Sering Sebarkan Banjir

Pemerintah Didesak Normalisasi Batang Lumpo


Jumat, 22 Januari 2016 - 03:22:33 WIB

PAINAN,HALUAN — Pembangunan normalisasai sungai Batang Lumpo,  sangat diharapkan oleh warga   di kecamatan Bayang Pessel. Pasalnya, setiap musim  hujan sungai  ini  sering  meluap menyebabkan  banjir  yang merendam ratusan  rumah warga.

Asrial 45 warga Gurun Panjang kepada Haluan Kamis (20/1) mengakui, daerahnya  selalu be­r­lang­gan­an banjir.  Begitu juga    beberapa daerah lain di kecamatan Bayang  Pesse.  Faktor pemicunya  banjir karena  sungai Batang Lum­po   yang berbelok-belok  membuat arus air tidak lancar menuju muara.  Apa­lagi kondisi sungai sebagian sudah dangkal, kondisi ini membuat air sungai dengan mudah meluap ke daerah pemukiman penduduk. “Bi­­­la terjadi banjir  ratusan rumah terndam dan lebih parah lagi, lapangan usaha  masyarakat berupa lahan pertanian sawah  yang sudah ditanam padi  rusak   di­lanyau banjir,”  tuturnya.

Sementara itu,  Wali Nagari Gurun Panjang,  ke­ca­matan Bayang Andi Ref­lindo mengatakan, keluhan  masyarakat tentang  banjir,  sudah sering  disampaikan kepada Pemda Pessel. “Bah­kan masyarakat bersedia menyerahkan tanah mereka  untuk pembangunan nor­ma­lisasai dengan pelurusan alur sungai pada daerah  yang rawan banjir,” ujar pak Wali.

Masyarakat Gurun Pan­jang sangat mengharapkan perhatian  Pemda Pessel, maupun  pemerintah  Pro­vinsi Sumbar  untuk dapat me­ngatasi masalah banjir yang sering terjadi  dengan  merendam rumah pen­du­duk.  Sebaran banjir Batang Lumpo   antara lain  me­liputi  wilayah Nagari Gu­run Panjang Utara, Nagari Gurun Panjang Induk, Na­gari Gurun Panjang Selatan dan nagari Gurun Panjang Barat.  Namun sampai  saat  ini harapan warga yang  di­te­ruskan pemerintah  nagari tersebut,  belum  juga  di­res­pon Pemda Pessel dan Pem­prov  Sumbar.

Kepala PSDA Pessel Yusdi Ali Umar melalui sekretarisnya Datuk Zuk Arzil membenarkan,  Ba­tang Lumpo selalu  men­ye­barkan banjir.  Upaya untuk penang­gulangannya telah diusulkan kepada  pe­me­rintah provinsi Sum­bar agar dapat me­la­ku­kan nor­ma­lisasi sungai ba­tang Lumpo  yang me­man­jang dari ke­na­garian Lumpo kecamatan IV Jurai Pessel  sampai ke Muara Pasar Baru ke­ca­matan Bayang Pessel. “Un­tuk penanggulangan per­baikan sungai yang ra­wan  banjir  karena berbelok belok  dengan  pelurusan sungai,  kemungkinan akan dikerjakan oleh Pemda Pro­vinsi sumbar pada 2016 ini sesuai usulan dari PSDA Pessel, namun sampai saat ini belum ada informasi  tentang pekerjaanya,” kata Datuk Arzil.

Menurutnya ,  bila te­realisasi pembangunan nor­malisasai alur sungai ter­sebut maka  sesuai saran Sekdakab  Pessel  Erizon,   diutamakan pekerjaanya pada titik daerah yang selalu mengundang ban­jir. “Agar  keluhan masyarakat ter­hadap langganan banjir da­pat teratasi,kemudian ma­sya­ra­kat bisa nyaman dan aman dari gangguan banjir yang selalu membuat masyarakat menderita,” katanya. (h/mjn)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]