Jorong Mahakarya

Sentra Agribisnis Pasbar


Jumat, 22 Januari 2016 - 03:16:50 WIB

KOTO BARU, HALUAN — Jorong Mahakarya, Nagari Koto Baru, Kecamatan Luhak Nan Duo, satu-satunya nagari di Kabupaten Pasaman Barat sebagai sentra agribisnis yang maju. Tidak hanya kabupaten yang mengakui, tetapi provinsi juga sudah menjadikan jorong ter­sebut sebagai percontohan tingkat Sumbar.

Walinagari Koto Baru, Zulfian kepada Haluan me­nga­takan, setiap rumah tang­ga yang ada di Jorong Ma­ha­karya memanfaatkan lahan pekarangan rumahnya untuk menanam berbagai jenis sayu­ran. “Ada juga yang memiliki kebun luas. Tapi rata-rata setiak KK ada kebun sa­yur­nya,” katanya.

Dan, hasil kebun sayur masyarakat itulah yang dijual para pedagang sayur keliling tersebut. Alhasil, sekarang warga Jorong Mahakarya makmur dengan hasil jualan sayuran.

Lantas katanya, petani dan penjual keliling tersebut tidak muncul begitu saja. Tetapi mereka benar-benar ter­koor­dinir dengan kelompok yang dibentuk. Sehingga rute jual­an keliling diatur sehingga tidak bentrok antara pedagang satu dengan yang lainnya.

Begitu juga dengan da­gang­an yang dibawa, meru­pakan hasil tanaman asli Jo­rong Mahakarya. “Di­prio­ritas­kan hasil panen Ma­haka­rya, yang tidak tersedia baru diambil dari daerah lain. Saya tidak hafal berapa jumlah pastinya pedagang sayur se­karang dari Mahakarya, tapi itu hampir seratusan,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, hampir 60 persen, sayuran yang beredar di Pasaman Barat merupakan produk asli Mahakarya. Memang di­se­ngaja demikian, sehingga ge­liat ekonomi semakin me­ning­kat, petanipun bertambah rajin dalam melakukan pe­nanaman.

Disamping itu dukungan pemerintah untuk agribisnis Di Nagari itu juga cukup besar. Sehingga peluang yang ada benar-benar di­manfaat­kan oleh petani.

Tahun lalu diresmikan gudang STA yang merupakan bantuan pemerintah provinsi. “Pada saat itu Gubernur memuji petani anggota STA Karya Sejahtera yang telah memanfaatkan pekarangan untuk menghasilkan ta­na­ma­n sayur. Apa yang dilakukan   petani anggota kelompok Karya Sejahtera ini mem­buktikan kalau lahan pe­karang­an dimanfaatkan de­ngan optimal bisa menjadi sumber pendapatan bagi pe­tani,” tukasnya.

Ia berharap dengan adanya gudang STA tersebut semakin menambah semangat   petani   meningkatkan usaha tanaman sayur di pekarangan. Dengan adanya gudang tersebut, pe­tani bisa memproses sayuran sayuran lebih baik dan me­ma­sarkan sayuran secara ber­sama-sama “Manfaatkanlah gudang ini seoptimal mungkin untuk kesejahteraan pe­tani, ”tegasnya. (h/dka)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 01 Juli 2020 - 16:54:58 WIB

    Pesisir Selatan Bersiap Jadi Sentra Jagung di Sumbar

    Pesisir Selatan Bersiap Jadi Sentra Jagung di Sumbar HARIANHALUAN.COM - Kabupaten Pesisir Selatan bakal menjadi Sentra Tanaman Jagung di Sumatera Barat. .
  • Senin, 20 April 2020 - 13:52:56 WIB

    Pemprov Jangan Hanya Terkosentrasi dengan PSBB

    Pemprov Jangan Hanya Terkosentrasi dengan PSBB PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pusat telah resmi menyetujui Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diterapkan di seluruh wilayah Sumbar. Menindaklanjuti ini, Ketua DPRD Sumbar, Supardi mengingatkan gubernur, jangan hanya terko.
  • Jumat, 04 Oktober 2019 - 22:45:59 WIB

    Luar Biasa! Simancuang Menuju Sentra Pertanian Organik

    Luar Biasa! Simancuang Menuju Sentra Pertanian Organik SOLSEL,HARIANHALUAN.COM-“Bali rokok jo bareh, buek rumah jo bareh lo, apo-apo jo bareh sadonyo, nagari cap padi.” Begitu gumam ibu-ibu yang tengah berkumpul di UPPO (Unit Pengelolaan Pupuk Organik) Simancuang..
  • Sabtu, 15 Oktober 2016 - 00:44:55 WIB
    PRODUKSI 100 TON PER BULAN

    Tanah Datar Jadi Sentra Padi Organik

    BATUSANGKAR,HALUAN-Pemerintah Kabupaten Tanah Datar mengembangkan pertanian organik berbasis alam dan siap penuhi target 100 ton per bulan padi organik dalam menyukseskan program nasional 1.000 desa pertanian organik..
  • Rabu, 03 Agustus 2016 - 11:04:28 WIB

    Malalak Bisa Jadi Sentra Penghasil Gurame

    Malalak Bisa Jadi Sentra Penghasil Gurame AGAM, HALUAN — Wilayah Malalak, Kabupaten Agam, pada masa mendatang bisa menjadi penghasil ikan gurame utama di Kabupaten Agam. Hal tersebut tidak lepas dari ketersediaan air yang melimpah di wilayah itu, dan keinginan kuat.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]