SMA Negeri Terakreditasi A dan B

Peluang Siswa Kota Padang Masuk PTN Lebih Besar


Kamis, 21 Januari 2016 - 04:25:55 WIB

PADANG, HALUAN — Sebagian besar sekolah tingkat menengah atas di Kota Padang sudah memiliki akreditasi A dan B. Artinya, peluang siswanya untuk masuk perguruan tinggi cukup besar.

Kasi Kurikulum Pe­n­di­dikan Menengah (Dikmen) Dinas Pendidikan Padang Indriyedi Bakri mengatakan, dari 49 Sekolah Menangah Atas (SMA) yang ada di Pa­dang baik negeri maupun swas­ta mayoritas sudah me­miliki akreditasi A dan B. Dengan rincian,  dari 16 SMA negeri di Padang, 12 sekolah sudah terakreditasi A dan empat sekolah lainnya te­rakre­ditasi B. Sementara itu, untuk SMA swasta berjumlah 33 sekolah, 10 diantaranya sudah mengantongi akreditasi A, sedangkan yang me­ngan­tongi akreditasi B berjumlah 14, dan sembilan sekolah lainnya me­miliki akreditasi C.

“Di Padang juga terdapat tiga sekolah yang belum me­miliki akreditasi, karena me­mang siswanya belum ada yang tamat. Syarat untuk diberikan akreditasi itu, se­kolah sudah menamatkan atau meluluskan siswanya, dan tiga sekolah ini siswanya ba­­ru menginjak kelas 2 dan ke­­las 3,” jelasnya, Selasa (19/1).

Dikatakannya, tiga seko­lah yang belum memiliki akre­ditasi tersebut yakni SMA Dek dan SMA Surya yang siswanya baru kelas 2, sedangkan SMA Yari siswanya baru kelas 3. Sementara, penilaian dalam memberikan akreditasi untuk sekolah secara nasional ada delapan indikator diantaranya, indikator isi, proses, sarana dan prasarana, pembiayaan, tenaga pendidik, dan PTK pendidikan serta beberapa indikator lainnya yang harus ada.

Sebelumnya, Ke­men­te­rian Riset, Teknologi dan Pen­didikan Tinggi (Ke­me­n­ris­tek­dikti) mulai menggunakan data akreditasi sekolah seba­gai dasar penerimaan ma­hasiswa baru melalui jalur Selek­si Nasional Masuk Per­guruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2016. Bagi seko­lah yang meraih akreditasi A, sebanyak 75 persen dari siswa terbaiknya bisa dikirim me­ngikuti seleksi. Kemudian, bagi sekolah akreditasi B, hanya 50 persen siswa dari siswa terbaik, akreditasi C hanya bisa mengirim  20 per­sen dari seluruh siswa ter­baik­nya. Selanjutnya, bagi sekolah yang tidak memiliki akreditasi hanya bisa mengirim 10 persen dari siswa terbaiknya.

Di Kota Padang, sebanyak 13.762 siswa akan mengikuti UN  dan tentunya akan ber­saing memasuki perguruan tinggi. Para siswa ini, tidak hanya dapat mengandalkan nilai yang bagus namun akre­ditasi sekolah juga menjadi salah satu acuan dalam pene­rimaan calon mahasiswa ba­ru. (h/rin)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 27 Desember 2016 - 00:56:00 WIB
    HASIL EVALUASI SUDAH DI TANGAN WAKO

    Tiga OPD Berpeluang Dipansel Ulang

    PADANG, HALUAN — Hasil seleksi dan evaluasi para pejabat eselon II yang akan memimpin Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang baru telah diserahkan Panitia Seleksi (Pansel) ke Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah..
  • Selasa, 13 Desember 2016 - 01:11:09 WIB

    Wahyu Berpeluang Pimpin Dekopinda

    Padang, Haluan — Wakil Ketua DPRD Kota Padang Wahyu Iramana Putra berpe­lua­ng, menjadi ketua Dewan Koperasi In­donesia Daerah (Dekopinda) Kota Pa­dang. .
  • Jumat, 14 Oktober 2016 - 01:53:21 WIB

    Usaha Kecil Berpeluang Gabung di Minang Mart

    PADANG, HALUAN – Direktur Minang Mart Syaiful Bakhri membantah isu pengoperasian Minang Mart dengan sistem franchise. Menurutnya, Minang Mart yang beroperasi di bawah bendera PT Ritel Modern Minang (PT RMM) dipastikan tidak.
  • Rabu, 12 Oktober 2016 - 01:22:29 WIB

    UNP Buka Peluang Bagi Mahasiswa Asing

    UNP Buka Peluang Bagi Mahasiswa Asing PADANG, HALUAN—Universitas Negeri Padang (UNP) membuka peluang bagi maha­siswa asing untuk menimba ilmu di sana. Bahkan bagi mahasiswa asing yang memang berminat untuk berkuliah di UNP akan di­gratiskan..
  • Rabu, 31 Agustus 2016 - 04:41:22 WIB

    PT. Kunango Jantan Buka Peluang Kerja Sama dengan BUMN

    PT. Kunango Jantan Buka Peluang Kerja Sama dengan BUMN PADANG, HA­LUAN — Setelah memiliki jalinan kerja sama dengan sejumlah BUMN seperti PT. Semen Padang, PT. PLN, PT Adhi Karya, PT. Waskita Karya dan PT. Telkom, jajaran direksi dan mana­jemen PT. Kunango Jantan, mengaku sia.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]