KPU Pessel Evaluasi Pelaksanaan Pilkada


Jumat, 22 Januari 2016 - 03:19:08 WIB
KPU Pessel Evaluasi Pelaksanaan Pilkada PESERTA workshop evaluasi pemilu bupati dan wakil bupati Pessel sedang berdiskusi membedah penyelenggaraan pemilu. (HAR)

PAINAN, HALUAN —Ko­misi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Selatan melakukan evaluasi pe­laksanaan pemilihan bu­pati dan wakil bupati pada Pilkada Pessel Desember 2015 laslu. Evaluasi tersebut dilakukan melalui workshop yang membedah setiap taha­pan pemilu.

Komisioner KPU Pessel Medo Patria Kamis (21/1) di Langkisau Resort Painan menyebutkan, evaluasi ter­hadap pemilihan bupati dan wakil bupati yang telah ter­selenggara 9 Desember 2015 lalu dilakukan untuk me­ngumpulkan masukan terha­dap plus - minusnya penye­lenggaraan.

“Ya, Pessel telah sukses menyelenggarakan pemilu serentak, mulai dari tahapan awal hingga pleno penetapan hasil pemilu dengan angka partisipasi pemilih mengca­pai 65 persen. Meski demi­kian, tentu kedepan kita ber­harap kualitas pemilu di daerah ini lebih baik lagi,” katanya.

Oleh sebab itu menurut­nya perlu ada evaluasi terha­dap pemilu yang telah selesai tersebut yang dikemas dalam workshop. Peserta evaluasi terdiri dari penyelenggara pemilu di kecamatan mi­salnya PPS, KPPS, PPK, pim­pinan ormas, organisasi ke­pemudaan dan mahasiswa, pemerintah, pers, EO pasa­ngan calon dan lain-lain.

“Untuk melakukan pem­bedahan penyelenggaraan pemilu, peserta dibagi ke dalam empat kelompok. Se­tiap kelompok membahas materi yang sudah ditentukan, mulai dari tahapan pemilu, data pemilih hingga logistik. Kelompok kemudian mem­buat rekomendasi ataupun catatan yang kemudian akan menjadi masukan berharga bagi KPU,” katanya.

Dikatakannya, evaluasi pemilihan bupati dan wakil bupati Pessel periode 2016-2021 tersebut berlangsung selama dua hari dan dimulai sejak Kamis (21/1) di Lang­kisau Resort. (h/har)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]