Embung Payo Batipuh Masih Kering Kerontang


Jumat, 22 Januari 2016 - 04:00:09 WIB
Embung Payo Batipuh Masih Kering Kerontang Embung Payo Batipuh Kabupaten Tanah Datar yang direhabilitasi tahun 2013 dengan dana Rp 2,5 miliar menyisakan derita warga. (IWAN DN)

TANAHDATAR, HALUAN — Anggota DPRD Sumbar Rizanto Algamar, Kamis (21/1) sore meninjau pro­yek Rehabilitasi Embung Payo Batipuh yang hingga kini belum berfungsi sesuai yang diharapkan.

“Saya terenyuh juga me­lihat proyek gagal tahun 2013 dengan dana Rp2,5 miliar   yang hingga kini tidak berfungsi dan saya akan bicarakan dengan Ke­pala Dinas Sumber Daya Air Provinsi Sumbar agar segera ditindaklanjuti,” ujar Ri­zan­to Algamar menjawab Ha­luan kemarin.

Proyek rehabilitasi Em­bung Payo Gadang Batipuh Baruah Tanahdatar yang di­danai Kementerian Pe­ker­jaan Umum Direktorat Sum­­­ber Daya Air Balai Wilayah Sungai Sumatera V SNVT  jaringan Sumber Air Padang tahun 2013  gagal total bahkan menyisakan derita bagi warga. 

“Masyarakat Jorong Pa­yo selama ini me­man­faat­kan embung itu untuk man­di, cuci dan juga diman­faat­kan untuk pembibitan ikan serta untuk beruduk.  Na­mun setelah dikerjakan ter­nyata airnya justru kering ke­ron­tang,” kata Dt Langik pe­muka masyarakat Payo di tempat terpisah me­nye­but­kan.

Rehabilitasi Embung Payo Gadang ditujukan agar adanya ketersediaan air untuk lahan persawahan sekaligus untuk obyek wi­sata memancing. Sebelum kontraktor PT Mata Hari Terbit mengerjakannya, ke­tinggian air di embung  ­se­luas 2,3 hektar itu men­capai 3-4 meter. Sekarang kering kerontang bahkan dasar embung sudah mulai ditumbuhi rumput dan se­mak.    

Embung ini dulu juga men­jadi obyek wisata me­mancing di kawasan terbang layang Pusaran Angin. Ma­syarakat Jorong payo sangat mengeluh akan kebutuhan air karena Payo gadang ada­lah satu-satunya sumber air yang ada di sana.

Mantan Wali Jorong Payo Dt Langik bersama tokoh masyarakat Dt Rajo Pangulu yang ditemui Ha­luan, kemarin me­nye­but­2kan, Tabek Gadang Payo sejak didam sekelilingnya justru kering total. Kini masyarakat dan jamaah masjid Darussalam yang berdiri di pinggir kolam benar-benar kesulitan air karena Payo Gadang adalah satu-satunya sumber air di Jorong Payo.

Tabek Gadang Payo se­be­lum­nya juga diisi de­ngan ikan. Hasil peman­cingan setahun sekali merupakan sumber kekayaan jorong. Masalah ini juga sudah di­sampaikan lang­sung kepada Bupati Ta­nah­datar yang kala itu masih dijabat Shadiq Pasadigue. Bupati kala itu berjanji akan menelusuri ke Kementerian PU guna men­carikan solusi dan penyebab keringnya em­bung setelah dikerjakan. Na­mun hingga tahun 2016 belum terlihat perbaikannya. Embung Ta­bek Gadang me­rupakan genangan air suplesi dari kaki bukit di Jorong Payo. (h/one)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 10 Desember 2019 - 15:57:14 WIB

    Pembangunan Embung Padang Roco, Sutan Riska : Usahakan Akhir Tahun Rampung

    Pembangunan Embung Padang Roco, Sutan Riska : Usahakan Akhir Tahun Rampung DHARMASRAYA,HARIANHALUAN.COM-Jelang akhir tahun, Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan sibuk ke lapangan. Raja muda itu melakukan pemantauan terhadap seluruh proyek yang dilaksanakan di Kabupaten Dharmasraya..
  • Ahad, 29 September 2019 - 16:11:53 WIB

    Embung Lurah Rawang Segera Rampung

    Embung Lurah Rawang Segera Rampung PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - Harapan masyarakat Kota Payakumbuh untuk memiliki sumber air baku baru, segera terwujud. Hal itu mengingat hampir rampungnya pembangunan Embung Lurah Rawang yang ada di selatan Kota Payakumbuh..
  • Ahad, 22 September 2019 - 16:55:57 WIB

    Nagari Taeh Bukik Segera Miliki Embung

    Nagari Taeh Bukik Segera Miliki Embung LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM - Perhatian pemerintah pusat untuk pembangunan Kabupaten Limapuluh Kota, patut diacungi jempol. Buktinya saja, tahun ini, pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Raky.
  • Selasa, 21 Mei 2019 - 16:01:18 WIB

    Pemko Payakumbuh akan Bangun Reservoir Embung Bulakan

    Pemko Payakumbuh akan Bangun Reservoir Embung Bulakan PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM -- Upaya untuk memenuhi pasokan air bersih terus dilakukan Pemko Payakumbuh. Setelah melakukan pembangunan Embung Batang Dareh Bulakan di Payakumbuh Selatan, Pemko juga bakal membangun reservoirny.
  • Kamis, 28 Juni 2018 - 10:45:52 WIB

    Bukittinggi Segera Miliki Embung Bernilai Rp38 Miliar

    Bukittinggi  Segera Miliki Embung Bernilai Rp38 Miliar Pembangunan embung juga dipadukan dengan konsep pariwisata, sehingga nantinya keberadaan embung akan menjadi objek wisata baru di Bukittinggi. .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]