Tahun Anggaran 2016

Program Satu Sapi Satu Petani Ditiadakan


Jumat, 22 Januari 2016 - 03:00:05 WIB

PADANG PARIAMAN, HALUAN — Program satu sapi satu petani yang sebelum dianggarkan dalam APBD Padang Pariaman, pada tahun 2016 ini untuk sementara terpaksa ditiadakan.

Hal tersebut disebabkan, banyak anggaran Dinas Per­tanian Peternakan dan Ke­hutanan berkurang dari tahun sebelumnya.

Kepala Bidang Per­te­na­kan Dinas Pertanian Peterna­kan dan Kehutanan Padang Pariaman, Zulkalisman yang dihubungi Haluan, Kamis (21/1) membenarkan hal tersebut. “Memang tahun ini program tersebut tidak dilak­sanakan,” katanya.

Pada tahun sebelumnya aku Zulkalisman, program pengembangan sapi untuk petani tersebut dianggarkan dalam APBD Padang Pari­aman  sebesar Rp400juta lebih. “Kerena tidak ada anggaran, tahun ini program itu tidak tidak dapat dilak­sanakan,” akunya.

Kepala Dinas Pertanian Pertenakan dan Kehutanan Padang Pariaman, Yurisman Yakup yang dihubungi Halu­an, menyampaikan, bahwa adanya pengurangan kegiatan di dinas yang dipimpin dise­babkan berkurangnya dana yang diterima oleh dinasnya. “Baik Dana Alokasi Khusus ( DAK ), maupun APBD jauh berkurang dari tahun se­belumnya,” terang Yurisman.

Menurutnya, untuk AP­BD Padang Pariaman saja, per­bedaan dana tahun lalu de­ngan tahun sekarang men­capai Rp2 milyar lebih dan dana DAK juga berkurang Rp500 juta dari tahun sebe­lumnya.

“Untuk APBD dana kami berkurang Rp2 milyar lebih dibanding tahun 2015 dan DAK dari Rp5 milyar menjadi Rp4,5milyar,” jelas Yurisman.

Sementara itu salah, Rian seorang pengelola usaha per­tenakan  di Padang Paria­man, sangat menyayangkan dengan tidak dapat dilak­sanakannya program pe­ngem­bangan ternak sapi melalui dana APBD tersebut. Karena Padang Pariaman telah di­kenal sebagai salah satu Ka­bupaten dengan populasi ternak sapi terbesar di Su­matera Barat. (h/ded)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]