SDN Languang Sepakat Sarat Prestasi


Jumat, 22 Januari 2016 - 03:02:46 WIB

PASAMAN, HALUAN —  Sekolah Dasar Negeri (SDN) Languang Sepakat memiliki segudang prestasi kegiatan akademik dan ekstrakurikuler. 

Sekolah yang dipimpin Ratna Triyanti itu, meski terletak di ujung utara Kabupaten Pasaman, yaitu di Jorong  Ranyah Hilir, Nagari Languang, Ke­ca­matan Rao Utara. Sekolah ini berdiri sejak tahun 1982. Meski sudah lama berdiri, namun jumlah siswa hanya berkisar sebanyak 69 orang. 

SDN 11 Languang Se­pa­kat berdiri di tanah se­luas 2.585 meter persegi, memiliki lokal sebanyak 6 ruang belajar, satu ruang untuk kantor kepala se­kolah dan majelis guru. Di sekolah ini, jumlah guru hanya 10 orang, 7 orang sudah pegawai negeri sipil dan 3 orang lagi masih tenaga honor. 

Ia menyebutkan, demi meningkatkan kegiatan pembelajaran, dimulai dari majelis guru untuk me­ningkatkan pendidikan di sekolah. “Kita para guru adalah panutan anak didik kita baru kita bisa mem­berikan contoh kepada anak didik untuk mem­berikan pelajaran menuju prestasi terbaik bagi murid. Mendidik pelajar untuk berprestasi yang akan men­jadi kebanggan sekolah tentunya dan orang tua,” sebutnya.

Untuk melengkapi se­mua itu, SDN 11 Languang Sepakat memerlukan sa­rana dan prasarana, seperti perpustakaan, jamban se­kolah, ruangan UKS. Tidak hanya itu saja, Kepsek Rat­na Triyanti juga berharap, supaya sekolah itu mempunyai guru yang bisa menggunakan ICT dalam PBM. Karena selama ini telah jadi kendala bagi sekolah, karena tidak ada guru yang menguasai peng­gunaan ICT. 

Ditambahkan Kepala Tata Usaha SDN 11 Langu­ang Sepakat, Akmaluddin, menyebutkan, sekolah ter­sebut pernah meraih pres­tasi tingkat Provinsi Su­matera Barat, juara 3 sepak takraw, juara 3 atletik, dan pernah mendapatkan satya lencana pancawarsa.

Sementara itu, prestasi di tingkat kabupaten, SDN 11 Languang Sepakat per­nah meraih harapan 1 lom­ba matematika, juara 3 sepak takraw regu putra, juara 3 bulu tangkis putri, juara 3 olimpiade ma­te­matika, juara 1 kepala se­kolah berprestasi, harapan 3 lomba senam pramuka rangka HUT pramuka, jua­ra 1 sepak takraw, juara 3 lomba sekolah sehat, juara 1 bintang padang TV, juara atletik putri, dan juara 3 volley ball mini. 

Ia melanjutkan, prestasi di tingkat kecamatan, juga pernah meraih juara 1 lom­ba bercerita, juara 1 pra­muka tingkat penggalang, juara 2 lomba PBB bertongkat tingkat peng­galang, juara umum 2 basar siaga dan galian pinru, juara 1 lomba catur putri, juara 1 tenis meja putra, juara 1 volley ball putri, juara 1 bola kaki, juara 1 lomba IPA, juara 3 olim­piade matematika, juara 3 lomba cergam, juara 1 lom­ba bercerota, juara 1 nilai try out 1, juara 1 nilai try out ke 2, juara 2 nilai UN, juara 1 olimpiade IPA, juara 2 lomba bercerita putra, juara 2 lomba PBB, juara 3 tapak perkemahan, harapan 1 lomba memasak, juara 1 O2SN, juara 1 lom­ba dokter kecil, juara 1 bulu tangkis putra, juara 3 solo song, dan juara 1 sepak takraw.  

Kami ingin melangkah bersama untuk tetap ber­prestasi, baik prestasi ting­kat sekolah, gugus, kabu­paten, provinsi bahkan Nasional, itulah tekad dan harapan kami,” tutup Ak­maluddin. (h/col)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]