan pem­benahan kelengkapan fasilitas Puskesmas yang ada di daerah tersebut.

Salah satunya pada Pus­kesmas Kinali, Pasaman Ba­rat. Saat ini, Puskesmas terse­but sudah memiliki Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IP­AL). IPAL tersebut sudah selesai dan berfungsi sejak April 2015 lalu.

Kepala Puskesmas Kinali, dr. Rada Deswati kepada Haluan, Rabu (20/1) di Ki­nali  mengatakan, sampai saat ini baru Puskesmas Kinali yang memiliki IPAL pada puskemas yang ada di Pa­saman Barat.

IPAL tersebut berfungsi untuk pembuangan limbah cair puskesmas yang masuk kedalam IPAL. Dalam IPAL limbah tersebut diolah, se­hingga keluar kembali air yang bersih, bukan berbentuk limbah lagi.

Dengan hal ini, ia ber­harap petugas pelayanan, dokter, bidan, perawat dan pegawai lainnya semakin me­ningkatkan etos kerja dalam melayani kesehatan masya­rakat Kinali. Begitu juga de­ngan masyarakat, untuk sema­kin mempercayakan pelaya­nan kesehatannya pada Pus­kesmas Kinali.

“Fasilitas kita lengkap, kita punya rawat inap yang layak,” pungkasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Pasaman Barat, Lazwardi kepada Haluan me­ngakui hingga saat ini baru Puskesmas Kinali yang me­miliki IPAL.

Tetapi Puksesmas lainnya juga akan dibangun hal yang sama, tetapi dilaksanakan secara bertahap sesuai dengan kemampuan keuangan dae­rah.

“Tahun 2016 kita akan membangun dua buah IPAL yakni untuk Puskesmas Suko Mananti dan Puskesmas Su­ngai Aua,” terangnya. 

Dikatakan,  keberadaan IPAL di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) sa­ngat penting, sebab berkaitan dengan dampak negatif yang akan dirasakan langsung oleh masyarakat sekitar. Oleh ka­renanya, masyarakat di sekitar Puskesmas diimbau untuk mawas diri agar tidak ter­dampak limbah medis dan non medis.

“Kami akan rencanakan menambah IPAL di sejumlah Pus­kesmas yang sudah me­miliki rawat inap,” te­rang­nya.

Dia juga membenarkan bahwa limbah medis dan non medis yang tidak di­proses melalui IPAL, me­mang ber­potensi menga­kibatkan hal negatif, yakni bisa men­da­tangkan wabah penyakit dan merusak ling­kungan. (h/dka)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]