KONI Siap Optimalkan Pelatprov


Kamis, 21 Januari 2016 - 04:19:32 WIB

PADANG, HALUAN — Ketua Umum KONI Sumbar Syahrial Bakhtiar menyebut kesuksesan pelaksanaan Pelatprov (Pemusatan Latihan Provinsi) jelang PON XIX Jawa Barat 2016 ini tak terlepas dari sinergi antara KONI Sumbar, Pengprov Cabor, Pelatih dan Atlet. Karenanya, komponen-komponen pendukung terkait dengan sinergitas tersebut harus segera disiapkan.

Untuk itu, kata Syahrial lagi, pihak terus menggodok instrument yang akan disiapkan Bidang Perencanaan dan Anggaran (Rena KONI Sumbar) serta Bidang Pembinaan Prestasi (Binpres) untuk kemudian dijalankan.  Yang paling penting adalah stakeholder olahraga tersebut memberikan pelayanan kepada atlet berupa kesejahteraan, gizi hingga sarana dan prasarananya.

“Hak dan kewajiban pihak-pihak yang akan bersinergi tadi tentu perlu instrument. Tapi atlet akan mendapat perhatian terlebih dahulu,”kata Wakil Rektor III Universitas Negeri Padang (UNP) ini. Selain itu, menyiapkan pelatih yang cakap serta rencana uji tanding untuk menguji kemampuan atlet menjadi bagian dari persiapan yang tak kalah pentingnya. Selama fase ini, kondisi fisik atlet tentunya juga harus dipantau, termasuk kondisi kesehatannya.

Menanggapi hal ini, Ketum Pengprov Kodrat Sumbar Ganefri menyebutkan atlet yang  telah meraih tiket PON XIX Jawa Barat memang harus mendapatkan pembinaan serius. Setelah  Pelatprov KONI Sumbar dibuka secara resmi oleh Ketua DPRD Sumbar mewakili Pj Gubernur beberapa waktu lalu, mesti memberikan fasilitas kepada para atlet untuk fokus berlatih.

“Ketika fasilitas yang memadai sudah difasilitasi, seperti makan minum, gizi dan transportasi atlet tidak ada masalah. Petarung diyakini akan bejibaku untuk berlatih demi mengibarkan Tuah Sakato di Bandung nanti” ujar Ganefri, yang sehari-harinya Koordinator Kopertis Wilayah X (Sumbar-Riau-Jambi-Kepri), Rabu (20/1). Ditambahkanya, Pengprov Kodrat Sumbar sudah memaksimalkan program kerjanya. Buktinya, meski dukungan dana untuk Pra Kualifikasi PON tidak memadai oleh Pemprov Sumbar melalui KONI, namun jajaran Pengprov Kodrat Sumbar mampu meraih 10 nomor pertandingan dari 17 nomor tarung derajat.

Secara terpisah pelatih kepala Tarung Derajat Sumbar, Alnedral merinci, dari 17 nomor yang dipertandingkan di PON XIX di Jawa Barat, Sumbar ambil bagian di 10 nomor pertandingan dengan jumlah atlet 12 orang. Diantaranya adalah Ahsan Zainal, Andika Rahmadani, Welly Akbar, Ari Kurniawan, Puja Putra dan Rahmi Yanti. Sementara pelatih yang melatih mereka Zezmi Pitrialis, Dede Irwan dan Junaidi. (h/mat/rel)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]