SMAN 5 Kota Pariaman Kekurangan Lokal


Kamis, 21 Januari 2016 - 03:58:18 WIB

PARIAMAN, HALUAN — SMA Negeri 5 Kota Pa­riam­an sampai sasat ini masih diselimuti kekurangan, se­jak dari lokal belajar sampai kepada pagar sekolah. Dari jumlah lokal belajar yang ada sekarang 21 lokal, 3 lokal diantaranya labor, yang dibutuhkan 20 lokal di luar lokal labor yang ada. Sementara jumlah rombel sebanyak 20 rombel, jumlah siswa 553 siswa dari kelas X sampoai kelas XII. “Me­mang kita saat ini masih diselimuti kekurangan, dari satu sisi, kurang lokal, disisi lain, perlu pagar sekolah,” jelas Kepala SMA tersebut, Admiral, menjawab Haluan, Rabu (20/1).

Dalam mengatasi ke­kurangan ruang atau lokal belajar, dimanfaatkan dua ruang labor untuk kegiatan proses belajar mengajar peserta didik. Dan kegiatan siswa, terpaksa dipakai satu ruang atau satu lokal saja secar bergantian sesuai jam pelajaran untuk labornya.

SMA Negeri 5 Pa­ria­man, berdiri diatas lahan seluas lebih kurang 2,4 hek­tar, saat sekarang ling­kunga­n sekolah hanya diberi por­tal saja.

Mengatasi kekurangan sarana tersebut, tahun ini diupayakan menjangkau dana pusat atau DAK, ka­rena dari APBD, dirasa tidak memungkinkan.

Terkait dengan Ujian Nasional (UN) dimulai 4 April 2016 untuk tingkat SMA, Admiral mengatakan, sudah mengambil langkah-langkah persiapan untuk siswa menuju ke ujian ter­sebut, sejak September 20­15, termasuk mengadakan arapat dengan orang tua murid, dalam mensupor anaknya menghadapi ujian tersebut.

Selain itu, kegitan be­lajar sore, bagi anak kelas XII, dilakukan juga, sama seperti tahun-tahun se­be­lum­nya, kegiatan itu di­la­ku­kan dengan harapan, siswa berhasil dengan le­bih baik. Untuk mencapai ke­ber­hsilan itu peran ora­ng tua dirumah sangat diharapkan dalam menga­wasi anak-anaknya belajar di rumah.

Sementara Kepala Di­nas Pendidikan Kota Pa­ria­man, Kanderi menjawab Haluan, terkait UN tahun ini, mengingatkan semua pihak sekolah juga orang tua, terutama siswa yang akan ujian agar terus mem­persiapkan diri.

Secara di sekolah, sudah mulai hendaknya mengarah kepada persiapan-persiapan menuju UN tanpa me­ngu­rangi aktifitas PBM. Bagi orang tua diharapkan me­mantau anak belajar di ru­mah.

Dan terhadap siswa, ja­ng­an lagi banyak bermain-main, tekunlah belajar agar mencapai keberhasilan. Ke­ber­hasilan diraih tidak se­cara kebetulan, tetapi me­lalui perjuangan optimal, katanya. (h/tri)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]