13 KK di Karimun Gabung Gafatar


Jumat, 22 Januari 2016 - 02:52:46 WIB

KARIMUN, HALUAN — Sekitar 13 Kepala Keluarga (KK) di Kabupaten Karimun diduga telah bergabung dengan Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar).

Informasi itu disam­pai­kan Komandan Kodim 0317 Tan­jungbalai Karimun Let­kol Inf Deec Jerry Sima­nungkalit saat rapat pem­bahasan Gafatar dengan Bupati Karimun Au­nur Ra­fiq di ruang rapat Kantor Bupati, kemarin.

Berdasarkan data yang disampaikan oleh Dec Jerry Simanungkalit, salah seo­rang anggotanya sempat dikirimi pesan singkat me­lalui nomor ponsel dari Ketua Gafatar Tanjungbalai Karimun,  Tsu­tikno Hasbi sekitar empat hari lalu. Isinya, Hasbi me­ngaku tidak terima atas perlakuan yang mereka alami.

“Isi SMS-nya adalah dia merasa diintimidasi, apalagi foto-foto mereka ditempel dimana-mana termasuk di bandara. Kemudian dalam SMS itu juga menyebutkan bahwa masih ada 13 KK di Karimun dan sebagian lagi sudah berangkat ke Ka­limantan.

Sewaktu Hasbi me­ngi­rimi SMS itu, diakuinya tengah berada di Batam. Setelah itu komunikasi lang­sung terputus dan nomor ponselnya tidak aktif,” kata Jerry.

Kalau sisanya masih ada 13 KK, lanjut Jerry, itu artinya jumlah mereka cu­kup banyak. Yang tersisa masih 13 KK yang sebagian sudah eksodus ke Kalimatan atau ke Sulawesi, itu perlu ditelusuri dan perlu diper­hatikan.

Selain itu, bagi yang telah berangkat, mem­bo­yong semua anggota kelu­ar­ga­nya atau hanya beberapa orang saja dan ini yang perlu dicek.

Sedangkan keberadaan Gafatar di Karimun, dike­tahui sudah ada sejak be­berapa tahun lalu. Hal itu menurut Jerry dikarenakan beberapa anggotanya juga ikut kegiatan sosial seperti gotong royong di wilayah Kecamatan Tebing dan Ka­polsek Tebing waktu itu pun turut serta.

“Pada waktu itu ke­gia­tan­nya mengundang unsur TNI dan Polri. Dengan de­mi­kian mereka mem­bung­kus ormas dalam bentuk kegiatan sosial,” kaya Jerry.

Kapolres Karimun, AK­BP I Made Suka Wijaya pun mengakui, Gafatar menge­mas organisasi mereka da­lam bentuk kegiatan sosial dengan melibatkan bebe­rapa pihak atau instansi untuk beker­jasama. Sedang­kan data yang dimiliki Polres Karimun ada 110 anggota dan 20 orang pengurus inti yang diketuai langsung Su­tikno Hasbi.

Di sini perlu dibedakan antara yang terdaftar atau yang aktif kan berbeda, seperti Bibit Samad Rianto namanya dimasukan oleh pengurus Gafatar. Setelah mengetahui sesat dia me­nyatakan keluar dari ormas tersebut. Namun sejak pim­pinannya, Tsutikno Hasbi meninggalkan Kari­mun dipas­tikan sudah tidak ada lagi kegiatan sampai saat ini.

“Data kita beda dengan Kodim 0317 Tanjungbalai Karimun. Kita sudah me­lacak Tsutikno Hasbi dan sampai hari ini hasilnya adalah bahwa ke­bera­da­annya saat ini di Rasau Rawa Raya, Keca­matan Kuburaya Kalimantan Ba­rat. Itu kami cek per pukul 09.10 WIB tadi pagi melalui nomor ponselnya yang satu lagi,” ungkap Made.

Dijelaskannya, kalau no­mor ponsel yang lama me­mang sudah tidak aktif. “Kami masih mencari tahu, apakah ada masyarakat Ka­rimun yang ikut berangkat ke sana kami masih belum bisa jawab dan kami masih akan selidiki, termasuk info dari Dandim juga akan kita cek dan disin­kronkan,” kata Made.(gan)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 14 Juni 2016 - 02:44:00 WIB

    Dana Tak Cukup, Gaji ke-13 PNS Batal Cair

    SIAK, HALUAN — Bupati Siak Drs Syamsuar MSi, mengatakan, gaji ke- 13 untuk PNS batal dicairkan oleh pemerintah pusat, karena dana tidak mencukupi untuk dibagikan ke Pegawai Negeri Sipil (PNS). Informasi itu diperolehnya ber.
  • Jumat, 08 April 2016 - 03:05:00 WIB

    13 Kapal Asing Diproses di Batam

    BATAM, HALUAN—Satuan Kerja Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Peri­ka­nan Batam sejak awal 2016 menahan 13 kapal yang mela­kukan pencurian ikan di per­airan Kepulauan Riau yang kni sedang dalam proses..
  • Kamis, 25 Februari 2016 - 01:53:35 WIB

    13 Kampung Belum Dialiri Listrik

    SIAK, HALUAN — Rasio Elektrifikasi atau akses listrik per 31 Desember 2015 di Kabupaten Siak sudah mencapai 60,77 persen. Angka ini sudah mencapai target yang ditetapkan dalam RPJMD..
  • Senin, 11 Januari 2016 - 02:45:01 WIB

    Disdik Tetapkan 13 Dewan Pendidikan Riau

    PEKANBARU, HALUAN — Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Riau telah me­ne­tapkan sebanyak 13 orang se­bagai Dewan Pendidikan Provinsi Riau masa bahkti 2016-2021. Penetapan na­ma tersebut sesuai dengan Surat Keputusan Pelaks.
  • Kamis, 28 Mei 2015 - 19:07:28 WIB

    13 WNI Korban Penyekapan Tiba di Pekanbaru

    DIKAWAL POLISI DAN PETUGAS BANDARA

    PEKANBARU, HALUAN—Seperti yang telah dijadwalkan, akhirnya 13 orang WNI asal Kabupaten Kepulauan Meranti, tiba di tanah air melalui Bandara Sultan Syarif Kasim .


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]