BPSK Pasbar Dilantik


Kamis, 21 Januari 2016 - 03:37:01 WIB
BPSK Pasbar Dilantik Ketua BPSK Pasaman Barat, Khairil melantik Kepala dan Anggota Sekretariat BPSK Kabupaten Pasaman Barat periode 2015 - 2021, Rabu (20/1) di Kantor Dinas Koperindag dan UKM Pasbar di Padang Tujuah. (ANDIKA)

PADANG TUJUAH, HALUAN —  Guna memberikan kemudahan secara pelayanan teknis dan administratif, Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kabupaten Pasaman Barat, Ketua BPSK, Rabu (20/1) melantik Kepala dan Anggota Sekretariat BPSK Kabupaten Pasaman Barat Periode 2015 - 2021 di kantor BPSK setempat.

Hal tersebut seseai  de­ngan keputusan Dirjen Stan­darisasi dan Perlindungan Konsumen nomor 395/SPK/KEP/12/2015 pelantikan dan pengambilan sumpah kepala sekretariat dan anggota sek­retariat BPSK Kabupaten Pasaman Barat.

Hadir pada acara tersebut Kepala Dinas Koperindag Pasaman Barat, H. Fadlus Sabi diwakili Sekretaris, Muji­man, anggota BPSK Pasaman Barat serta undangan lainnya.

Ketua BPSK Pasaman Ba­rat, Khairil disela-sela kegi­atan pelantikan mengatakan, dengan telah dilantiknya peja­bat dan anggota sekretariat, badan yang menjadi tonggak penyelesaian permasalahan kerugian konsumen pada pro­ses jual beli, disebutkan telah dapat difungsikan sebagai mana mestinya.

“Artinya BPSK Pasaman Barat sudah bisa menerima dan memproses laporan atau pengaduan konsumen. Kita persilahkan bagi konsumen yang merasa dirugikan pelaku usaha untuk melapor ke Sek­retariat BPSK yang beralamat di kantor Dinas Koperindag dan UKM Pasaman Barat di Padang Tujuah,” kata Khairil.

Dia juga berharap, se­moga keberadaan Sekretariat dapat juga memberikan pela­yanan kepada konsumen se­hingga meringankan juga ang­gota BPSK dalam menye­lesiakan sengketa antara kon­sumen dan pelaku usaha.

Disamping itu disam­pai­kan juga, BPSK Pasaman Barat dalam perjalanannya sebelum pelantikan Kepala dan Anggota Sekretariat BP­SK sudah menyelesaikan se­jumlah agenda penting yang tidak terlepas dalam kelan­caran tugas dan fungsi BPSK.

“Kita sudah menye­lesai­kan penyusunan Profil BPSK, Tata Tertib dan SOP BPSK Pasaman Barat,” tukasnya.

Disamping itu juga  dia­gen­dakan melakukan audiensi dengan jajaran Kejaksaan dan kepolisian. Kemudian secara bertahap, melalui program kesekretariatan BPSK akan digencarkan sosialisasi de­ngan memanfaatkan berbagai momentum, selain kampanye media cetak dan elektronik.

Sosialisi BPSK sangat pen­ting mengingat masih banyak hal yang belum diketahui masyarakat terkait peme­cahan masalah sengketa kon­sumen berkaitan dengan keru­gian salah satu pihak. Di antaranya, kosumen yang mengadukan atau mense­ketakan pelaku usah karena telah dianggap merugikan, harus mengetahui persya­ratan.

“Seperti harus mengan­tongi bukti jual beli atau surat-surat yang sesuai dengan data sebagai konsumen akhir,” jelasnya Khairil.

Demikian juga dalam mem­proses pengaduan kon­sumen, terdapat tiga langkah yang akan diambil pihak BP­SK. Yakni proses konsolidasi dengan menyarankan upaya damai dari kedua belah pihak, mengambil langkah mediasi perdamaian dan terakhir me­lakukan persidangan Arbit­rase jika dua hal itu tidak dapat titik temunya.

“Jika pihak yang dila­por­kan konsumen tidak bersedia memenuhi panggilan terkait pengaduan, maka BPSK da­pat meminta pihak kepolisian untuk memanggil terlapor. Sehingga dalam hal ini, BPSK tidak main-main dan tak bisa disepelekan keberadaannya,” tutur Khairil.

Sekretaris Diskoperindag, Mujiman, mengharapkan Sek­retariat BPSK dapat me­mak­simalkan perannya karena ber­kaitan langsung dengan kinerja BPSK dalam pena­ngan perma­salahan sengketa kosumen.

Sementara, Kepala Sek­retaris BPSK Pasaman Barat, Neldia Vendra, menjelaskan secara teknis fungsi dari sek­retariat BPSK yakni mem­fasilitasi majelis sidang dalam menyelesaikan sengketa kon­sumen hingga mencapai pu­tusan.(h/dka)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 25 Januari 2020 - 16:45:48 WIB

    BPSK Kota Pariaman Tangani Dua Sengketa Konsumen

    BPSK Kota Pariaman  Tangani Dua  Sengketa Konsumen PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM-Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Pariaman sampai Jumat (24/1-2020) telah menerima dua laporan kasus sengketa antara konsumen dengan pelaku usaha di daerah setempat..
  • Kamis, 03 November 2016 - 23:55:36 WIB

    BPSK Bantu Mediasi Konsumen yang Bersengketa

    SOLOK, HALUAN — Pemilik kendaraan ber­motor paling mendominasi mengadu pada Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Solok karena yang bersangkutan sering dirugikan oleh lembaga-lembaga leasing dalam memperoleh dan.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]uan.com