Kapolda Sumbar Kunjungi Pasaman


Jumat, 22 Januari 2016 - 03:06:39 WIB
Kapolda Sumbar Kunjungi Pasaman Kunjungan Kapolda Sumbar Brigjen Pol Basarudin, disambut oleh Sekda Pasaman A Syafei, Ketua DPRD Pasaman Yasri dan Kapolres Pasaman AKBP Agoeng Suryonegoro Widajat, berdiskusi di rumah dinas Bupati Pasaman, kemarin.

PASAMAN, HALUAN— Ka­polda Sumbar Brigjen Pol Basarudin menyebutkan, Pa­saman masih aman dari inc­a­ran aliran sesat dan terorisme.

Hal itu disampaikan Ka­polda Brigjen Pol Basarudin, Kamis (21/1) di balerong Pusako Anak Nagari Lubuk Sikaping, Pasaman. “Dari kajian deteksi dini, Gafatar dan terorisme memang tidak ada di Kabupaten Pasaman, dan Provinsi Sumatera Barat pada umumnya,” kata Ka­polda baru itu.

Brigjen Basarudin menilai, masih terjaganya kondisi kea­manan dan ketertiban ma­syarakat (kamtibmas), karena system kekerabatan yang dia­nut oleh masyarakat Sumatera Barat, yang terjalin dengan erat.

Khusus Kabupaten Pasa­man, kata Kapolda, meski Kabupaten Pasaman dengan cuaca panas, namun kondisi politik tetap dingin. “Infor­masi yang saya dapat, Kabu­paten Pasaman juga banyak yang berkiprah di kancah Nasional. Demikian juga ka­lau kita bicara Sumatera Ba­rat, banyak tokoh-tokohnya yang berkontribusi bagi bang­sa dan negara. Ini patut dicon­toh,” katanya.

Tidak dapat dipungkiri, dua orang yang berkewargaan Sumatera Barat terlibat te­roris. Kata Kapolda, dua orang warga Sumbar itu sudah ditangkap oleh Densus 88. “Meski saat ini gerakan yang mengancam kamtibmas di sumbar tidak ada, Namun, masyarakat tidak boleh lengah dengan situasi dan kondisi. Kita mesti selalu waspada,” tegasnya.

Kapolda menegaskan, ada isu akhir-akhir ini yang telah menyebar ke masyarakat umum, mengenai adanya tero­ris dari luar negeri yang masuk ke Sumatera Barat, informasi itu kata Kapolda tidak perlu ditakuti, karena itu hanyalah modus untuk menakuti warga.

“Kalau warga termakan isu itu, yang adanya imbauan untuk tidak keluar rumah, pergi ke tempat kerja dan tempat belanja, itu artinya warga tidak beraktivitas lagi. Lalu bagaimana dengan kebu­tuhan dan ekonomi. Karena itu saya tegaskan, itu hanya isu belaka,” sebutnya.

Kunjungan Kapolda Sum­bar Brigjen Pol Basarudin bersama istrinya (ketua Bha­yangkari Polda Sumbar), Per­wira petinggi Polda Sumbar, Sekda Pasaman A Syafei, Ketua DPRD Yasri, Kajari Lubuksikaping Lubis, Kasdim 0305/ Pasaman Dwi Syaputra, dan Kapolres Pasaman AKBP Agoeng Suryonegoro Widayat bersama jajarannya, SKPD Pasaman, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan bundo kanduang. Usai per­temuan di balerong Pusako Anak Nagari, Kapolda me­nga­dakan pertemuan internal dengan Kapolres Pasaman dan para perwira di lingkup Polres Pasaman. (h/col)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]