Pelaku Teror Dipastikan Jaringan ISIS

Polisi Tetapkan Enam Tersangka Bom Thamrin


Kamis, 21 Januari 2016 - 03:48:43 WIB

JAKARTA, HALUAN — Polisi me­nangkap 13 orang pascabom dan pe­nyerangan di Jalan Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (14/1) lalu. Penang­kapan dilakukan di berbagai daerah seperti di daerah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Kalimantan Timur.

Kapolri Jenderal Badrodin Hai­ti mengatakan, polisi sudah mela­kukan penyelidikan terhadap 13 orang tersebut. Saat ini sudah ada yang ditetapkan tersangka dalam hubungannya dengan peristiwa bom Thamrin.

“Sudah diekspose, sudah bisa ditetapkan enam orang tersangka,” ujar Badrodin, di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Rabu (20/1).

Mantan Kapolda Jawa Timur itu menjelaskan, keenam orang tersebut merupakan jaringan Dian Juni Kurniadi, salah satu pelaku yang tewas di lokasi. Polisi juga masih terus mengembangkan dari keenam orang tersebut terkait kemungkinan hubungannya dengan pihak lain.

Polri langsung melakukan peng­ge­rebekan terhadap orang yang terlibat dengan bom di Thamrin. Termasuk kelompok yang ber­kaitan. Bahrun Naim diduga kuat berada dibalik peristiwa tersebut. Polri juga memastikan salah satu pelaku mendapatkan dana dari ISIS untuk bom di Thamrin.

Sebelumnya, Kepala Divisi (Kadiv) Humas Mabes Polri, Irjen Anton Charliyan menduga, Bahrun Naim (BN) adalah otak dari aksi ledakan di Sarinah, Jalan Thamrin. Meski belum memiliki bukti jelas, Polri mengaku mendapat informasi intelejen bahwa pelaku sempat menjalin komunikasi dengan BN.

“Spesifik hubungan BN dengan pelaku bom Sarinah, dari kete­rangan salah satu saksi ada terjalin komu­nikasi langsung dengan BN. Tapi apakah komunikasi lewat media sosial dan lain-lain, masih kita dalami,” ujar Anton, Rabu (20/1).

Dia mengatakan yang bisa dipas­tikan sekarang, pelaku teror di Sarinah adalah jaringan ISIS. Di­mana, hubu­ngan BN dengan Ke­lompok Radikal di Suriah itu, sudah sangat jelas.

“Ya jelas kalau BN itu ISIS di Suriah. BN itu sekarang disana. Bahkan orang Indonesia masuk ISIS di Suriah, diterima oleh BN. Dia sebagai koordinator. Ini berda­sarkan keterangan dari orang yang sudah pulang dari sana,” jelasnya. (h/rol)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]