Bangli Menjamur di Purus


Jumat, 22 Januari 2016 - 03:36:37 WIB
Bangli Menjamur di Purus

PADANG, HALUAN — Dari penelusuran Haluan kemarin (21/1) di sepanjang Pantai Padang puluhan bangunan liar berdiri. Bangunan itu dikatakan liar karena dekat sekali dengan jalan. Jika diterangkan kira-kira jaraknya tidak sampai satu meter. Jelas ini menyalahi aturan karena sesuai aturan jarak antara garis badan jalan harus  4 meter.

Salah satu pemilik toko pakaian dan tas branded di Pantai Purus Ida yang memiliki bangunan toko mengaku bangunan memang ada izin dari kelurahan.

Baca Juga : Gelombang Tinggi, Nelayan di Padang Bisa Habiskan Waktu 12 Jam Mencari Ikan

Memang ada ketakutan Ida jika suatu saat Pemko melakukan perlebaran jalan dan tokonyo di robohkan. Tetapi, karena izin yang didapat dari pihak kecamatan dan kelurahan ada dia tidak terlalu cemas lagi.

Selain itu, pemilik toko pakaian wanita Wati mengaku dia baru berada di Purus sekitar lima bulan yang lalu. Karena ramainya Purus menjadi peluang bisnis bagi Wati.

Baca Juga : Hendri Septa Resmikan Bedah Rumah Bantuan Perumda Air Minum di Intake Guo Kuranji

Sementara itu Kepala Tata Ruang dan Tata Bangunan dan Perumahan Rakyat (TRTB-PR) Afrizal BR kepada Haluan mengaku kalau di Purus memang cukup banyak bangunan berdiri. Apalagi dengan adanya perobohan di atas batu grib bebe­rapa waktu lalu.

Ia menambahkan dengan adanya aturan atau pelimpahan wewenang dari TRTB ke camat dan lurah sesuai dengan Perwako nomor 43 tahun 2015,  pengawasan dan pihak yang mengetahui langsung ada bangunan, itu kewenangan camat dan lurah setempat. “Camat itu punya kewenangan penuh untuk memberikan izin mendirikan bangunan. Begitu juga dengan pengawasan itu sudah ada perintahnya di Perwako kita,”tandasnya lagi.

Namun, tidak seluruhnya izin men­dirikan bangunan itu bisa ditangani oleh camat. Camat hanya bisa menangani bangunan ukuran 100 meter bujur sangkar.

Untuk tahun 2015 lalu pendapatan di sektor IMB berhasil dikumpulkan oleh TRTB mencapai Rp11,5 Miliar. Terdiri dari rumah, toko serta hotel mencapai 1.156 unit dan terealisasi 900 unit,”tutupnya.(h/ows)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]