30.474 RTS Dapat Raskin


Kamis, 21 Januari 2016 - 04:21:49 WIB

PADANG, HALUAN—Pemko Padang men­jadi daerah pertama di tanah air yang melaunching beras miskin (raskin) 2016 untuk sebanyak 30.474 Rumah Tangga Sasaran (RTS), Rabu (20/1).  Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah mengatakan pihaknya tidak akan berlama-lama atau memperlambat penditribusian raskin jika stok di Bulog sudah ada.

“Bulog sudah mengurus distribusi raskin. Kita tinggal mengajukan Surat Permintaan Alokasi (SPA), jadi tidak perlu lama-lama. Kita memang harus segerakan raskin untuk membantu masyarakat, serta menstabilkan harga beras di pasaran,” jelas Mahyeldi.

Mahyeldi berharap, pada distribusi raskin tahun ini tidak ada permasalahan terkait kualitas beras yang diterima masya­rakat. Namun, untuk pentalangan dana sampai saat ini belum bisa dilakukan.

“Kita sudah punya program pem­beran­tasan kemiskinan di Kota Padang, seperti bedah rumah, pedidikan gratis. Rasanya untuk menggratiskan raskin tidak mungkin lagi,”tuturnya.  Jumlah total alokasi raskin untuk bulan Januari di Kota Padang men­capai 457.110 Kg yang diperuntukkan bagi 30.474 KK yang tersebar di 11 Kecamatan. Masing-masing KK mendapat jatah 15 Kg perbulan dengan harga tebus Rp 1.600/Kg.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bulog Divre Sumatera Barat Benhur Ngkaime memastikan, raskin yang didis­tribusikan ke masyarakat tahun ini me­menuhi standar dan layak dikonsumsi.

Diakuinya, salah satu faktor yang me­nyebabkan kualitas raskin menurun karena terlalu lama berada di gudang. Untuk itu, tahun ini Bulog merealisasikan kebijakan baru secara nasional, yakni hanya menyimpan raskin di gudang untuk ke­butuhan dua bulan.(h/ows)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]