Listrik Masih Sulit

Banyak Rumah Belum “Terjamah”


Kamis, 21 Januari 2016 - 04:22:32 WIB

PADANG, HALUAN — Ber­berapa kawasan di Kota Pa­dang masih belum men­dapat aliran listrik dari Perusahaan Listrik Negara (PLN). Mes­kipun belum didapatkan data pasti jum­lah kepala keluarga (KK) yang belum mendapat pa­sokan listrik tersebut, na­mun warga yang tinggal di beberapa kawasan tersebut berharap agar pemerintah melihat persoalan ini se­bagai masalah yang harus se­ce­patnya diselesaikan.

Tassar, salah seorang war­ga Sungkai Kelurahan Lam­buang Bukik Keca­ma­tan Pauh mengatakan, ketia­daan listrik bagi lebih ku­rang 32 kepala keluarga di Sungai seolah tidak pernah dipikirkan oleh pemerintah. Padahal bagi warga Sungkai listrik amat berguna, teru­tama untuk pe­nerangan anak-anak mereka saat be­lajar di malam hari.

“Kebutuhan listrik yang amat mendesak itu untuk anak-anak belajar malam. Kondisi sekarang, mereka belajar hanya menggunakan dama saja. Tentu tak akan maksimal belajar dengan ca­haya dama itu. Sedangkan janji pemerintah sudah ber­u­lang kali kami dengar. Sudah sekian kali pula kami me­nan­da­tangani surat yang kata­nya untuk memasukkan listrik, tapi nyatanya sampai sekarang kami masih hidup berkelam-kelam,” ucapnya, Selasa (19/1).

Camat Pauh Wardas Tan­jung ketika dihubungi Haluan membenarkan bahwa bebe­rapa kawasan di Kecamatan Pauh belum teraliri listrik. Selain Sungkai, ada pula ka­wasan Batu Busuak dan Li­mau Manis Selatan yang seba­giannya belum teraliri listrik.

“Secara umum Keca­ma­tan Pauh sudah teraliri listrik, hanya saja memang di bebe­rapa pemukiman warga yang berada dekat perbukitan, listrik belum masuk. Seperti pada 32 KK di Sungkai dan sekitar 20 KK di Limau Manis Selatan. Sedangakan data pastinya kami belum ada” ucap Wardas.

Hal serupa diucapkan Ca­mat Bungus Teluk Kabung Imral Fauzi. Ia juga mengaku beberapa kawasan seperti di Tim­balum masih belum ter­aliri listrik. Sedangkan untuk data, ia belum mengetahui berapa jumlah KK yang belum teraliri listrik dan berjanji menghubungi kelurahan un­tuk melakukan pendataannya.

Data kawasan dan jumlah KK yang belum teraliri listrik juga belum didapatkan dari Kecamatan Kuranji. Namun, Camat Kuranji Salisma me­nga­kui beberapa kawasan di kecamatannya belum teraliri listrik, seperti kawasan Guo Tampuruang dan beberapa kawasan lainnya.

Menanggapi hal ini, Ke­pala Divisi (Kadiv) Humas PLN Wilayah Sumbar Ridwan menyatakan bahwa PLN siap melakukan survey untuk me­ng­alirkan listrik ke kawasan yang belum teraliri tersebut. Asalkan pemerintah kelu­rahan atau kecamatan setem­pat menyurati PLN untuk hal ini. Kemudian listrik akan dialirkan jika memang ang­garan perluasan cukup untuk itu.

“PLN tentu ingin meme­nuhi kebutuhan listrik masya­rakat. Namun, sesuai me­ka­nisme yang berlaku, hen­daknya pemerintah kelurahan atau kecamatan menyurati PLN dan memberi tahu bah­wa ada ka­wasan di keca­matan­nya yang belum mendapat pasokan lis­trik. Nanti akan disurvey ke lokasi,” ucap Ridwan.

Setelah dilakukan survey, lanjutnya, listrik akan dima­sukkan apabila anggaran per­lu­asan kelistrikan di PLN mencukupi. Karena kebu­tuhan perluasan tidak hanya di Kota Padang, melainkan untuk seluruh wilayah Sumbar.  (h/isq)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]