Jembatan Gantung Salido Menanti Korban


Kamis, 21 Januari 2016 - 04:00:37 WIB
Jembatan Gantung Salido Menanti Korban Para pelajar SD tengah menantang bahaya dengan melintasai jembatan gantung Nagari Salido Saribulan, kecamatan IV Jurai Pessel, Minggu. Kondisi jembatan ini rusak parah dan membahayakan yang melewatinya. (M. JONI)

PAINAN,HALUAN — Kondisi jembatan Gantung yang menghubungkan nagari Salido Saribulan dengan Koto Rawang ,kecamatan IV Jurai Pessel,  sangat mem­bahayakan terhadap keselamatan lalulintas. Pasalnya, kerangka besi penahan lantai jembatan  sudah keropos dan  berlobang menunggu ambruk,  Dikhawatirkan bila terjadi banjir,  hubungan  ke dua daerah bertetangga tersebut  bakal terputus.

Asril (37  tahun) warga Salido Saribulan  mengakui, jembatan tersebut bila tidak segera diperbaiki akan dapat mengundang bahaya.  Apalagi jembatan dengan panjang sekirat 50 meter melintasi sungai Batang Salido yang arus airnya cukup deras.  “ Bila  curah hujan  tinggi,  sering  terjadi air bah yang mengancam keselamatan masyarakat, terutama bagi mereka  yang memaksakan diri memfaatkan jembatan gantung yang  kritis tersebu,”  ujarnya.

Keberadaan  jembatan gantung tersebut  sangat dibutuhkan sebagai  sarana  lalulintas. Namun perbaikan jembatan gantung yang lebar 3 meter itu terabaikan oleh pe­merintah, terbukti kerangka penahan lantai jembatan  pada  bagian ujung dan pangkal jembatan sudah putus dimakan usia. Namun karena tidak ada jalan alternatif lain, masyarakat terpaksa memafaatkan jem­batan tersebut meskipun mengandung risiko dan bahaya yang  tinggi.

Sementara  itu saat  dikonfirmasi haluan,  Walinagari Salido Sari bulan kecamatan IV Jurai Pessel Yulidasmi mengungkapkan, masyarakat sangat mengharapkan kepada pemerintah untuk dapat memperbaiki jembatan gantung yang rusak tersebut supaya tidak merenggut korban.  “Apalagi anak sekolah tingkat SD Salido Sari­bulan  terpaksa melintasi  jem­batan karena tidak ada jalan altertif lainya.  Padahal dengan kondisi jembatan  saat ini  siap untuk menjebak lalulintas terjatuh masuk ke­dalam sungai Batang Salido yang airnya deras dan penuh dengan batu besar yang dapat menga­ncam keselamatan jiwa,”  jelasnya singkat. (h/mjn)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]