Kekurangan Guru

Tiga Dari Tujuh Guru SDN 24 Talamau Tamatan SMA


Jumat, 22 Januari 2016 - 03:23:22 WIB

PASAMAN BARAT, HALUAN — Semangat untuk mendapatkan pendidikan dan ilmu pengetahuan para siswa SDN 24 Talamau yang terletak di Kampung Tombang, Jorong Tombang, Naragi Sinuruik, Kecamatan Ta­lamau patut ditiru oleh semua siswa di seluruh Indonesia. Ratusan pelajar yang tediri dari enam kelas tersebut, harus me­lang­sungkan Proses Belajar Mengajar (PBM) di tiga ruangan belajar. Tak hanya itu, dari tujuh tenaga pengajar, tiga diantaranya tamatan sekolah menengah atas (SMA).

Meskipun hanya mem­punyai tiga ruang belajar dan enam orang tenaga pengajar yang ditambah dengan satu orang kepala sekolah, na­mun tidak menyurutkan keinginan para murid dan guru untuk melangsungkan proses belajar mengajar meskipun harus membagi satu ruangan menjadi dua ruangan kelas untuk belajar.

Minimnya fasilitas dan tenaga pengajar tidak mem­buat niat para siswa di se­kolah ini untuk melang­sungkan PB­M setiap hari­nya. Sejak berdiri hingga saat ini SDN 24 Ta­lamau ini hanya memiliki tiga sampai empat ruangan.

“Tiga ruangan diguna­kan untuk proses PBM dan satu ruangan lagi digunakan untuk kantor dan penyim­panan alat-alat sekolah lain­nya,” kata Kepala SDN 24 Talamau Syahfrial kepada Haluan, kemarin.

Sehari-hari para siswa tersebut harus belajar deng­an membagi satu ruangan menjadi dua kelas. Meski ruangan tersebut terlihat sangat sempit dan tidak layak, namun anak-anak tampak sudah terbiasa. Bah­kan dua guru di ruangan tersebut harus mengatur waktu, agar tidak me­ngang­gu pelajar lainnya.

“Jika satu orang guru menerangkan, guru di sam­pingnya harus diam agar siswa tidak terganggu, be­gitu juga sebaliknya. Selain harus membagi dua ruangan kelas dengan dibatasi papan triplet, sejumlah loteng di sekolah sudah lapuk bahkan ada yang telah ro­boh, ”im­buh Syahfrial.

Selain minim fasilitas, sekolah ini juga terletak daerah terpinggir Ka­bu­paten Pasbar juga menga­lami ke­kurangan guru. Sekolah ini hanya memiliki enam tanaga pe­nga­jar dan satu kepala seko­lah. Secara otomatis para guru tersebut harus bisa mengisi ke­kurang­an yang ada.

“Ironisnya lagi, dari tujuh tenaga di sekolah ini, tiga diantaranya masih ber­status tamatan sekolah me­nengah atas,” terangnya.

Minimnya fasilitas dan tenaga pengajar di sekolah ini tidak terlepas dari ke­tertinggalan daerah. Saat ini akses jalan menuju Kam­pung Tombang sangatlah sulit, sehingga pem­bangu­nan pun menjadi terhambat.

Ia bersama masyarakat dan para guru berharap, pemerintah segera me­ngam­bil tindakan dengan mem­bangun semua sarana serta jalan menuju Tombang, ka­rena inilah satu-satunya jalan yang dapat melepaskan se­mua penderitaan mereka.

Sementara Kabupaten Pasaman Barat sudah be­ru­sia 12 tahun pasca me­mi­sah­kan diri dari Kabupaten Pasaman. Namun masya­rakat Tombang masih hidup dalam penderitaan dan ke­terisoliran. (h/fad)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 14 Agustus 2020 - 22:05:18 WIB

    Tiga SMP di Padang Panjang Ditutup, 6 Warga Positif Covid-19

    Tiga SMP di Padang Panjang Ditutup, 6 Warga Positif Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Sekolah tatap muka di sejumlah sekolah di Padang Panjang terpaksa dihentikan sementara mulai Sabtu (15/8) 2020. Hal itu dilakukan setelah terdapat tambahan enam kasus baru Covid-19 di kota itu, yakni guru d.
  • Ahad, 09 Agustus 2020 - 18:47:41 WIB

    Hari Ini 38 Orang Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Sumbar, Tiga Diantaranya Anak-anak

    Hari Ini 38 Orang Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Sumbar, Tiga Diantaranya Anak-anak HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 38 kasus positif terinfeksi virus corona kembali dilaporkan hari ini, Minggu (9/8/2020). Tiga orang diantaranya terdapat bocah berumur tiga bulan, dua dan tiga tahun. Dua orang berasal dari Kota Pa.
  • Kamis, 06 Agustus 2020 - 10:36:17 WIB

    Tiga Pasien Covid-19 di Dharmasraya Dinyatakan Sembuh

    Tiga Pasien Covid-19 di Dharmasraya Dinyatakan Sembuh HARIANHALUAN. COM - Satuan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, kembali mengkonfirmasi tiga pasien kasus positif telah dinyatakan sembuh, Kamis (06/08). .
  • Ahad, 12 Juli 2020 - 19:38:34 WIB

    RST Reksodiwiryo Catat Tiga Pasien Sembuh di Sumbar

    RST Reksodiwiryo Catat Tiga Pasien Sembuh di Sumbar HARIANHALUAN.COM - RST Reksodiwiryo kembali melaporkan tiga pasien positif Covid-19 dinyatakan sembuh berdasarkan uji swab negatif yang dilakukan sebanyak dua kali, sedangkan dua pasien lainnya berasal dari karantina BPSDM da.
  • Selasa, 07 Juli 2020 - 17:14:39 WIB

    Hari Ini, Ada Tiga Orang Lagi Positif Covid-19 di Padang

    Hari Ini, Ada Tiga Orang Lagi Positif Covid-19 di Padang HARIANHALUAN.COM - Seorang pasien terinfeksi Covid-19 di Kota Padang dirawat di RST Reksodiwiryo, dia merupakan wanita 30 tahun warga Batipuah Panjang yang terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi. Sedangkan, dua oran.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]