Program BTPN Wow!

Buka Rekening dan Transaksi Kini Bisa di Kampung


Jumat, 22 Januari 2016 - 03:13:35 WIB
Buka Rekening dan Transaksi Kini Bisa di Kampung Sales Management Head BTPN Wow! Moh Reza Rizal saat diskusi Laku Pandai di Safari Garden Café and Restaurant, Jalan Nipah, Padang, Kamis (21/1). BTPN mengeluarkan layanan BTPN Wow yang menjangkau semua pelosok. (RIVO SEPTI ANDRIES)

PADANG, HALUAN — Ma­sya­rakat yang tinggal di pede­saan, kini  tidak perlu lagi ke kantor bank untuk membuka rekening bank, menarik uang tunai, atau menyimpannya. Kini, masyarakat tersebut bisa mengurus semua tran­saksi perbankan dengan agen Laku Pandai, dengan hanya berjalan kaki kerumah agen.

Laku Pandai adalah laya­nan keuangan tanpa kantor dalam rangka keuangan in­klu­sif yang diluncurkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada Maret 2015. Semua transaksi perbankan dilayani oleh satu orang agen yang ditunjuk bank sebagai perpanjangan tangan kepada nasabah. Agen nantinya dapat ditemui seperti agen pen­jua­lan pulsa yang jangkauannya lebih menyebar luas hingga daerah terpencil.

“Dengan hadirnya Laku Padai Ini, transaksi perbankan di pelosok desa pun dapat dilakukan. Tidak perlu ke kantor bank di kota, cukup berjalan kaki menemui si agen. Agennya bisa seorang guru, pemilik warung kopi, kepala desa atau pun tetangga kita,” ujar Sales Management Head BTPN Wow!, Moh Re­za Rizal, dalam diskusi PT Bank Tabungan Pensiun Na­sio­nal Tbk (BTPN) bertema “Laku Pandai Akses Ke­ua­ngan untuk Semua” di Safari Garden Café and Restaurant, Jalan Nipah, Padang, Kamis (21/1).

Reza menjelaskan, Survei Global Financial Inclusion Index 2014 menunjukkan, hanya 36 persen jumlah orang dewasa di Indonesia yang memiliki rekening di bank. Melihat hasil survei tersebut Laku Pandai, diharapkan da­pat meningkatkan pene­tra­si perbankan kepada ma­sya­­rakat menengah ba­wah, dan akan menurunkan beban ope­rasional bank karena ti­dak perlu membangun infra­struk­tur berupa kantor ca­bang.

“Dengan adanya layanan Laku Pandai, BTPN meng­gagas BTPN Wow!, yakni layanan perbankan bagi mass market yang memanfaatkan teknologi telepon genggam dan didukung jasa agen seba­gai perpanjangan tangan BT­PN untuk meningkatkan jang­kauan layanan kepada nasa­bah di seluruh pelosok Indo­nesia,” terangnya.

BTPN Wow!, kata Reza, lahir dari proses panjang. Program ini awalnya bagian dalam uji coba branchless banking yang digagas oleh Bank Indonesia pada 2013. Hal ini merupakan langkah yang sangat penting, karena dalam proses tersebut BTPN melihat secara langsung ting­ginya kebutuhan dan antu­siasme masyarakat untuk menabung di bank.

”Laku Pandai merupakan konsep revolusioner yang akan mengubah peta perilaku ma­syarakat Indonesia dalam berbank. Merupakan suatu kebanggaan bagi BTPN untuk dapat dipercaya menjadi sa­lah satu pionir dalam inisiatif ini. Fokus BTPN dalam meng­garap pasar masyarakat ber­penghasilan rendah serta pela­ku UMKM, kami yakini men­jadi salah satu keunggulan BTPN dalam implementasi Laku Pandai,” tutur Reza

Dengan hadirnya BTPN Wow!, lanjutnya, kini masya­rakat bisa menikmati ber­bagai layanan perbankan se­per­ti pembukaan rekening, tarik dan setor uang melalui agen bank dengan biaya yang sangat murah. Teknologi yang digunakan juga disesuaikan dengan target nasabahnya, yaitu menggunakan Unstruc­tured Supplementary Services Data. Teknologi ini memung­kinkan segala jenis telepon genggam berbasis GSM (ti­dak harus smartphone) untuk bertransaksi, bahkan dengan sinyal minimum. 

“Dengan sinyal minimum pun transaksi bisa dilakukan. Nomor rekening nasabah nanti, adalah nomor telepon yang didaftarkan ke agen. Bagi si agen akan mendapat ke­untungan dari bank ketika melakukan setiap transaksi,” paparnya.

Reza menyebutkan, ada dua kategori agen, yaitu ber­bentuk badan hukum dan individual. Mereka diseleksi berdasarkan kriteria tertentu se­perti rekam jejak berbisnis, re­pu­tasi, lokasi, maupun ke­mam­puan dan pengetahuan dari calon agen.

“Dengan dukungan se­mua pihak, kami berharap Laku Pandai dan BTPN Wow! da­pat membawa perubahan po­sitif bagi masyarakat. Sehing­ga layanan perbankan dapat dirasakan oleh semua lapisan tanpa bersusah payah karena akses jarak,” terangnya.

Sementara itu, Staf Bi­dang Edukasi dan Per­lin­dungan Konsumen OJK Sum­­bar, Kristy Rosyemary, perwakilan OJK Sumbar menyebutkan, program ini sangat mendapatkan duku­ngan lebih dari OJK sebagai kontrol semua kegiatan ke­uangan yang ada, khususnya di Sumbar. Selain itu, OJK memberikan support dan kemudian memprediksi pro­gram ini akan berjalan dengan maksimal. (h/rvo)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]