Perbaikan Kurang Bermutu

Jalinbar di Bagian Tengah Pessel Rusak Berat


Jumat, 22 Januari 2016 - 03:20:40 WIB

PAINAN, HALUAN — Ja­lan Lintas Barat (Jalinbar)  di bagian tengah Kabupaten Pesisir Selatan rusak berat dan membahayakan peng­guna jalan. Kerusakan jalan terus terjadi setiap waktu dilindas kendaraan ber­tonase tinggi sementara disisi lain minus perbaikan.

Pantauan Haluan Kamis (21/1), kerusakan umumnya terjadi di kawasan tengah Pesisir Selatan. Kerusakan jalan terparah terjadi di Kecamatan Sutera yakni di Nagari Teratak, Nagari Su­ran­tiah dan Ampiang Parak.  Kerusakan juga terlihat pada beberapa titik di Kam­bang dan Lakitan  Keca­matan Lengayang.

Di Teratak tampak jalan berlobang menganga de­ngan ukuran sebesar kubang kerbau. Pengguna jalan ba­ny­ak yang kecewa dengan keadaan jalan tersebut.

Kerusakan yang sangat mengganggu lalulintas ter­dapat pada dua titik. Masing - masing titik panjang jalan yang mengalami kerusakan mencapai 100 meter dengan lobang menganga besar. Kendaraan tampak mele­watinya dengan lambat.

Selanjutnya kerusakan yang membahayakan peng­guna jalan terlihat di ka­wasan Pasar Ampiang Pa­rak. Sejumlah kendaraan roda empat telah jadi korban jalan yang baru satu bulan belakangan di tambal sulam. Kendaraan ada yang menga­lami pecah ban karena bu­ruk­nya kondisi jalan ter­se­but.”Jalan disini sudah di­per­baiki beberapa bulan lalu, namun sekarang sudah mengalami kerusakan he­bat,” ungkap Sepriadi (35) warga yang tinggal di dekat jalan tersebut.

Selanjutnya yang paling parah adalaj jalan di depan Polsek Sutera. Padahal jalan tersebut telah berulangkali ditambal sulam. Akibat kerusakan jalan, kendaraan yang melintas tampak ke­suli­tan dan roda kendaraan harus turun kebahu jalan. Kondisi itu juga mengan­cam pengguna jalan. Ke­rusa­kan jalan lebih dari seratus meter, mulai dari depan Polsek hingga seratus meter arah utara. Kondisi jalan aspal tidak hanya me­nge­lupas akan tetapi telah berlobang dan keriting. Se­men­tara bahu jalan juga tampak sudah turun akibat digilas kendaraan berat.

Son (34) warga yang ting­gal dekat jalan rusak tersebut mengatakan, keru­sakan te­lah terjadi beberapa bulan be­lakangan. Se­men­tara se­bulan sebelum keru­sa­kan jalan baru saja diper­baiki dengan cara menyu­lam jalan yang rusak ter­sebut. “Namun proyek tam­bal su­lam ter­sebut tidak tahan lama. Han­ya dalam satu bulan saja, jalan itu kembali tampak cekung. Kemudian akibat digilas ken­daraan berat ce­kungan itu semakin dalam dan me­m­­perparah kondisi jalan. Ya mungkin kualitas proyek tambal su­lam itu kurang bagus,” kata­nya men­jelaskan.

Dikatakannya, kendara­an ukuran 1600 cc pada bagian lantainya sering me­n­­yangkut dengan bagian aspal yang menonjol. Bah­kan tidak jarang mobil ha­rus ditarik atau didorong karena menyangkut pada aspal menonjol. Terakhir, akibat badan jalan sulit dilewati maka sebagian ken­daraan harus menurunkan rodanya ke bahu jalan. Kini bahu jalan itu juga telah mengalami kerusakan.

Terkait dengan kondisi jalan tersebut, Direktur LS­M Swara Pesisir Rizal men­y­e­butkan, pengerjaan jalan lintas di Pessel tampaknya tidak mempedulikan mutu. “Baik proyek tambal sulam mau­pun pengerjaan pele­baran jalan. Pada beberapa tempat, setelah jalan dile­barkan tidak berapalama sudah berlobang dan ke­riting,” katanya.

Dia menyebutkan, pe­me­rintah perlu menegur rekanan yang mengerjakan proyek pelebaran jalan lin­tas Sumatera ini. Bila di­biarkan, kualitas jalan tidak akan pernah baik. Slogan peduli mutu hanya tinggal slogan belaka.

Sementara itu Kepala Dinas PU Pessel Era S  yang dikonfirmasi haluan,   mem­benar­kan bahwa sejumlah titik jalan tersebut telah mengalami perbaikan be­berapa waktu lalu dan kini tengah mengalami rusak berat lagi. Kerusakan dise­babkan kondisi tanah di jalan itu yang terbilang lunak. Beberapa titik sudah mulai perbaikan lagi. (h/har)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 25 Agustus 2016 - 13:23:07 WIB

    Separuh Jalinbar di Pesisir Selatan Rusak Parah

    Separuh Jalinbar di Pesisir Selatan Rusak Parah PAINAN, HALUAN — Separuh Jalan Lintas Barat (Jalinbar) di Kabupaten Pesisir Selatan rusak parah, terutama di daeah bagian Selatan. Kerusakan jalan terus terjadi karena setiap waktu dilindas kendaraan bertonase tinggi tetapi.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]