Zukri Saad: Empat Calon IA ITB Sama Berkualitasnya


Kamis, 21 Januari 2016 - 04:41:12 WIB

PADANG, HALUAN — Pemilihan Ketua Ikatan Alumni (IA) Institut Teknologi Bandung (ITB) periode 2016-2020 yang dilakukan secara e-voting pada 23 Januari mendatang. Selain dipusatkan di Bandung, beberapa daerah juga ditunjuk sebagai tempat penyelenggaraan pemilihan, seperti di Padang yang akan dipusatkan di PT Semen Padang.

Setelah melewati seleksi ketat, total empat calon akan maju dalam pemilihan Ketua IA ITB. Pertama, Ridwan Djamaluddin, alumni Teknik Geologi ITB yang sekarang bekerja di Kemenko Maritim dan Sumberdaya. Kedua, Pontas Romulo Tambunan, alumni Tek­nik Pertambangan ITB yang saat ini menjabat  Presdir PT Kilat Wahana Jenggala. Ketiga, Riza Falepi, alumni Teknik Elektro ITB yang saat ini menjabat Wali­kota Payakumbuh Sumbar. Ke­empat, Hiramsyah Sambudhy Thaib, alumni Arsitektur ITB yang saat ini merupakan Presdir PT. Tekno­logi Riset Global In­vestama.

Zukri Saad selaku anggota IA ITB kepada Haluan, kepada Haluan mengatakan bahwa ika­tan alumni ITB sangat antusias menyonsong pemilihan Ketua IA ITB kali ini. Karena pemilihan yang dilakukan secara e-voting, sehingga seluruh alumni ITB di seluruh dunia berkesempatan un­tuk menggunakan hak pilihnya.

“Tentu saja kami selaku alum­ni sangat senang menyonsong pemilihan ini. Selain di Bandung sebagai pusat pemilihan, pemu­ngutan suara juga dapat dilaku­kan di beberapa kota, seperti di Pa­dang,” kata Zukri, Rabu (20/1).

Meskipun dilakukan secara e-voting, keberadaan tempat-tem­pat pemilihan ditujukan agar alumni ITB dapat semakin mem­perkuat silaturahim. Selain itu diharapkannya proses pemilihan berlangsung lancar sehingga terpilih Ketua IA ITB yang terbaik dari yang terbaik.

“Keempat calon yang maju dalam pemilihan IA ITB sama berkualitasnya.Harapan saya selaku alumni, semoga yang terpilih nanti dapat mengemban amanah sebagai ketua alumni serta mampu menghadirkan tero­bosan-terobosan, sehingga alum­ni ITB semakin bersinergi dalam upaya memajukan bangsa,” tu­tupnya.

Sayangnya, mantan Bupati Agam, Indra Catri yang juga pernah menjabat sebagai ketua Ikatan Alumni ITB Sumbar menolak untuk memberikan pandangan sehubungan dengan agenda Mubes ITB tersebut. Ia mengelak berkomentar dengan alasan bukan Ketua Ikatan Alum­ni ITB Sumbar lagi.

“Saya bukan ketua alumni lagi. Maaf saya tidak bisa berko­mentar tentang hal ini, jadi maaf,” ujarnya kepada Haluan Rabu (20/1) malam melalui sambungan tele­pon dari Padang.

Salah satu calon yang dihu­bungi Haluan, Riza Falepi me­ngungkap dirinya diminta maju oleh alumni terutama yg muda. Hal ini dinilai Wako Payakum­buh tersebut sebagai suatu kehor­matan, termasuk juga bagi paya­kumbuh.

“Keinginan utama bagi kita lebih sebagai pengabdian. Isu utama alumni ITB hari ini adalah bagaimana potensi ITB yang tersebar di mana mana harus bisa dimaksimalkan dalam kerjasama membangun bangsa serta juga mampu melahirkan keunggulan Indonesia dalam bidang tertentu paling tidak,”katanya.

Mantan senator DPD RI ini mencontohkan  soal produk turunan dari CPO (Crude Palm Oil) menjadi end product bernilai tambah tinggi seperti menjadi avtur misalnya. Contoh lain sebut Riza lagi adalah membangun industri yang kuat dan terakhir bersaing di level internasional.

“Pada hakekatnya inilah tang­gung jawab kita sebagai alumni perlu dijaga,”katanya. (h/isq/isr)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]