Pemprov Tutup Rapat Nama Pj Bupati Agam

Jefrinal Arifin Kandidat Terkuat


Kamis, 21 Januari 2016 - 04:44:34 WIB

PADANG, HALUAN — Sete­lah cukup lama “tergantung” di Kementerian Dalam Nege­ri (Kemendagri), nama calon Penjabat (Pj) Bupati Agam mulai terkuak. Namun, lagi-lagi Pemprov Sumbar menu­tup rapat nama kandidat ter­se­but, dengan dalih SK-nya masih berada di Jakarta (Ke­mendagri,red).

Kendati demikian, Pem­prov memastikan akan segera melantik Penjabat (Pj) Bupati Agam. Sumber Haluan di lingkungan pusat pemerin­tahan provinsi ini menyebut nama Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Jefri­nal Arifin disebut-sebut men­jadi calon kuat untuk mengisi jabatan ini.

Hanya saja, ketika Haluan mengkonfirmasi hal ini kepa­da Kepala Biro Pemerin­tahan Setdaprov Sumbar Mar­di Rabu (20/1) di Padang, ia membantahnya. Menurut Mardi, nama ini masih ra­hasia karena SK nya baru akan diambil di Kemendagri Kamis (Hari ini, red).

“Besok baru akan kita jemput SK nya. Jadi, namanya masih rahasia,” ujarnya sambil tersenyum menyisakan tanda tanya besar.

Selain nama Jefrinal ada beberapa nama lainnya juga mengapung. Nama-nama itu berpotensi untuk mengisi keko­songan kursi Pj Bupati Agam, seperti, Kepala Badan Kes­bang­pol Ivan Khairul Ananda, Asis­ten II Setdaprov Sumbar Sya­fruddin, Kepala Dinas Kehuta­nan Sumbar Hendri Oktavia masuk dalam bidikan untuk menjadi Pj.

Selain tutup rapat soal iden­titas calon Pj Bupati Agam ter­sebut, Mardi juga berkelit untuk memaparkan kapan pelantikan sang pejabat akan dilakukan.  Ia hanya mengatakan bahwa untuk tanggal pelantikan masih belum dipastikan harinya.  Lagi-lagi, SK yang masih “tersangkut” jadi tumbalnya.

“Tanggal pelantikannya nanti, kita jemput dulu SK nya (dari Kemendagri),” ujarnya.

Lagi-lagi soal Pj Bupati Lima­puluh Kota, Mardi tutup mulut. Ia mengatakan terkait dengan nama Pj Bupati Limapuluh Kota saat ini tengah diproses di Ke­mendagri. Untuk nama-namanya juga telah diusulkan oleh Pem­prov.

Dari bocoran yang didapat Haluan, berbeda dengan Pj Bu­pati Agam yang calonnya diisi oleh pejabat Pemprov. Untuk posisi ini nantinya, sumber orang dalam Haluan di Rumah Bagon­jong mengatakan nama Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Li­mapuluh Kota mengkristal, di­banding beberapa nama dari pejabat provinsi Sumbar.

“Coba saja lihat nanti, pos Pj Bupati Limapuluh Kota itu akan diisi oleh pejabat lokal,” ungkap sumber Haluan tersebut

Hanya saja, Mardi tetap tutup mulut ketika disodorkan nama itu kepadanya. “ Kita sudah kirimkan namanya ke Kemen­dagri, kita tunggu saja,” kilah Mardi pula.

Sementara itu, Pemprov Sum­bar beralasan telatnya pelan­tikan Pj Bupati Agam dan Pj Bupati Limapuluh Kota sampai saat ini untuk menjaga keter­sediaan pejabat di Pemprov Sum­bar. Apabila tetap dipaksakan untuk mengirim pejabat provinsi untuk menjadi Pj di dua tersebut dinilai akan menggangu peme­rintahan di Pemprov Sumbar.

“Dari 13 daerah yang habis masa jabatannya, 11 daerah dian­taranya diisi oleh pejabat provinsi yang dinilai layak untuk menjadi Pj di daerah. Namun, untuk dua daerah ini muncul pertimbangan kalau masih dari provinsi yang akan mengisi posisi Pj maka akan berpengaruh kepada kinerja di provinsi,” ujar Sekda Prov Ali Asmar kepada awak media saat itu.

Berdasarkan pertimbangan ini akhirnya Pemprov memang­gil kedua Sekda dari daerah Agam dan Limapuluh Kota un­tuk mengikuti seleksi terbuka tertutup menjadi Pj.  (h/isr)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]