Disperindagkop akan Bina Pelaku UMKM


Jumat, 22 Januari 2016 - 03:03:55 WIB

PASAMAN, HALUAN — Dinas Perindus­trian dan Perdagangan dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Kabupaten Pasaman merencanakan pem­binaan kepada para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam menghasilkan produk unggulan, berkualitas dan memiliki daya saing. 

Hal itu diupayakan dalam rangka me­nyong­song program Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) tahun 2016. Kepala Dispe­rindagkop dan UKM Pasaman, Anwir Salam mengatakan, program Disperindagkop salah satunya yaitu memamerkan barang-barang atau produk dari UKM pada kegiatan pameran-pameran tingkat Provinsi dan Nasional.

 “Produk kita tidak kalah dengan pro­duk-produk dari daerah lain, kacang goreng, randang, pisang karamel, lele salai, kipang bareh Bonjol. Di samping produk makanan, kerajinan tenunan dan songket juga sudah ada yang dipasarkan sampai ke Malaysia,” ujar Anwir. 

Pada tahun 2016 ini, Disperindakop dan UKM Pasaman memiliki berbagai program, disamping dari sentuhan dengan program yang ada di DPA. “Kita ingin produk UMKM Pasaman ini benar-benar mampu menonjolkan ciri khas Pasaman yang sangat kental. Produksinya kita buat manual agar kualitasnya tak kalah saing,” ungkapnya.  

Ia menjelaskan, Disperindagkop dalam MEA ini ingin mengarahkan pemasaran tenunan dan songket Pasaman tersebut untuk go internasional. “Kita memiliki pelaku-pelaku usaha yang berkualitas. Di Pasaman sudah ada pelaku usaha tenunan dan songket yang berkualitas. Kita usahakan industri tersebut tahun 2016 ini bisa maju dan bersaing di MEA,” Jelasnya.

Anwir Salam menerangkan, saat ini ada sekitar 50 pelaku UKM yang produknya telah di bawa Disperindag untuk mengikuti pameran (ekspo) baik di tingkat provinsi, maupun Nasional. Disperindagkop dan UKM hingga saat ini sudah membina sekitar 4.677 pelaku UKM rumah tangga di Pasa­man. “Pelaku-pelaku UMKM banyak kita dapat dari data Walinagari, dan Camat. Di situ kita melihat UMKM mana yang bisa kita bina dan ternyata tiap kecamatan memiliki pelaku UMKM yang berpotensi,” terang­nya.

Ia menambahkan, setiap pertemuan dengan UMKM di Pasaman, Dispe­rindag­kop selalu memberikan motivasi kepada kelompok. Apalagi sudah berlakunya MEA saat ini. Selain itu, untuk mempermudah pengusaha UMKM agar mendapatkan bantuan modal, atau tambahan dana dari pihak bank, Disperindakop telah mengu­payakan izin pendaftaran UMKM di daerah tersebut. (h/tos)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]