DPRD Padang

Program Pemko “Manis di Bibir”


Jumat, 22 Januari 2016 - 03:41:45 WIB

PADANG, HALUAN — Program Pemko Pa­dang seperti menciptakan 10 ribu pengusaha dinilai hanya sebatas manis di bibir saja karena masih buruk dan berbelitnya birokrasi perizinan usaha di ibu kota provinsi ini.

 “Program unggulan 10 ribu pengusaha oleh Pemko Padang  hanya terkesan lips service atau sebatas di bibir saja karena masih bu­ruk­nya pelayanan perizinan usaha,” ujar Ketua Fraksi Hanura DPRD Kota Pa­dang Yendril pada Haluan, Kamis (21/1).

Dikatakannya, me­nge­nai hal itu sudah banyak pengusaha yang me­ngeluh­kan.

Misalnya saja sulitnya dalam pengurusan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Tanda Daftar Peru­sahaan, dan surat perizinan peruntukan bangunan.

“Selain proses dalam mengurusnya terkesan ru­mit, juga  memakan waktu yang lama hingga berbulan-bulan,” kata mantan Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Padang ter­sebut.

“Kalau mengurus baru  tidak masalah kalau melalui berbagai tahap. Ini malah,  ketika mengurus perpan­jangan juga sering dipe­rumit.,” keluh Yendril yang juga Ketua Gapensi Kota Padang.

Yendril mencontohkan, misalnya bangunan ruko dibangun oleh pemilik, ke­mudian disewakan perun­tukannya untuk klinik. Ke­mudian,  orang yang me­nyewa berganti dan men­jadikan ruko tersebut seba­gai kafe.

 Dalam hal ini dibu­tuhkan pula,  surat izin perubahan peruntukan.

“Seharusnya ini tidaklah perlu diperumit, ini harus diulang lagi perizinan lain­nya baik izin gangguan dan izin lainnya. Seharusnya,  dalam hal ini pengusaha  dipermudah bukan di­per­sulit.

Kami  berharap,  Pem­ko Padang  bisa mem­per­mu­dah pengusaha dalam menerbitkan surat izin ter­kait usaha. Dan hen­dak­nya,  ada klasifikasi-kla­sifikasi usaha yang di­la­kukan pengu­saha,” tutup­nya.(h/ade)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]