Sistem Iuran Asuransi Angkutan Umum Diubah


Jumat, 22 Januari 2016 - 03:09:54 WIB

SOLOK, HALUAN — Pem­ungutan asuransi terhadap angkutan umum dan travel resmi tidak lagi dilaksanakan di jalan raya melalui razia melibatkan polisi lalu lintas, melainkan sudah pintu ke pintu (door to door). Karena dengan sistim tersebut lebih efektif dan tidak mengganggu arus lalu lintas dan aktivitas seseorang ke tempat tuju­annya.

“Di era sebelumnya me­mang hampir tiap minggu dilaksanakan pemungutan asuransi di jalan raya meli­batkan polisi lalu lintas.

Na­mun sistim tersebut banyak mudaratnya ketim­bang man­faat apalagi sudah dikeluhkan banyak orang ka­rena dalam prakteknya di lapangan tidak hanya ken­daraan umum yang dihen­tikan,”jelas Kepala PT Asu­ransi Jasa Raharja Solok Kur­nia Indrawan.

Ketika dihubungi di kan­tornya Selasa (19/1) Kurnia Indrawan mengakui tentang perubahan sistem pem­baya­ran iuran asuransi pada ken­daraan umum dan travel yang resmi.

Kalau dulu malahan diso­dorkan karcis ke calon penumpang sebelum kenda­raan berangkat. Namun seka­rang memanfaatkan 2 jalur.

Jalur pertama saat pem­bayaran pajak kendaraan ber­motor, pemilik kendaraan langsung dikenakan pem­bayaran asuransi tiap 6 bulan sekali, kemudian dengan sis­tim dor to dor maupun me­lalui koordinasi dengan pemilik angkutan. Setiap ken­daraan yang ada di wilayahnya sudah terdata dengan baik. PT. Asuransi Jasa Raharja punya data base tentang ta­man kendaraan serta jadwal jatuh tempo pembayaran pre­mi.

Ketika ditanya tentang pembayaran klaim terhadap kendaraan plat hitam yang disewakan menjamur mela­kukan aktifitas membawa calon penumpang keberbagai tujuan, menurut  Kurnia In­drawan jika terjadi kecelakaan sendiri tanpa ada lawan tidak mendapatkan santunan jika penumpangnya meninggal dunia.

Kecuali jika kendaraan itu mengalami kecelakaan yang ada lawannya baru diba­yar­kan, sebab kendaraan pribadi yang disewakan tidak terdaf­tar sebagai penyumbang pre­mi.(h/alf)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]