Guna Menggelorakan Koperasi

Tokoh Agama dan Adat Dirangkul


Jumat, 22 Januari 2016 - 04:04:58 WIB
Tokoh Agama dan Adat Dirangkul Zirma Yusri.

PADANG, HALUAN — Dari 3.000 koperasi yang ada di seluruh Sumbar hanya 2.680 koperasi yang saat ini tercatat masih aktif, sementara kope­rasi lainnya mati suri. Dibu­tuh­kan komitmen semua ele­men masyarakat di Sumbar untuk kembali sadar akan penting dan strategisnya kebe­radaan koperasi di tengah masyarakat. Karena itu Dinas Koperasi dan UMKM Sumbar merangkul tokoh agama dan adat guna menggelorakan kehidupan perkoperasian di tanah kelahiran Bapak Kope­rasi Indonesia Bung Hatta.

Pelaksaa Tugas (Plt) Ke­pala Dinas Koperasi dan Usa­ha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Sumbar Zirma Yus­­ri saat menerima Pe­mimpin Umum Haluan  Zul Effendi, Pemimpin Redaksi Haluan Yon Erizon dan Koor­dinator Minggu Devi Diany Ka­mis (21/1) siang di kantornya menyebutkan, mati surinya Ko­perasi di Sumbar dikarenakan adanya pandangan yang salah dari segelintir masyarakat bahwa koperasi tidak bagus. Hal ini dikuatkan dengan adanya rasa trauma tentang pengelolaan yang buruk dari pengurus yang  mem­buat koperasi tidak berkembang.

“Sehingga timbul ketidak­percayaan dan memunculkan stigma negatif kalau koperasi hanya akan ada kecurangan-kecurangan oleh pengelola. Ru­mus sebenarnya dari koperasi itu kepercayaan,” ujar Zirma didam­pingi Kabid Pemberdayaan Usa­ha Koperasi dan UMKM, Junaidi.

Untuk menghilangkan penga­ruh negatif ini kata Zirma Yusri, Dinkop dan UMKM tengah merangkul elemen masyarakat dari tokoh ulama dan tokoh adat untuk bisa ikut terlibat dalam memperkuat pemahaman masya­rakat tentang Koperasi.

“Dengan melibatkan LKA AM dan MUI rasanya sangat eektif untuk langsung menyentuh sendi-sendi kehidupan mas­yara­kat di daerah untuk sadar akan pentingnya Koperasi,” pung­kasnya.

Diharapkan cara seperti ini akan sangat efektif mengingat kalau hanya mengandalkan dinas terkait dalam mensosialisasikan Koperasi dirasa kurang mak­simal. “Sebenarnya kita merasa malu, Bapak Koperasi Bung Hatta adalah orang Sumbar asli. Masa di rumah sendiri (Sumbar, red) Koperasi malah tidak ber­kem­bang dibanding dengan daerah luar,” tandasnya.

Dinkop UMKM juga me­ngajak Bupati/Walikota di Sum­bar untuk kembali mengge­lora­kan semangat Koperasi di dae­rahnya masing-masing. Salah satunya dengan menganggarkan dana yang mencukupi untuk koperasi. “Saat ini anggaran Koperasi dari daerah sangat minim. Bahkan ada yang hanya menganggarkan 80 juta saja. Dengan dana ini hanya untuk dua kali rapat pengurus sudah habis,” katanya sedikit berkelakar.

Dengan anggaran yang sangat terbatas ini ujar Zirma Yusri membuat lambannya pertum­buhan koperasi di daerah. Rata-rata hanya ada 5 koperasi aktif yang tergolong baik di setiap daerah, sementara sisanya ada yang jalan di tempat dan ada yang mati suri.

“Setiap daerah dalam kurun satu tahun itu hanya menghi­dupkan satu koperasi saja. Jadi, kapan akan hidupnya Koperasi ini,” ujarnya.

Selain itu Zirma juga berha­rap adanya peran dari Perguruan Tinggi (PT) untuk ikut ambil bagian dalam pengembangan dan pengoptimalan koperasi di Sum­bar. PT dinilai mempunyai posisi yang strategis untuk memberikan pengetahuan tentang Koperasi kepada civitas akademikanya.

“Kita akan coba masuk ke kampus-kampus untuk mem­berikan betapa bagusnya Kope­rasi ini kalau di kelola dengan baik. Sejauh ini baru IAIN Imam Bonjol yang pengelolaan Kope­rasi Mahasiswanya (Kopma) bagus,” terangnya.

Dinkop Gelar Konferensi Koperasi Internasional

Untuk kembali menghidup­kan marwah koperasi di Sumbar Dinkop dan UMKM berencana akan menggelar Konverensi Koperasi Internasional pada tanggal 18 Mei 2016 mendatang.

Dengan menggandeng Yaya­san Proklamator Dinkop dan UMKM akan mengundang 12 Negara untuk ikut ambil bagian dalam konferensi Koperasi Inter­nasional pertama ini.

”Nantinya dari Negara-ne­gara ini kita akan petik poin-poin penting dan juga masukan-masukan seputar pengembangan koperasi di Sumbar,” tutur Zirma Yusri.

Konferensi ini bagi Dinkop dan UMKM Sumbar merupakan batu loncatan menuju Provinsi Koperasi lima tahun ke depan. “Kita berharap jangan hanya datang terus pulang, akan tetapi setelah konferensi ini benar-benar ada yang didapat dan dimanfaatkan untuk kemajuan Koperasi di Sumbar,” tutupnya. (h/isr)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 23 Februari 2020 - 22:57:45 WIB

    Tokoh Masyarakat dan Forkopimka Kuranji Tabuh Genderang Perang Lawan Maksiat

    Tokoh Masyarakat dan Forkopimka Kuranji Tabuh Genderang Perang Lawan Maksiat PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Komitmen tokoh masyarakat bersama Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimka) Kuranji dalam membersihkan praktek maksiat, narkoba, serta segala bentuk penyakit masyarakat (pekat) patut diacung.
  • Senin, 20 Mei 2019 - 22:13:50 WIB

    Tokoh Agama di Padang Ini Tolak People Power

    Tokoh Agama di Padang Ini Tolak People Power PADANG, HARIANHALUAN.COM-Penolakan terhadap gerakan people power, juga dilakukan oleh Pendeta Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) yang ada di Kota Padang. Karena menurutnya gerakan tersebut meresahkan masyarakat..
  • Ahad, 03 September 2017 - 14:38:51 WIB

    Tokoh Muda Padang Perang Cuitan dengan Mantan Ketua DPR RI

    Tokoh Muda Padang Perang Cuitan dengan Mantan Ketua DPR RI PADANG, HARIANHALUAN.COM—Mantan Ketua DPR RI, Marzuki Alie, mengkritik Garuda Indonesia baru-baru ini melalui cuitannya di Twitter sehubungan dengan kerugian yang melanda maskapai milik BUMN tersebut. Cuitan politikus Demok.
  • Senin, 07 Agustus 2017 - 19:13:51 WIB

    11 Tokoh di Kota Padang Dapat Pin Emas

    11 Tokoh di Kota Padang Dapat Pin Emas PADANG, HARIANHALUAN.COM - Sebelas tokoh masyarakat di Padang mendapat pin emas pada Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Padang ke-348. Pin emas itu akan disematkan pada saat sidang istimewa peringatan HUT Kota Padang di gedung DPRD.
  • Selasa, 22 November 2016 - 01:07:23 WIB
    JELANG AKSI 2 DESEMBER

    Tokoh Agama Sumbar Dikumpulkan

    Tokoh Agama Sumbar Dikumpulkan PADANG, HALUAN — Forum Pimpinan Komunikasi Daerah (Forkopimda) Sumbar melakukan silaturahmi bersama tokoh-tokoh Organisasi Masyarakat (Ormas) Islam se-Sumbar Senin (21/11) di Auditorium Gubernuran. Dalam pertemuan ini juga .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]