Laporan Keltan Pada Pansus DPRD Sumbar

Sapi Bantuan Tak Juga Bunting


Kamis, 21 Januari 2016 - 03:57:06 WIB

SOLOK, HALUAN – Tim Panitia khusus (Pansus) DPRD Propinsi Sumatera Barat melakukan kunjungan ke kelompok tani  (Keltan)  Gurun Bagan Saiyo,  Ke­lurahan VI Suku Kecamatan Lubuk Sikarah Kota Solok, Rabu (20/1). Keltan ini  adalah salah satu kelompok  penerima bantuan Gerakan Pensejahteraan Petani (GPP)dalam bentuk bantu­an ternak  sapi tahun 2013,

Tim yang dikomandoi Apris Yaman diterima ke­tua kelompoktani Gurun Bagan Saiyo Amrizal dan sekretaris Efrida. Ke­datang­an tim Pan­sus itu juga di­dampingi ke­pala Dinas Per­tanian Kota Solok Jefrizal dan jajarannya.

Kepada Pansus DPRD, Amrizal dan Efrida men­jelaskan bahwa sapi yang diterima dari Dinas Pe­ter­nakan Propinsi Sumatera Barat Juli 2013 lalu,  tidak sesuai dengan keinginan,  karena tidak sapi lokal se­hingga sulit berkembang.

Awalnya, anggota ke­lompok sangat bergembira dengan adanya tawaran ban­tuan sapi melalui program Gubernur Sumatera Barat dimana satu petani 1 sapi. Sehingga dari 30 orang ang­gota kelompok hampir se­mua berkeinginan me­me­lihara sapi. Namun ke­tika sapi itu tiba di lokasi ke­lo­mpok, ternyata bukan sapi lokal melainkan sapi PO asal Lampung.

Mengetahui sapi PO asal Lampung, banyak anggota kelompok mengurungkan niat untuk memelihara k­a­re­na berdasarkan pengal­aman selama ini, sapi ter­sebut sulit untuk bunting, ditambah lagi kondisi sapi sangat kurus dan lemah.

Mau tidak mau, pe­ngu­rus terpaksa mengelola de­ngan jumlah sapi 11 ekor, 1 jantan 10 betina, dalam perjalanan sapi itu mati 2 ekor, setelah 2 tahun me­melihara ternyata sapi itu juga tidak bunting walau sudah dilakukan inseminasi Buatan (IB). 

Mendengar penjelasan itu, tim Pansus sangat me­mahamai kondisi sapi, lo­gis­nya kata Apris  Yaman, memang sapi lokal sehingga mudah beradaptasi. Tim berkunjung ke kelompok tani Gurun Bagan selaku penerima GPP untuk me­lihat secara dekat persoalan yang terjadi dan kenapa sapi tidak berkembang.

Kepada “Haluan”, Ap­ris Yaman mengatakan, ke­da­tangan­­nya kekelompok tani penerima sapi GPP untuk melakukan pem­bina­an dan melihat langsung tentang ban­tu­an yang di­salurkan.  Selain ke Gurun Bagan Saiyo juga ke Kacang Kabupaten Solok serta Solok Selatan. (h/alf)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]