Inpres IV Kosong Sore Hari

Pedagang Masih Membangkang


Kamis, 21 Januari 2016 - 04:29:02 WIB

PADANG, HALUAN — Proses pemindahan pedagang ikan yang tersebar di Pasar Raya Padang ke Inpres IV lantai I sudah 100 persen selesai.

Sekitar 163 pedagang sudah mulai berjualan di tempat yang sudah dise­diakan sesuai dengan pen­cabutan loting beberapa hari yang lalu.

Mekipun sudah dise­diakan tempat berjualan yang layak, beberapa peda­gang ikan masih ada yang mengangkat ikan jualannya ke luar untuk dihabiskan pada sore harinya. Aki­batnya, pada sore hari In­pres IV sudah kosong dan tidak ada lagi pedagang ikan yang berjualan.

Ketua Pedagang Ikan Pasar Raya Padang Wal saat ditanyai Haluan, kemarin  membenarkan bahwa ada sebagian pedagang ikan yang berjualan di luar di tempat sebelumnya dipin­dahkan.

“Itu memang benar, na­mun hanya sebagian kecil saja karena mereka bera­lasan ingin menghabiskan jualan mereka di tepi jalan tempat biasanya berjualan. Namun, ini tidak akan dibi­arkan begitu saja, kita butuh proses untuk menertibkan ini secara perlahan,” ungkap Wal.

Dikatakannya, peda­gang ikan secara keselu­ruhan sudah pindah ke lan­tai I Inpres IV. Pedagang sudah mulai berjualan sejak pagi hari hingga siang. Na­mun, lewat pukul 13.00 WIB ada beberapa pedagang ikan yang mengangkut ikan un­tuk dijual di depan.

“Pemindahan dan pene­tapan ini tidak bisa instan karena pedagang ikan ter­sebut sudah enam tahun berjualan di sana dan sudah mengakar. Untuk itu butuh kesabaran dan koordinasi serta proses supaya ini bisa kita tertibkan,” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pasar Padang En­drizal jelas-jelas melarang jika masih ada pedagang ikan yang berjualan di luar area Inpres IV.

“Pertimbangan ini sudah di­bicarakan dengan ketua pedagang ikan untuk tidak membiarkan jika masih ada pedagang yang berjualan di luar Inpres IV. Namun jika masih ada yang minta dis­pensasi berjualan sore hari ke luar kita bolehkan dan tidak akan berjalan lama,” ujarnya.

Kata Endrizal, untuk membiasakan pedagang ikan ini berjualan di dalam, butuh proses dan saling koordinasi.

“Kita akan ter­tibkan secara perlahan dan se­cara persuasif. Yang pen­ting bagaimana pe­dagang bisa nyaman dan pasar bisa rapi dan tertib,” tutupnya. (h/win)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]