Pengunaan Dana Desa Harus Mengacu Hasil Musrenbang


Jumat, 22 Januari 2016 - 03:16:09 WIB

PAINAN, HALUAN — Sekda Pessel Erizon mengatakan, penggunaan dana desa tahun anggaran 2016 harus berdasarkan hasil Musrenbang desa atau nagari. Usulan pem­bangunan juga tertuang dalam RPJM dan RKP nagari yang sebelumnya mendapat persetujuan oleh Bamus nagari setempat. Dana desa di Pessel capai Rp127 milyar lebih.

Menurut Erizon, tahun 2016 dana desa rata-rata Rp700 juta dikali 182 na­gari. ”Oleh sebab itu dari sisi perencanaan setiap nagari harus mengikuti aturan yang ada diantaranya Musrenbang nagari,” katanya.

Musrenbang tersebut menurutnya, menjadi penentu arah pembangunan. Me­lalui Musrenbang berharap dapat menjawab tantangan dan memanfaatkan peluang dalam perencanaan program pembangunan daerah tahun 2016 dengan menggali potensi daerah secara maksimal.

Ia mengurai, Musrenbang juga terlak­sa­na secara bertingkat, mulai dari nagari, kabupaten bahkan nasional. Tingkat nagari membahas hasil rembug kampung untuk menentukan tingkat prioritas Rencana Kerja Pemerinta Desa (RKPD).

Diungkapkannya, selanjutnya berbagai usulan pembangunan nagari yang sudah dirangkum dalam Musrenbang kecamatan akan dipilah sesuai dengan titik berat program pembangunan daerah. Me­nurut­nya saat ini titik berat program pem­bangunan daerah terfokus kepada pening­kat­an kualitas pendidikan, pelayanan kesehatan, pening­katan ekonomi kerakya­tan dan peningkatan sarana infrastruktur penunjang.  (h/har)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 10 Oktober 2016 - 02:29:30 WIB

    Marak Di Perairan Pessel, Pengunaan Pukat Harimau Harus Ditindak

    PADANG, HALUAN — Anggota DPRD Sumbar dari Daerah Pemilihan (Dapil) Pesisir Selatan-Mentawai, Syaiful Ardi meminta pihak terkait menindak tegas peng­gunaan pukat harimau dalam penangkapan ikan di Kabupaten Pesisir Selatan (.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]